

Sandiaga Uno, Pendiri OK OCE
UMKM Harus Lakukan Pemasaran Kreatif di Masa Pandemi
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)
JAKARTA, investor.id — Pelaku UMKM dihadapkan dengan situasi sulit semasa pandemi. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), turut mengurangi saluran pemasaran yang sebagian besar berasal dari kegiatan-kegiatan langsung seperti pameran dan bazaar.
Namun hal ini bukanlah sebuah hambatan, melainkan hadir sebagai sebuah peluang baru untuk mengembangkan kemampuan pemasaran pelaku UMKM.
Webinar "Dunia Kreatif Jaman Covid-19" yang diselenggarakan pada Kamis, (26/11) menghadirkan Andibachtiar Yusuf sebagai seniman dan sutradara film Love For Sale dan Sandiaga Uno selaku Pendiri OK OCE untuk memberikan sudut pandang baru terhadap pemasaran produk UMKM semasa pandemi.
Sebagai seniman yang sudah bergelut dalam dunia sinematografi, Andibachtiar Yusuf menyampaikan pentingnya mengambil nilai dan karakteristik produk untuk ditampilkan dalam sebuah video pemasaran.
"Yang paling penting kita paham dengan produk dan mengetahui tujuan pasar, bisa dengan melakukan riset kecil-kecilan."
Sandiaga Uno selaku Pendiri OK OCE menyampaikan materi yang berkenaan dengan vaksin kreatifitas "COVID". Vaksin ini diharapkan bisa menjadi langkah-langkah ntuk membuka lapangan baru.
"Yang pertama adalah fokus pada pelanggan, pada pasar kita yang sekarang sedang berubah. Kedua, harus memiliki wawasan global dengan kearifan lokal."
Sandi juga menambahkan pentingnya merangkul sektor digital mulai dari perencanaan ide hingga eksekusi penjualan; distribusikan dan meningkatkan engagement secara online. Yang terakhir adalah membuat ekosistem yang kuat. OK OCE dapat menjadi sebuah ekosistem yang sesuai untuk membentuk sebuah ekosistem kuat yang membangun kreativitas para pelaku UMKM.
Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)