Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Manajemen PT Shopee Indonesia diwakili direkturnya Handhika Jahja   memaparkan dukungannya terhadap pengembangan UMKM Indonesia saat menemui Wapres KH Ma

Manajemen PT Shopee Indonesia diwakili direkturnya Handhika Jahja memaparkan dukungannya terhadap pengembangan UMKM Indonesia saat menemui Wapres KH Ma

Komitmen Dukung UMKM, Ada Shopee di 'Santripreneur'

Fajar Widhiyanto, Jumat, 29 November 2019 | 20:27 WIB

Shopee, perusahaan e-commerce prominen di Asia Tenggara dan Taiwan, terus merealisasikan komitmennya untuk berinovasi memberikan pengalaman belanja online yang terbaik bagi penggunanya. Tak hanya untuk para pembeli, Shopee juga terus berevolusi untuk bisa memberikan peluang dan kemudahan bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM).

Komitmen ini disampaikan oleh manajemen Shopee yang diwakili Direktur PT Shopee Indonesia Handhika Jahja saat bertemu dengan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu. Disampaikan Handhika, berbagai inovasi dilansir salah satunya untuk membantu menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di era perdagangan terbuka dan berbasis daring saat ini.

Hal ini sesuai dengan arahan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin, yang menyatakan harapannya agar Shopee terus membantu UMKM cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online.

Dalam pertemuan langsung dengan Wapres KH Ma’ruf Amin, manajemen Shopee menjabarkan beberapa inovasi yang akan menjadi fokus pengembangan tahun 2020.

Salah satunya adalah keikutsertaan Shopee dalam meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi santri dan masyarakat pondok pesantren. Mengambil bagian dalam implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), Shopee bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait menjalankan program Santripreneur yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di seluruh Indonesia.

Untuk membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan ini salah satunya dengan mengambil inisiatif untuk berkolaborasi meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan e-commerce.

Handhika juga melaporkan progres program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal untuk Global” ke Malaysia dan Singapura yang telah diluncurkan pada awal tahun ini. Sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya saing mereka sebelum menghadapi pasar global.

Para pelaku UMKM terpilih berhasil mencatatkan progres yang sangat baik dalam program ekspor pertamanya. Setelah terlibat dalam kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang serentak diselenggarakan di semua negara tempat Shopee beroperasi, para pelaku UMKM terpilih dalam program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal Untuk Global” berhasil mencatatkan peningkatan transaksi 3 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, di tahun keempat Shopee beroperasi, pihaknya ingin makin memperkuat komitmen membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan pasar global berbasis daring. “Kami percaya keikutsertaan Shopee dalam pengembangan daya saing para pelaku UMKM akan memberikan manfaat dan pengalaman yang besar terutama untuk meningkatkan keahlian bisnis mereka. Selain berpartisipasi dalam program pemerintah, kami juga menyiapkan momentum internal yang turut mempromosikan bisnis mereka agar lebih luas lagi. Salah satunya kami telah menyiapkan festival belanja yang lebih spesial lagi, bertepatan dengan ulang tahun Shopee, kami menghadirkan 12.12 Birthday Sale, terbesar dan terbaik menutup akhir tahun ini,” ujar Handika dalam pernyataannya kepada redaksi (29/11).

Menanggapi hal ini, Wapres menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang mendukung percepatan pengembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. “Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan,” ujarnya saat menerima perwakilan Shopee di Kantor Wakil Presiden, beberapa waktu lalu.

Menyadari potensi pasar syariah yang terus bertumbuh, Shopee turut memperkenalkan Shopee Barokah sebagai one-stop muslim lifestyle destination yang telah mengkurasi produk dan layanan syariah dan bermitra dengan berbagai brand dan lembaga kemanusiaan ternama seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat untuk memudahkan para pengguna setia Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat. Ke depannya, Shopee Barokah juga akan melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu salat dan Alquran.

Sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta penduduk muslim, potensi perkembangan pasar syariah ini juga dilihat dari keberhasilan Indonesia menduduki peringkat kelima tahun ini dalam Indikator Ekonomi Islam Global (GIEI) oleh DinarStandard . Indonesia berhasil naik 5 peringkat dibandingkan tahun lalu karena adanya inisiatif kuat dari pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah. Laporan ini juga menunjukkan adanya ruang bagi industri halal dari berbagai sektor untuk bertumbuh dengan pesat.

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA