Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tokopedia. Foto: IST

Tokopedia. Foto: IST

Mayoritas THR Digunakan untuk Berbelanja di E-commerce

AC, Sabtu, 11 Mei 2019 | 01:17 WIB

JAKARTA – Snapcart, aplikasi online untuk riset pasar, menggelar survei rencana penggunaan tunjangan hari raya (THR) masyarakat selama 16-23 April 2019. Hasilnya, 60% responden berencana menggunakannya untuk berbelanja. Dari jumlah itu, 91% di antaranya akan berbelanja melalui e-commerce.

Sebagian responden berencana menyimpan THR dalam bentuk tabungan (65%), serta untuk sedekah atau zakat (45%), dan untuk keperluan lebaran dan mudik (25%). Kecenderungan rencana penggunaan untuk berbelanja, lebih tinggi di kalangan perempuan, yaitu 64% berbanding 54% untuk laki-laki.

“Perempuan dan ibu rumah tangga lebih tertarik membelanjakan THR untuk membeli baju, tas, sepatu dan asesoris. Berbeda dengan kaum pria yang lebih berminat pada produk digital, gadget, peralatan olahraga dan untuk hobi” ujar Eko Wicaksono dari Snapcart Indonesia, Kamis (9/5).

Lazada. Sumber: techinasia.com
Lazada. Sumber: techinasia.com

 

Menurut dia, kategori barang yang diakui paling dibidik oleh para responden untuk berbelanja THR adalah pakaian, personal care, produk digital, makanan dan minuman (groceries), dan gadget.

“Yang menarik, 91% responden menyatakan mereka akan memilih berbelanja melalui e-commerce, sedangkan 56% responden berencana berbelanja di toko offline seperti di mall, pasar, toko/minimarket, dan warung. Tren ini merata, baik para responden yang berdomisili di Jabodetabek maupun di luar Jabodetabek,” tambah Eko.

Dengan semakin banyaknya brand e-commerce, kata dia, membuat masyarakat mempunyai banyak saluran dan pilihan untuk membelanjakan THR. Dalam riset Snapcart ditemukan, brand e-commerce yang menjadi pilihan utama belanja THR masyarakat adalah Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. “57% responden merencanakan menggunakan THR mereka untuk berbelanja di Shopee, 19% responden memilih Tokopedia, dan 9% akan menggunakan Lazada dan Bukalapak. Pilihan tersebut tentunya disebabkan banyak faktor, antara lain promosi, ongkos kirim gratis, harga lebih murah, iming-iming hadiah, dan ketersediaan produk,“ tambah Eko Wicaksono, dari Snapcart Indonesia.

Shopee Indonesia. Image: twitter.com
Shopee Indonesia. Image: twitter.com

 

Dia memerinci, sekitar 70% responden perempuan dan generasi milenial dibawah 25 tahun memilih Shopee sebagai brand paling favorit untuk belanja e-commerce.

Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, mengatakan tingginya awareness masyarakat untuk berbelanja di Shopee ini, tidak terlepas dari gencarnya aktivitas promosi yang dilakukan Shopee setiap Ramadan.

Berdasarkan hasil riset Snapcart tersebut, brand e-commerce yang menempati empat posisi teratas dalam survei rencana belanja THR adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. Kemudian disusul brand lain seperti JD.id, Blibli, Zalora, Elevenia, Zilingo, Berrybenka, Qoo10 dan Sorabel.

Hasil riset Snapcart ini juga menemukan adanya peningkatan 8% jumlah pembelanja THR melalui e-commerce jika dibanding riset yang sama pada tahun lalu. Dalam riset penggunaan THR dalam belanja Ramadan tahun lalu, ditemukan 83% responden membelanjakan THR melalui e-commerce.    

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN