×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

17 Unit Sumur Bor Layani 47 Ribu Warga Lombok Tengah

(gor/ant), Minggu, 24 Februari 2019 | 01:14 WIB

LOMBOK - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan sumur bor air tanah yang dibangun dari anggaran 2018 untuk daerah yang mengalami kesulitan air bersih di Desa Kuta dan Desa Ungga yang terletak di kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peresmian sumur bor dilakukan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Agus Cahyono Adi, mewakili Menteri ESDM, didampingi Anggota DPR Komisi VII Kurtubi di Desa Kute, Lombok Tengah, NTB Jumat (22/2).

Agus mengatakan fokus anggaran pemerintah adalah untuk kegiatan yang memberikan dampak langsung ke masyarakat, salah satunya melalui program sumur bor ini.

“Program pemerintah di ESDM ini difokuskan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat secara langsung. Badan Geologi yang salah satu tugasnya untuk memetakan daerah-daerah yang sulit air,” kata Agus sambutannya.

Agus menerangkan hingga 2018, khusus di Kabupaten Lombok Tengah, Kementerian ESDM telah membangun sebanyak 17 unit sumur bor tersebar di 14 desa dan 6 kecamatan dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 1,03 juta m3 per tahun dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk sebanyak 47,2 ribu jiwa penduduk.

“Sampai hari ini Kementerian ESDM telah membangun 2.290 sumur di Indonesia. Di NTB ini sudah ada 99 sumur yang sudah terpasang, di Lombok Tengah telah berhasil dibangun 17 unit sumur, termasuk 2 sumur bor yang diresmikan sekarang,” ujarnya.

Sementara Kurtubi menegaskan program sumur bor ini tidak terkait dengan masa kampanye pemilu. Pasalnya program ini sudah bergulir beberapa tahun terakhir. Menurutnya hanya kebetulan saja waktu peresmian bersamaan dengan masa kampanye.

“Ini adalah kerja kita bersama antara pemerintah dan DPR untuk rakyat. Tolong sumur bor ini dijaga bersama, ini milik rakyat,” ujarnya.

Asisten administrasi perekonomian Lombok Tengah yang mewakili Bupati Lombok Tengah Nasrun menyampaikan rasa apresiasinya kepada Kementerian ESDM atas pembangunan sumur bor di wilayahnya.

Dia menyebut penyediaan sumur bor ini sebagai langkah konkrit dalam pemenuhan penyediaan air bersih untuk menyediakan kebutuhan dasar manusia.

“Kami berharap titik sumur bor akan terus bertambah. Kepada masyarakat, saya menghimbau untuk menjaga fasilitas ini semata-mata untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Masyarakat harus memiliki rasa memiliki agar sumur bor ini bisa memberikan manfaat yang panjang untuk masyarakat. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya. (rap)

BAGIKAN

Terkini

BCA Catat Laba Bersih Tumbuh 10,1% Rp 6,1 Triliun

Kamis, 25 April 2019 | 22:26 WIB

Wika Gedung Kantongi Lima Kontrak

Kamis, 25 April 2019 | 22:17 WIB