Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Forum satu hari

Forum satu hari

Siemens Ingin Jadi Mitra Kolaborasi Transformasi Digital di Indonesia

Kunradus Aliandu, Kamis, 31 Oktober 2019 | 16:12 WIB

JAKARTA - Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia Prakash Chandran mengatakan, industry 4.0 menjadi sebuah peluang bagi Indonesia untuk dapat bergabung ke dalam sepuluh besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2030

dan hal tersebut juga akan mendorong peningkatan ekspor. Revolusi industri keempat yang didukung oleh digitalisasi merupakan kunci transformasi industri di Indonesia.

“Siemens Indonesia berkeinginan untuk menjadi mitra kolaborasi utama dalam proses perwujudan transformasi industri di Indonesia sebagai bagian dari program nasional Making Indonesia 4.0,”kata dia.

Siemens sendiri menyelenggarakan forum satu hari “Siemens Digitalize Indonesia 2019” di Jakarta pada 31 Oktober 2019 guna mempromosikan dialog antar pemangku kepentingan tentang transformasi digital yang dapat berkontribusi secara berkelanjutan bagi masa depan industri, infrastruktur, serta masyarakat di Indonesia.

Forum ini menampilkan 40 pembicara dari dalam dan luar negeri serta 20 pameran marketplace. Adapun yang dibahas mengenai teknologi yang mampu mewujudkan transformasi digital di sektor manufaktur, energi, kereta api, pelabuhan, dan kesehatan.

Forum ini dihadiri lebih dari 500 orang yang terdiri dari pemerintah, perusahaan milik negara, asosiasi, pelanggan dan mitra bisnis Siemens.

Perusahaan memahami benar bahwa mereka harus merangkul digitalisasi, menata ulang bisnis mereka sehingga berkelanjutan dan efisien, sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan. Siemens telah mengembangkan alat inovatif untuk membantu bisnis memanfaatkan kekuatan transformasi digital ini. Produk dan layanan digital dari Siemens dapat memperkuat bisnis dengan cara meningkatkan keandalan sembari mempertahankan serta menciptakan peluang untuk meningkatkan keuntungan. Digitalisasi merupakan elemen penting menuju perubahan ke arah positif, efisiensi, keberlanjutan dan keamanan yang lebih besar. Siemens bekerja sama dengan bisnis dalam menentukan arah untuk mengatasi hambatan melalui penggunaan teknologi sehingga menjadi lebih kuat dan lebih baik dalam menjalani proses menuju kesuksesan baik sekarang maupun di masa depan.

“Kami telah memulai beberapa inisiatif Digitalisasi dengan mitra lokal perusahaan. Bersama dengan produsen listrik swasta, PT Sumberdaya Sewatama, Siemens telah memulai Digital Energy Services dengan menggunakan sistem operasi terbuka berbasis cloud milik Siemens untuk Internet of Things (IoT), MindSphere,”ujarnya.

Pekerja Lokal

Siemens sendiri baru saja menandatangani Nota Kesepahaman dengan anak perusahaan dari perusahaan listrik negara (PLN), PT Indonesia Power, untuk menerapkan realitas maya (VR) dalam rangka optimasi pembangkit serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan personil pengoperasian mereka.

“Difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian Indonesia, Siemens menciptakan sebuah ekosistem dengan perusahaan-perusahaan di sektor industri seperti Makanan dan Minuman serta Bahan Kimia melalui program inisiatif Siemens Artificial Intelligence / Control Performance Analytics (AI/CPA) Software,” ungkap Cedrik Neike, Anggota Dewan Direksi Siemens AG dan CEO Smart Infrastructure di acara Siemens Press Talk.

Cedrik mengatakan, Siemens juga mendukung tujuan negara untuk meningkatkan keterampilan dan mempekerjakan kembali tenaga kerja lokal guna mempersiapkan bangsa ini dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan masa depan. Sebagai mitra kolaborasi utama, Siemens menjalankan program-program Pendidikan dan Pelatihan Teknologi dan Kejuruan (Technical Vocational Education and Training/TVET) di lembaga pendidikan publik dan swasta Indonesia yang akan ditentukan – program ini menargetkan untuk melatih 1.300 siswa pada tahun 2023. Siemens juga memiliki sebuah unit khusus yang berfokus pada smart manufacturing khususnya untuk Sertifikasi Pendidikan Pelatihan Peralatan Mekanik (MTS) yang berkolaborasi dengan universitas dan sekolah kejuruan.

Selama lebih dari 160 tahun sejak pertama kali Siemens berdiri di Indonesia, kami telah menjadi mitra pilihan utama dalam bidang Elektrifikasi, Otomasi dan Digitalisasi dalam perjalanan Indonesia menuju kemajuan teknologi serta transisi digital yang berkelanjutan. Komitmen Siemens di Indonesia lebih dari menyediakan produk, sistem, dan solusi yang canggih. “Kami terus menciptakan peluang kerja, pelatihan dan peningkatan keterampilan, dan semakin memperkuat kerja sama kami dengan mitra lokal,”ujarnya.

 

Sumber : PR

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA