Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
e-commerce. Foto ilustrasi: IST

e-commerce. Foto ilustrasi: IST

Ramadan 2019, Belanja e-Commerce Naik 2 Kali Lipat

MAN, Selasa, 14 Mei 2019 | 17:30 WIB

JAKARTA -- ShopBack, platform cashback rewards dan aggerator e-commerce, memperkirakan, peningkatan jumlah order serta nilai transaksi naik dua kali lipat pada Ramadan 2019. Sementara itu, saat Ramadan tahun lalu, aktivitas belanja e-commerce masyarakat di Indonesia rata-rata menghabiskan uang Rp 1,2 juta.

Head of Business Development ShopBack Indonesia Yolanda Margaretha mengatakan, Ramadan selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan oleh para pelaku perdagangan secara elektronik (e-commerce) untuk meningkatkan nilai transaksi lapaknya.

“Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditunjukkan dengan rata-rara belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp 1,2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya,” kata Yolanda, dalam keterangannya, baru-baru ini.

Untuk Ramadan tahun ini, Shop- Back memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat tidak naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, ShopBack optimistis, jumlah pemesanan serta nilai transaksi di ShopBack bisa naik hingga dua kali lipat dibandingkan Ramadan sebelumnya.

Berdasarkan data Criteo, baru-baru ini, penjualan di platform ecommerce mulai menanjak 10 hari menjelang dan berlanjut hingga penghujung Ramadan. Hal yang sama pun tercatat pada data historis ShopBack, di mana transaksi tercatat mulai naik pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadan ketika masyarakat sudah mulai menerima tunjangan hari raya (THR). Sedangkan untuk waktu berbelanja, pengguna lebih sering berbelanja pada pukul 11.00-15.00.

Sementara itu, terkait pola perilaku belanja online saat Ramadan tahun ini, ShopBack juga melakukan survei terhadap lebih dari 6.500 responden di lima kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Lebih dari setengah responden (53,5%) mengaku akan mengalokasikan seperempat dari THR yang diterima untuk berbelanja online.

“Jika dilihat dari data riset ShopBack dalam dua tahun ke belakang, responden mulai bijak dalam memanfaatkan THR dalam berbelanja online. Responden yang memilih untuk mengalokasikan seperempat dari THR untuk berbelanja online, naik 38% dari 15% tahun 2017 menjadi 53% pada 2019,” ungkap Yolanda.

Berdasarkan hasil survei yang sama, beragam promo diskon dan cashback menjadi hal utama yang mempengaruhi responden dalam berbelanja online menjelang dan saat Ramadan dengan persentase 79,4%. Ini diikuti dengan harga murah 8,4% dan lebih efisien di posisi ketiga dengan persentase 4,5%. Promo dinilai selalu menarik perhatian masyarakat untuk memutuskan berbelanja. Karena itu, banyak platform e-commerce dan pemilik brand berbondong-bondong untuk menawarkan promo spesial Ramadan.

“ShopBack senantiasa mendorong masyarakat untuk dapat berbelanja online dengan bijak, cermat, dan hemat. Pada Ramadan kali ini pun, ShopBack menggelar Gebyar Ramadhan Online dengan promo diskon hingga 90% dan tambahan cashback hingga lima kali lipat,” tuturnya.

Sementara itu, fesyen selalu menjadi produk yang sering dibeli masyarakat di platform online pada momen Ramadan pada tiga tahun terakhir. Menariknya, produk digital, yakni pulsa, paket data, token PLN, dan voucher gim menjadi lebih populer dalam dua Ramadan terakhir.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA