Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kesepakatan bisnis

Ilustrasi kesepakatan bisnis

UMKM Ini Raih Omzet Miliaran Rupiah di Tengah Pandemi, Berikut Strateginya

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:21 WIB
Mashud

JAKARTA, investor.id - Pandemi Covid-19 telah membawa dampak signifikan bagi industri fashion di Indonesia. Terjadinya penurunan ekonomi menyebabkan daya beli konsumen menurun di sektor retail non food, travel, perhotelan dan sektor lainnya.

Meski begitu tidak semua usaha terpuruk, pelaku bisnis yang piawai menggali peluang tetap bisa mendulang untung. Salah satunya Jamku.id, ini merupakan UMKM jam tangan di Indonesia yang berdiri sejak Desember 2018 yang dimulai dengan modal hanya 6 juta rupiah dan sampai saat ini masih bisa beromset miliaran rupiah di tengah pandemi ini.

Apa sih rahasianya agar bisnis fashion masih bisa berjaya di tengah pandemi? Co-Founder & COO Jamku.id, Harry Tharsiman mengungkapkan strategi yang digunakan oleh Jamku.id adalah fokus di platform digital sebagai media pemasaran, utamanya Jamku.id menggunakan Facebook & Instagram sebagai media iklan yang paling besar.

Selain websitenya sendiri, Jamku.id juga bekerjasama dengan Shopee & Tokopedia. Strategi ini terbukti efektif karena dengan bekerjasama dengan raksasa e-commerce, Jamku.id juga lebih cepat mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari pembeli.

Sejak awal berdirinya, Jamku.id menggunakan Facebook Ads sebagai media pemasaran utama mereka. Facebook Ads terbukti sangat efektif dalam menghasilkan penjualan untuk Jamku.id bahkan dalam situasi pandemi.

Dikatakannya produk juga menjadi alasan utama mengapa Jamku.id dapat bertahan di tengah pandemi, jam tangan merk lokal Indonesia, Christyan Arden & Jean Alexis yang mereka jual ini mempunyai kualitas & desain yang sangat baik di kelasnya, disertai dengan harga yang sangat pantas.

“Ini menyebabkan masyarakat lebih tertarik untuk membeli produk yang dibuat Jamku.id karena banyak keuntungan yang didapat,” urainya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (14/10/2020).

Dipaparkan tipsnya adalah investasi minimal untuk menghasilkan penjualan sebesar-besarnya, utamakan pelayanan pada pelanggan (customer service) dan peduli dengan semua karyawan yang bekerja di perusahaan. Hal ini terbukti karena sampai saat ini Jamku.id masih bisa berjalan tanpa PHK atau merumahkan karyawan mereka.

"Dari Jamku.id kita belajar bahwa bisnis di tengah pandemi ini kita harus dapat beradaptasi dengan cepat dalam segala kondisi, berfokus pada platform digital dan mengutamakan kepentingan bersama," ucap Harry Tharsiman.

Menurutnya berbisnis di tengah pandemi bukan hanya semata-mata untuk mencari keuntungan, tetapi UMKM seperti Jamku.id pun harus turut berkontribusi dalam menjaga perekonomian Tanah Air di dalam masa sulit ini.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN