Menu
Sign in
@ Contact
Search

Freeport Harus Terima IUPK

Senin, 20 Februari 2017 | 13:48 WIB
Oleh Rangga Prakoso dan Euis Rita Hartati (redaksi@investor.id)

JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meminta PT Freeport Indonesia (PTFI) agar mematuhi aturan main di Indonesia termasuk ketentuan divestasi hingga 51%, keharusan membangun smelter, dan perubahan status dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambahan Khusus (IUPK).

Dalam pernyataan yang diterima Investor Daily akhir pekan lalu, Jonan juga mengimbau PTFI agar tidak menggunakan rencana gugatan hukum dan ancaman pemecatan pegawai sebagai cara untuk menekan pemerintah karena hanya akan menyebabkan rasa saling tidak percaya.

Jonan mengingatkan bahwa semua pemegang Kontrak Karya wajib melakukan pengolahan dan pemurnian (hilirisasi) dalam jangka waktu 5 tahun sejak UU Minerba 4/2009 diundangkan (Pasal 169 dan Pasal 170 UU No 4/2009).

Pemegang Kontrak Karya (KK) yang belum melakukan hilirisasi (membangun smelter) sebagaimana dimaksud dalam UU Minerba tersebut, maka status Kontrak Karya diubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Namun PTFI menyatakan tetap menolak IUPK dan menuntut KK tetap berlaku," kata Jonan.

Jonan mengungkapkan, pemerintah telah dan akan terus berupaya maksimal mendukung semua investasi di Indonesia baik investasi asing maupun investasi dalam negeri tanpa terkecuali.

Dalam hal pertambangan mineral logam, Pemerintah tetap berpegangan pada UU Mineral dan Batubara No 4/2009 (UU Minerba) dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah No 1/2017 sebagai revisi dan tindak lanjut semua peraturan yang telah terbit sebelumnya,” ujar dia. (b1/jn)

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/pemerintah-tetap-hormati-perjanjian-sebelumnya/156771

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com