Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dewan juri Proving  League 2022 tengah mendengarkan pemaparan manajer cid dan local Hero PT Pertamina Hulu Mahakam. PHM mendapatkan penghargaan Platinum

Dewan juri Proving League 2022 tengah mendengarkan pemaparan manajer cid dan local Hero PT Pertamina Hulu Mahakam. PHM mendapatkan penghargaan Platinum

Pertamina Hulu Energi Raih Penghargaan Terbanyak di Ajang Proving League 2022

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:37 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Pertamina Hulu Energi, Subholding Upstream Pertamina, berhasil meraih penghargaan terbanyak di ajang Proving League 2022 yang diselenggarakan oleh Energy and Mining Editor Society (E2S), komunitas para editor dan wartawan senior yang berkhidmat di sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Dalam perhelatan tahunan yang pemenangnya diumumkan Jumat (29/7/2022) itu, Subholding Upstream Pertamina berhasil memperoleh dua predikat Platinum serta masing-masing tiga predikat Gold dan Silver. Subholding Upstream juga menyabet gelar Best of the Best yang diraih PT Pertamina Hulu Mahakam, bagian dari Zona 8 PT Pertamina Hulu Indonesia Regional 3-Kalimantan.

Dua predikat Platinum diraih untuk kategori Social Innovation Program. Lewat program Peningkatan Kebutuhan Sosial dan Meningkatkan Kapasitas Kubedistik, Subholding Upstream Pertamina Regional 3 Kalimantan Zona 10 Tarakan Field menjadi yang terbaik. Program CSR Tarakan Field di bidang inovasi sosial ini mengalahkan 21 peserta lain. Satu predikat Platinum lainnya diraih PT Pertamina Hulu Mahakam untuk kategori Impact on Environment Program. Program CSR PHM, yaitu Kampung Energi Wasteco, mengungguli 21 peserta lain.

Tiga predikat Emas Proving League 2022 bagi Subholding Upstream diraih oleh Regional 3-Kalimantan Zona 9 Tanjung Field lewat Program Peri Sakti/Pusat Pembudidayaan Perikanan Desa Kapar Inovatif untuk kategori Sustainibility Program. Selain itu, Regional 1-Sumatera Zona 4 Prabumulih Field lewat program Inovasi di Bumi Seinggok Sepemunyian untuk kategori Education and Livelihood Skills. Predikat Emas lainnya didapat oleh Regional 3 Kalimantan Zona 9 PEP Sangasanga Field lewat program Tante Siska/ Tani Terpadu Sistem Inovasi Sosial Kelompok Setaria) untuk kategori Creating Shared Value Program (CSV).

Sementara itu, tiga predikat Silver dibawa pulang oleh Regional 3 Kalimantan Zona 10 PHKT Daerah Operasi Bagian Selatan lewat program Budidaya Lalat Hitam (Bulatih) untuk kategori Social Innovation Program.Selain itu, Regional 3 Zona 10 PHKT DOBU lewat program Liberica Kopi Luwak untuk kategori Education and Livelihood Skills. Sedangkan Regional 1-Sumatera Zona 4 Limau Field lewat program Niat Mila/Pertanian Sehat Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan untuk kategori Creating Shared Value Program.

Arya Dwi Paramita, Sekretaris Perusahaan PHE-Subholding Upstream Pertamina, mengucapkan terima kasih kepada E2S dan Dewan Juri atas penyelenggaraan Proving League 2022. Ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga bagi seluruh Grup PHE untuk dapat diberkan kesempatan berpartisipasi dan alhamdulillah meraih sejumlah penghargaan yang istimewa. “Momen ini menjadi berharga karena kami diberikan kesempatan menyiapkan program-program terbaik untuk bisa dilombakan dan teman-teman di anak perusahaan, regional dan lapangan sangat antusias mengikutinya,” ujarnya.

Menurut Arya, perolehan penghargaan Platinum, Gold, dan Silver oleh Grup PHE meningkatkan semangat PHE untuk terus menjalankan komitmen dalam mengimplementasikan aspek environmental, social, dan governance (ESG). Untuk itu, PHE dan seluruh grup di Suholding Upstream Pertamina, berkomitmen menjalankan program TJSL dengan tujuan utamanya adalah mewujudkan keberlanjutan. “Untuk mendukung hal tersebut, PHE memiliki kebijakan dan komite keberlanjutan, serta program-program di lini masing-masing. Tentunya ini semua dijalankan bersama-sama sebagai bagian dari value chain Pertamina, dan kami adalah bagian di dalamnya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, pemahaman tentang TJSL tidak terbatas hanya pada aspek community development, tetapi jauh lebih menyeluruh atau holistik sebagaimana dituangkan dalam ISO 26000. Apalagi di dalamnya juga meliputi aspek-aspek tata kelola, lingkungan, sosial, dan lainnya. “Sama halnya dengan program PROPER, komitmen ESG dan program keberlanjutan lainnya yang tidak hanya melihat sebatas aspek pengembangan masyarakat saja, tetapi jauh lebih luas dan menyeluruh,” katanya.

Sonny Lolong, local Hero Tarakan Field yang meraih kategori Platinum
Sonny Lolong, local Hero Tarakan Field yang meraih kategori Platinum


Risna Resnawaty, Ketua Dewan Juri Proving League 2022, mengapresiasi keberhasilan Grup PHE Subholding Upstream Pertamina meraih banyak penghargaan di ajang tersebut. Menurut Risna, program-program CSR Grup PHE yang disertakan pada Proving League 2022 sangat istimewa dan memberikan dampak yang luar biasa pada masyarakat sekitar lokasi operasional perusahaan.

“Setiap program memiliki keunggulan, keunikan, dan kekhasan tersendiri yang didasarkan pada kebutuhan dan pemecahan masalah yang muncul dalam masyarakat,” kata Risna dalam Sharing Session dan Pengumuman Pemenang E2S Proving League 2022, Jumat (29/7).

Risna mengatakan tahun ini program yang ditampilkan lebih variatif, memiliki banyak inovasi dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah kemandirian masyarakat, terutama setelah program telah selesai.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN