Menu
Sign in
@ Contact
Search

Industri di Riau Masih Kekurangan Gas

Sabtu, 3 Agustus 2013 | 10:11 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

PEKANBARU-PT Perusahaan Gas Negara menyatakan krisis pasokan gas untuk kalangan industri melanda hampir seluruh provinsi di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meliputi Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau.

"Saat ini PGN memiliki pelanggan di Riau sebanyak empat perusahaan, tapi hanya tiga perusahaan yang kami layani karena masih terbatasnya pasokan gas," ujar General Manager Strategic Business Unit III PGN Sumbagut, Mugiono di Pekanbaru, Jumat.

Keempat perusahaan itu, lanjutnya, yakni PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) yang berada di Kabupaten Siak, kemudian Pertamina Lirik yang berada di Kabupaten Indragiri Hulu.

Lalu Pertamina Ukui yang berada di Kabupaten Pelalawan dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang secara administratif berada di kabupaten yang sama.

"Pasokan gas ke RAPP sudah tidak mengalir, akan tetapi statusnya masih pelanggan PGN dan fasilitasnya masih mengangur sampai saat ini. Jadi yang aktif sekarang, hanya ada tiga selain RAPP," katanya.

PGN memasok kebutuhan gas ke ketiga perusaan tersebut per hari sekitar 19 standar metrik kaki kubik per hari (mmscfd) terdiri dari 16 sampai 17 mmscfd untuk IKPP dan dua mmscfd untuk Pertamina.

"Untuk ketiga perusahaan tersebut masih kurang, seperti IKPP yang membutuhkan lebih besar dari jumlah yang dipasok PGN. Sehingga mereka memakai bahan bakar yang lain atau enegi lain," ucapnya.

Kepala Area PGN Pekabaru, Wendi Purwanto menambahkan, saat ini pelanggan untuk komersil yang terdiri dari hotel, restoran, rumah makan dan masyarakat umum belum dilayani karena keterbatasan pasokan dan jaringan.

"Seperti di Medan, Sumatera Utara, kami memiliki pelanggan yang rumah tangga sekitar 18.000 pelanggan dan Batam, Kepulauan Riau, dengan jumlah sekitar 300 pelanggan," katanya.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com