Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jubaedah, atau yang akrab disapa Mak Edah, salah satu penggerak Program Kawat Cinta yang dibina PT Pertagas Operation West Java Area (OWJA)

Jubaedah, atau yang akrab disapa Mak Edah, salah satu penggerak Program Kawat Cinta yang dibina PT Pertagas Operation West Java Area (OWJA)

Mitra Binaan Pertagas Area Operasi Jawa Barat Raih Penghargaan Proving League 2022

Selasa, 2 Agustus 2022 | 21:00 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Jubaedah, atau yang akrab disapa Mak Edah, salah satu penggerak Program Kawat Cinta yang dibina PT Pertagas Operation West Java Area (OWJA) meraih penghargaan Silver Kategori Local Hero Achievement pada E2S Proving League 2022.

Dengan pemberdayaan para janda dan lansia di Desa Tanjung, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada akhir 2019, Mak Edah tergerak untuk berbuat sesuatu guna mengubah kondisi desanya yang pada awalnya berstatus desa rawan pangan, kini menjadi desa yang produktif dan mampu menekan tingkat kemiskinan.

Berbekal kemampuan mengolah jamu dan pendampingan pelatihan oleh Pertagas OWJA, Mak Edah menjalankan usaha KWT Kenanga melalui penjualan produk Kerupuk Kencur dan Jamu Sehat serta yang mampu memberikan penambahan pendapatan kepada anggota KWT Kenanga yang terdiri dari para janda dan lansia.

Selain itu KWT Kenangan juga mendirikan sekolah PAUD gratis, bernama PAUD Anugerah dengan siswa sebanyak 43 orang. Kontribusi Mak Edah memberdayakan masyarakat mampu memberi jawaban untuk persoalan Pendidikan di desanya.

Elok Rian Ariza, Manager Communication Relation & CSR Pertagas, menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang diraih KWT Kenanga melalui Mak Edah.

“Peran Mak Edah berkontribusi untuk desanya menginspirasi kita semua. Semoga menjadi motivasi bagi desa desa yang lain. Melalui Program CSR dan Pendampingan yang dilakukan Pertagas di KWT Kenanga merupakan keseriusan perusahaan tidak hanya dalam sektor industri migas, tetapi juga dalam bidang pemberdayaan masyrakarat yang berjalan beriringan,” ujar Elok, Selasa (2/8).

Pertagas OWJA merupakan satu dari 22 peserta peraih dan kandidat emas PROPER 2020-2021 di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengikuti E2S Proving League 2022 bertajuk “CSR Collaboration: Building Community Resilience and Local Livelihoods Generation” yang telah digelar pada Sabtu-Minggu, 23-24 Juli 2022.

Terdapat delapan kategori dalam E2S Proving League 2022, yakni Kategori Novelty Program; Local Hero Achievement; CSR/CID Manager Performance; Social Innovation Program; Education and Livelihood Skills; Program Impact on Environment; Program Sustainability; dan Creating Shared Value (CSV) Program.

Pada Pengumuman Pemenang E2S Proving League 2022, Ketua Dewan Juri yang juga Pakar CSR dari Universitas Padjajaran Risna Resnawaty, mengatakan program-program CSR yang disertakan pada Proving League 2022 sangat istimewa dan memberikan dampak yang luar biasa pada masyarakat sekitar lokasi operasional perusahaan.

Setiap program, kata dia, memiliki keunggulan, keunikan, dan kekhasan tersendiri yang didasarkan pada kebutuhan dan pemecahan masalah yang muncul dalam masyarakat.

Advertisement

“Pada hakikatnya CSR merupakan kebermanfaatan bagi masyarakat, namun hal baik ini perlu dikemas dan dipublikasikan pada khalayak ramai sehingga mendorong banyak perusahaan lain untuk melakukan banyak kebaikan,” ujar Risna.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN