Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa. ( Foto: Istimewa )

Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa. ( Foto: Istimewa )

Program OTW Lokal Tiket.com Catatkan Peningkatan Transaksi

Kamis, 24 Desember 2020 | 07:19 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Program “Online Tiket Week” (OTW) Lokal yang diselenggarakan oleh Tiket.com pada 23-30 November 2020 mencatatkan peningkatan transaksi delapan kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Berdasarkan data jadwal pemesanan yang dihimpun Tiket.com, sebanyak 77% dari keseluruhan transaksi OTW Lokal dibeli oleh pelanggan untuk berlibur pada awal Desember, kemudian sebesar 19% memilih berlibur tahun baru hingga pertengahan Januari 2021, dan sisanya memutuskan melakukan perjalanan setelah Januari 2021.

Dalam acara virtual akhir tahun, Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa memaparkan rangkaian prestasi yang diukir di Kuartal IV. Per November 2020, tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67% dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat naik 56% dibandingkan dengan data Kuartal III-2020.

Dalam pemaparannya, Gaery menjelaskan bahwa pada November jumlah permintaan pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata, seperti Bali dan Yogyakarta berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang 2020.

“Lonjakan transaksi harian pemesanan hotel mencapai 118% bila dibandingkan seminggu sebelum periode OTW Lokal. Mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan menginap pada awal Desember (74%), liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari (20%), sisanya untuk sepanjang 2021. Hotel-hotel terpopuler terletak di kota-kota wisata favorit, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta,” ujar dia dalam siaran pers, Rabu (23/12).

Ilustrasi tiket.com. ( Foto: Istimewa)
Ilustrasi tiket.com. ( Foto: Istimewa)

Ditambahkan oleh Gaery, program OTW Lokal telah berkontribusi 8 kali lipat untuk pembelian tiket pesawat dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian tiket pesawat pada bulan-bulan sebelumnya. Hal ini menujukkan pemulihan dalam industri penerbangan dan perjalanan bila dibandingkan pada kuartal sebelumnya.

“Transaksi harian pembelian tiket pesawat naik tajam hingga 60% dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW Lokal berlangsung. Sebanyak 79% tiket pesawat yang dipesan untuk liburan awal Desember untuk penerbangan ke TOP 5 destinasi wisata, yaituSurabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta. Lalu, 20% dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW Lokal dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021,” katanya.

Sedangkan untuk transaksi fitur Tiket To Do dari pelanggan selama OTW Lokal menunjukkan lonjakan 172% atau hampir dua kali lipat dibandingkan sepekan sebelum OTW Lokal.

“Berdasarkan periode liburan, 97% pelanggan membeli tiket wisata aktifitas untuk awal Desember 2020 dan sisanya untuk liburan tahun baru hingga pertengahan Januari 2021,” tutur Gaery.

Ada pun 5 kota destinasi terfavorit dengan obyek wisata populer dalam fitur Tiket To Do adalah Jakarta dan Banten, Jawa Barat, Sumatera, Bali, serta Jawa Timur.

“Prestasi ini mengukuhkan peran Tiket.com sebagai pioneer Online Travel Agent (OTA) Indonesia yang siap menjadi yang pertama membantu pemerintah membangkitkan pariwisata nasional dan menggerakan ekonomi nasional, membantu sodara-sodara kita yang bekerja di sektor dan sub-sektor pariwisata untuk kembali tersenyum dan berjaya seperti sebelumnya,” ungkap Gaery.

Ajang pesta pesta diskon tahunan OTW Lokal yang diselenggarakan Tiket.com sebagai bagian dari upaya nyata untuk menghadirkan serangkaian program promosi inovatif guna mendongkrak angka transaksi industri pariwisata pada Kuartal IV-2020. Hal ini terbukti dengan volume transaksi pada November untuk pemesanan hotel dengan tujuan utama, Bali dan Yogyakarta, yang mencapai angka tertinggi padan 2020 serta transaksi pembelian tiket penerbangan untuk rute favorit.

Tren tersebut turut dirasakan oleh EVP Transaction Banking Business Development PT Bank Central Asia Tbk I Ketut Alam Wangsawijaya. Menurut dia, pihaknya melihat bahwa pada keseluruhan Kuartal IV, pembelanjaan kategori travel mengalami peningkatan dibandingkan kuartal sebelumnya.

Travel memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat termasuk nasabah BCA, namun demikian dalam kondisi pandemi masyarakat maupun pelaku industri diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, sehingga tetap aman dan nyaman. Untuk kemudahan dalam pemilihan keperluan travel, beragam inovasi kemudahan telah diluncurkan oleh BCA, salah satunya adalah fitur pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api pada mobile banking BCA, yang kami beri nama Mobile BCA Lifestyle,” ujar Ketut.

EVP Transaction Banking Business Development PT Bank Central Asia (BCA) Tbk I Ketut Alam Wangsawijaya. ( Foto: Istimewa )
EVP Transaction Banking Business Development PT Bank Central Asia (BCA) Tbk I Ketut Alam Wangsawijaya. ( Foto: Istimewa )

Fokus Pemulihan Pariwisata

Sedangkan untuk target tahun depan, di usianya yang ke-10 tahun, Tiket.com akan fokus pada upaya-upaya untuk menjadi yang pertama dalam mendorong kampanye, dan berbagai aktivitas sebagai bagian dari misi pemulihan industri pariwisata Indonesia.

“Setelah travel ban diangkat, serangkaian upaya strategis telah dicanangkan guna menggenjot arus turis domestik dan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia agar dapat bangkit dan berjaya seperti dulu,” tambah Gaery.

Tiket.com juga secara berkelanjutan bakal mendukung pemerintah dalam upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Walaupun sudah ada rencana vaksinasi fase pertama di awal 2021, Tiket.com terus menghimbau masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, rajin mencuci tangan, serta tetap jaga jarak fisik selama perjalanan/berlibur, sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman sesuai keinginan hati.

“Tiket.com berkomitmen penuh untuk menjadi yang pertama bahu membahu memulihkan industri pariwisata Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus,” ujar Gaery.

Di samping itu, guna memudahkan pelanggan berlibur, Tiket.com memberikan test swab antigen secara gratis senilai Rp 250 ribu bagi penumpang Citilink Indonesia dengan rute domestik, dan potongan diskon sebesar Rp 205 ribu untuk test swab PCR, serta potongan Rp 50 ribu untuk test swab antigen kepada seluruh maskapai (kecuali Citilink) dengan rute dan tujuan yang memberlakukan aturan pemeriksaan swab PCR atau antigen, dengan jadwal terbang 19 Desember 2020-8 Januari 2021.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN