Menu
Sign in
@ Contact
Search
Seorang pekerja Peshawar Electric Supply Company (PESCO) memanjat tiang tegangan tinggi di Peshawar, Pakistan pada 7 Agustus 2017. (Foto: REUTERS/Fayaz Aziz/File Foto)

Seorang pekerja Peshawar Electric Supply Company (PESCO) memanjat tiang tegangan tinggi di Peshawar, Pakistan pada 7 Agustus 2017. (Foto: REUTERS/Fayaz Aziz/File Foto)

Pakistan Dilanda Pemadaman Listrik Nasional

Senin, 23 Jan 2023 | 15:25 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

ISLAMABAD, investor.id – Pemadaman listrik besar-besaran terjadi di Pakistan pada Senin (23/1) mempengaruhi sebagian besar dari lebih dari 220 juta orang di negara itu, termasuk di kota-kota besar Karachi dan Lahore.

Sistem distribusi listrik Pakistan adalah jaringan yang rumit dan rapuh. Masalah di salah satu bagian jaringan dapat menyebabkan kerusakan yang berlarut-larut di seluruh negeri.

Pemadaman selama berjam-jam, yang kedua dalam dua tahun terakhir, disebabkan oleh gangguan pada jaringan nasional sekitar pukul 07:30 (0230GMT).

Baca juga: Davos 2023: Jerman Scholz Optimis Energi, Peringatkan Soal Deglobalisasi

Advertisement

“Menurut laporan awal, frekuensi sistem turun di jaringan nasional pada pagi hari yang menyebabkan kerusakan besar-besaran,” lapor Kementerian Energi, Senin (23/1).

Pekerjaan perbaikan sedang berlangsung, dengan daya terbatas dipulihkan di beberapa bagian ibu kota dan kota barat laut Peshawar.

Kota pelabuhan Karachi dengan populasi lebih dari 15 juta dan Lahore dengan populasi lebih dari 10 juta, tetap tanpa aliran listrik.

Kerusakan serupa pada Januari 2021 telah menjerumuskan seluruh negeri ke dalam kegelapan, setelah kesalahan terjadi di Pakistan selatan yang membuat sistem transmisi negara itu tersandung.

Baca juga: Perdagangan RI – Pakistan Catat Surplus US$ 3,7 Miliar

Pakistan telah lama dilanda kekurangan energi karena berbagai faktor termasuk ekonomi yang buruk, salah urus, dan kurangnya fasilitas penyimpanan.

Rumah sakit sebagian besar didukung dengan generator, sementara sekolah menggunakan gas untuk memanaskan ruang kelas mereka.

Pelepasan beban musim dingin ini berdampak pada rumah tangga dan industri domestik termasuk manufaktur tekstil, salah satu industri terbesar di Pakistan, dengan beberapa pabrik ditutup untuk sementara.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com