Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Erwin Suryadi (kedua dari kanan) mendengarkan penjelasan dari President Director PT Citra Tubindo Tbk., Satya Heragandhi (kiri) saat peninjauan pengeksporan produk pipa transmisi gas di Pelabuhan SCN Logistics Kabil, Batam, Kepulaua Riau, Kamis (9/6/2022). Peninjauan tersebut dalam rangka Pra Forum Kapasitas Nasional 2022 wilayah Sumbagut.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Erwin Suryadi (kedua dari kanan) mendengarkan penjelasan dari President Director PT Citra Tubindo Tbk., Satya Heragandhi (kiri) saat peninjauan pengeksporan produk pipa transmisi gas di Pelabuhan SCN Logistics Kabil, Batam, Kepulaua Riau, Kamis (9/6/2022). Peninjauan tersebut dalam rangka Pra Forum Kapasitas Nasional 2022 wilayah Sumbagut.

Citra Tubindo Ekspor 1200 Metriks Ton Pipa OCTG ke Uganda dan Arab Saudi

Jumat, 10 Juni 2022 | 09:23 WIB
Rangga Prakoso (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)


JAKARTA, investor.id – PT Citra Tubindo Tbk. (CTBN) mengekspor 600 metriks ton pipa casing dan 600 metriks ton pipa tubing, masing-masing untuk tujuan Uganda dan Arab Saudi. Ekspor pipa  yang masuk dalam kategori OCTG atau Oil Country Tubular Goods (terdiri dari casing dan tubing pipe) ini merupakan bagian dari rangkaian aktivitas ekspor CTBN, pabrikan dalam negeri yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau. 

SKK Migas sebagai otoritas kegiatan hulu migas terus mendorong KKKS dalam meningkatkan peran industri nasional maupun lokal di seluruh pelaksanaan aktivitas industri hulu migas, serta peningkatan target Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam pengelolaan komponen barang dan jasa industri hulu migas demi tercapainya target TKDN di 2022 sebesar 57%.

Advertisement

”Kami sangat mengapresiasi seluruh usaha yang dilakukan oleh PT Citra Tubindo, kini saatnya produk Indonesia diakui dunia internasional karena kualitas dan harga yang kompetitif, semoga semakin banyak pabrikan Indonesia yang mampu bersaing di pasar global," kata Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Erwin Suryadi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat  (10/6).

Selama ini ada anggapan bahwa produk buatan dalam negeri cenderung lebih mahal dan tidak kompetitif di pasar global. Bahkan anggapan ini diperkuat dengan preferensi di berbagai proses tender domestik (pemerintah), bahwa tidak masalah harga sebuah produk sedikit lebih mahal, asalkan mengandung komponen lokal.

“Kami ingin merubah persepsi yang ada saat ini bahwa produk lokal sering kali dinilai kurang kompetitif, padahal produk dalam negeri seharusnya bisa maju dan bisa bersaing di pasar global,” tegas President Director PT Citra Tubindo Tbk Satya Haragandhi.

Menurutnya, barang atau produk yang mengandung muatan lokal tidak identik dengan produk berkualitas rendah. Satya bahkan dengan bangga membuktikan bahwa produk-produk yang dipasok CTBN bisa bersaing, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di pasar global.

CTBN adalah perusahaan dalam negeri yang memiliki spesialisasi memasok pipa OCTG kelas Premium. Produk-produk yang dibuat CTBN memenuhi standar internasional, yang ditandai beragam sertifikasi dunia seperti API dan ISO, serta telah diaudit dan divalidasi oleh puluhan korporasi migas dunia seperti Total, Adnoc, KO, Chevron, Eni, Total, Exxon, BP, serta banyak lagi lainnya.
 
Pipa OCTG yang dipasok CTBN mengandung komponen lokal, namun bisa dipertanggungjawabkan di pasar global. “Sekitar 70 persen pipa produksi kami diekspor ke mancanegara. Hal ini menunjukkan betapa produk kami bisa bersaing dengan produsen pipa sejenis dari negara lain,” ujar Satya.

Di bawah pembinaan SKK Migas, CTBN memfokuskan upaya industrialisasinya untuk menghasilkan kualitas produk. Proses produksi dan pembelajaran berkelanjutan, dan menyertakan mitra setempat. CTBN membangun ekosistem produksi yang menggunakan teknologi serta peralatan unggulan. Juga, proses verifikasi kualitas dilakukan secara canggih menggunakan alat test terbaik (Phase Array NDT) dan hanya dimiliki oleh CTBN di wilayah Asia ini.

“Inilah yang ingin kami tunjukkan di Forum Kapasitas Nasional 2022. Ada pabrikan di Batam binaan SKK Migas, yang mampu bersaing di pasar global dengan produk bermuatan lokal. Kami ingin memprovokasi bahwa produk bermuatan lokal juga mampu bersaing secara kompetitif di pasar global,” tutur Satya.

Demi memaksimalkan penggunaan produk barang/jasa dalam negeri, SKK Migas dan KKKS memfasilitasi pertemuan para pemangku kepentingan industri hulu melalui rangkaian acara Pra Kegiatan Forum Kapasitas Nasional di beberapa wilayah di Indonesia dan wilayah Sumbagut dilaksanakan di kota Batam pada 7-8 Juni 2022.

Editor : Rangga (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN