Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
VP Corporate Affairs Gojek Michael Reza Say (ketiga dari kiri), VP Regional Indonesia Bagian Timur Anandita Danaatmadja (ketiga dari kanan), Penulis Buku dan Travel Writer Trinity Traveler (tengah), Mitra Gocar, GoRide, GoFood dan GoLife usai bincang inspiratif Plesiran Bareng Gojek di Makassar

VP Corporate Affairs Gojek Michael Reza Say (ketiga dari kiri), VP Regional Indonesia Bagian Timur Anandita Danaatmadja (ketiga dari kanan), Penulis Buku dan Travel Writer Trinity Traveler (tengah), Mitra Gocar, GoRide, GoFood dan GoLife usai bincang inspiratif Plesiran Bareng Gojek di Makassar

Kontribusi Mitra Gojek Terhadap Perekonomian Makassar Capai Rp 1,7 T

Windarto, Jumat, 25 Oktober 2019 | 17:00 WIB

Makassar-Salah satu pengembangan dari aplikasi Gojek adalah Go Food. Aplikasi ini ternyata cukup signifikan dalam mendorong UMKM tumbuh dan berkembang. Interaksi antara pelanggan tidak sebatas pada area yang dekat dengan UMKM berada, berkat aplikasi Go Food, siapapun dan dari area manapun bisa mengenal bahkan memesan makanan yang diinginkan.

Hasil riset independen Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan, kontribusi mitra GOJEK kepada perekonomian Makassar di tahun 2018 mencapai Rp 1,7 triliun. Kontribusi berasal dari selisih pendapatan mitra dari sebelum hingga setelah mereka bergabung di GOJEK. Khusus Mitra UMKM Go Food kontribusinya Rp 808 milliar.

Pertumbuhan juga terjadi pada kontribusi mitra UMKM Go Food yang naik hampir 50%. Pertumbuhan kontribusi mitra UMKM Go Food ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi GOJEK yang semakin gencar digunakan oleh mitra UMKM Go Food. Go Food menjadi pilihan aplikasi utama bagi merchant dibandingkan dengan penyedia layanan sejenis. Hal ini karena dalam menumbuhkan bisnis UMKM tidak cukup hanya membantu mereka memperluas pasar. Kunci kesuksesan GO-FOOD adalah memahami kebutuhan merchant dan menciptakan ekosistem teknologi yang bisa menjawab kebutuhan mereka, dari hulu ke hilir.

Peningkatan volume dan omzet bisnis memacu mitra UMKM untuk terus mengembangkan usahanya. Hal ini ditunjukkan dari 85% responden UMKM yang menginvestasikan kembali pendapatannya dari Go Food ke dalam usaha mereka. Selain itu, Hasil Riset LD FEB UI juga menunjukkan bahwa teknologi GOJEK dinilai paling menguntungkan oleh para responden mitra UMKM Go Food. 92% responden UMKM bergabung karena layanan aplikasi manajemen merchant Go Food yang memudahkan, khususnya teknologi yang memberikan informasi pesanan kepada merchant sebelum mitra driver datang, serta memberikan keleluasaan merchant untuk mengubah menu, harga, foto, dan jam operasional secara mandiri.

Dampak positif dari fitur teknologi Go Food juga langsung terlihat pada performa bisnis mitra UMKM/ 93% responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant Go Food serta 72% responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant Go Food.

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA