Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati

Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati

Kiat Sukses Membangun Bisnis Bersama Tokopedia di Tengah Pandemi

Sabtu, 14 November 2020 | 15:45 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA – Tidak dipungkiri bahwa pandemi ini mempengaruhi kondisi keuangan masyarakat. Meski demikian, banyak pula yang memutar otak mereka untuk memperbaiki kondisi keuangan. Salah satunya adalah dengan membangun bisnis. 

Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati mengatakan, Tokopedia konsisten mengakselerasi adopsi platform digital bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring dapat tetap beroperasi di tengah pandemi lewat kanal daring.

“Siapa pun bisa menciptakan peluang bersama Tokopedia dan menjadi bagian dari lebih dari 9,4 juta penjual di Tokopedia. Masyarakat bisa membuka toko secara mudah, gratis, dimana dan kapan saja,” ungkapnya.

Pipit pun membagikan tips membangun bisnis khususnya di tengah pandemi. Pertama, punya Produk. Hal ini merupakan paling mendasar adalah menentukan produk yang akan dijual. Produk bisa berupa hasil karya sendiri atau dimulai dengan menjadi reseller. Penjual bahkan bisa menerapkan sistem pre-order (PO) untuk memastikan terlebih dahulu jumlah permintaan.

Kedua, lanjut dia, memanfaatkan Marketplace. Penjual yang memanfaatkan marketplace dapat mengakses pasar yang lebih luas. Misalnya melalui Tokopedia yang mampu menjangkau 98% kecamatan di Indonesia. “Di sisi lain, Tokopedia dikunjungi lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Ekosistem marketplace juga dinilai lebih cocok dan aman untuk mewadahi transaksi daring,” tegasnya.

Sedangkan ketiga, Pipit menyebutkan Branding Itu Penting. Sebab, mencakup penentuan identitas produk atau toko. Mulai dari penentuan audiens, nama produk atau toko, fokus atau karakter, hingga logo dan tagline. Kesatuan identitas ini akan menjadi pembeda dengan produk atau toko lain. Branding pun diperlukan untuk memperkuat daya saing demi mempertahankan kelangsungan bisnis.

Keempat, Pipit menyebutkan Marketing Juga Penting. Penjual dapat melakukan pemasaran sesuai dengan target pasar. “Mulai dari pemanfaatan media sosial untuk melakukan promosi hingga berbagai fitur di Tokopedia seperti fitur Dekorasi Toko, Voucher Toko, Rilisan Spesial, Broadcast, TopAds hingga Bebas Ongkir yang dapat membantu meningkatkan penjualan,” jelas Pipit.

Terakhir, Pipit menyarankan untuk memberikan Pelayanan Berkesan. Kunci meraih kesuksesan berbisnis di era digital adalah memberikan pelayanan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya dengan memperhatikan kecepatan membalas pesan calon pembeli. “Selain cepat, kualitas pesan sebaiknya diperhatikan dan bersifat proaktif,” tutupnya. (iin)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN