Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga

Studi YCP Solidiance: Peran eCommerce Strategis dalam Percepatan Ekonomi Indonesia

Sabtu, 19 Desember 2020 | 17:33 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA - Lazada Indonesia melansir hasil studi “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia melalui eCommerce", yang diselenggarakan dengan dukungan YCP Solidiance, konsultan manajemen ternama di Asia. Hasil studi mengungkap pentingnya peran e-commerce dalam mendukung sektor bisnis.

Dukungan e-commerce tersebut akan sangat membantu perusahaan besar maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menjalani transformasi digital. Transformasi itu akan ikut mempercepat terbentuknya struktur ekosistem ekonomi digital yang mumpuni di Indonesia.

Studi yang dilakukan  kurang lebih 2 bulan melalui pendekatan wawancara mendalam (in-depth interview) dan survey kuantitatif itu mengungkap, UMKM terbukti menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi.  Meski demikian,  adopsi digital pada UMKM masih menjadi  tantangan besar.

Bila 100% perusahaan besar telah menjalankan digitalisasi, baru 13% UMKM yang beradaptasi dan mulai melakukan digitalisasi. Studi juga mengungkapkan adanya fondasi pertumbuhan (building blocks) yang berbeda antara perusahaan besar dan UMKM untuk bisa bertumbuh secara optimal di ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Mira Tayyiba, S.T., MSEE, Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,  menegaskan pentingnya transformasi digital ini bagi kemajuan Indonesia. Transformasi digital berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai fondasi perekonomian yang kuat dan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Salah satu prasyarat terpenting untuk mencapai transformasi digital selain infrastruktur adalah pola pikir yang terbuka terhadap kolaborasi. “Diperlukan sinergi dari berbagai pemangku kepentingan untuk mengurangi digital gap dalam masyarakat, pelaku usaha, juga instansi pemerintah,” ungkapnya di sela konferensi pers, belum lama ini.

Sementara itu, CMO Lazada Indonesia Monika Rudijono menjelaskan, melalui studi ini pihaknya ingin lebih memahami perjalanan dan building blocks dari perusahaan besar dan UMKM dalam transformasi menuju ekonomi digital. Sebagai platform eCommerce, Lazada  berupaya mendukung kebutuhan tersebut.

Dengan dukungan teknologi canggih yang dimiliki, pemberdayaan data, serta solusi logistik yang holistik. “Kami siap jalankan misi dukung pemerintah Indonesia memberdayakan bisnis dan individu dalam menjalankan transformasi digital untuk bisa maju bersama dalam ekosistem ekonomi digital  Indonesia,” paparnya.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga melihat sudah terjadi banyak perubahan di aktivitas masyarakat sepanjang 2020. Pertumbuhan penggunaan e-commerce beberapa tahun belakangan sebenarnya cukup menggembirakan, namun pandemi memang memberi dampak sangat besar pada industri ini.

Aktivitas belanja online langsung naik signifikan, belum lagi para pelaku usaha yang juga shifting ke digital. Dengan arah kebijakan dan pelaksanaan yang tepat, e-commerce memegang peranan penting dalam mendorong pelaku UMKM berkembang bersama e-commerce. “Kami pikir, e-commerce dan pelaku UMKM merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan jika bicara transformasi digital,” ujarnya.

Gervasius Samosir, Partner & Head of YCP Solidiance Indonesia, menjelaskan digitalisasi merupakan salah satu kunci untuk dapat tetap bertahan di tengah persaingan ekonomi saat ini. Salah satu cara utama mencapai inklusi digital adalah melalui keterlibatan menyeluruh dari
eCommerce yang akan bertindak sebagai platform untuk memberikan dukungan berupa akses kepada permodalan, pemasaran, serta inovasi pasar. “Melihat betapa besarnya potensi bagi perusahaan serta UMKM setelah melakukan digitalisasi untuk melompat ke tahapan ekonomi
digital selanjutnya, tentunya juga akan membawa dampak yang positif bagi perekonomian negara,” tutupnya. (iin)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN