Menu
Sign in
@ Contact
Search

ESDM: Inovasi ITS Mampu Olah 3 Ton Feronikel/Hari

Jumat, 4 Juli 2014 | 15:34 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah (redaksi@investor.id)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya memiliki inovasi di bidang pengolahan dan pemurnian mineral. Inovasi itu sudah dipakai sejumlah perusahaan pertambangan di Sulawesi Tenggara.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, R Sukhyar mengatakan, inovasi ini muncul setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan pengolahan dan pemurnian mineral di dalam negeri. "Jadi kalau bangsa ini dicambuk dalam kondisi tertentu maka muncul ide-ide seperti itu," kata Sukhyar di Jakarta, Jumat (4/7).

Sukhyar menuturkan, mesin pengolahan dan pemurnian itu merupakan produk lokal. Kapasitas produksinya mampu menggarap 3 ton feronikel per hari. Dia menyebutkan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) berskala kecil telah menggunakan produk tersebut. "Sudah diaplikasikan di lapangan. Di sulawesi Tenggara untuk pertambangan feronikel," jelasnya.

Namun Sukhyar mengaku tidak tahu berapa harga mesin inovasi anak bangsa itu. Dia hanya menyebut inovasi ini menjadi jawaban bagi perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dalam memenuhi amanat Undang-Undang Minerba. "Ini sangat bagus dikembangkan bagi IUP-IUP kecil," tuturnya. (rap)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com