Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Timah Tbk melepas anakan cumi-cumi

PT Timah Tbk melepas anakan cumi-cumi

Reklamasi Laut, PT Timah Tbk Perbanyak Populasi Cumi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:11 WIB
Rangga Prakoso (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Timah Tbk terus berupaya menambah populasi cumi-cumi sebagai bagian dari program reklamasi laut. Pada tahun ini ditargetkan sebanyak 20 ribu anakan cumi-cumi. Pengkayaan populasi itu melalui sistem restocking yakni telur tua yang menempel pada terumbu buatan (artificial reef) diambil kemudian ditetaskan dalam wadah terkontrol. Anakan cumi-cumi hasil penetasan kemudian dilepas kembali ke laut.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan mengatakan upaya reklamasi laut tidak hanya melakukan penenggelam artificial reef saja, melainkan juga dengan pengkayaan populasi dengan sistem restocking. 2021 lalu, PT Timah telah me-restocking sekitar 20 ribu lebih anakan cumi-cumi. Sedangkan tahun ini, PT Timah sudah me-restocking 13 ribu anakan cumi-cumi.

“PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan melakukan reklamasi baik di darat maupun di laut,” kata Anggi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (2/8).

Telur cumi-cumi ini jika dibiarkan memiliki tingkat mortalitas yang tinggi. Pasalnya telur yang muda dan anak cumi-cumi yang baru menetas kerap dimangsa oleh predator lainnya seperti ikan. Untuk mendorong keberhasilan hidup cumi-cumi dilakukan dengan sistem restocking.

Dalam melaksanakan restocking cumi-cumi, PT Timah bekerja sama dengan Universitas Bangka Belitung dan Yayasan Sayang Babel Kite. Restocking cumi-cumi yang dilakukan dengan menggunakan wadah bak terkontrol di Ruang penetasan Yayasan Sayang Babel Kite.

Wakil Ketua Yayasan Sayang Babel Kite, Indra Ambalika yang juga Dosen Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung menyebut upaya reklamasi laut yang dilakukan PT Timah telah melengkapi tiga tahapan reklamasi laut. Anakan cumi-cumi yang dilepas ke laut ini diharapkan bisa meningkatkan hasil tangkapan nelayan. "Dalam hal ini, PT Timah Tbk sudah melakukan tiga tahapan dalam reklamasi laut yakni pemantauan kualitas air, membuat habitat biota laut dan pengkayaan biota," ujarnya.

 

Editor : Rangga (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN