Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Djoko Siswanto

Djoko Siswanto

Dirjen Migas Diberhentikan dari Jabatannya

Retno Ayuningtyas, Jumat, 12 Juli 2019 | 19:52 WIB

JAKARTA - Mulai Jumat (12/7), Djoko Siswanto tak lagi menjabat sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pemberhentian Djoko Siswanto dari jabatannya diumumkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan. Pemberhentian Djoko ini berdasarkan Keputusan Presiden RI 45/TPA/2019 tentang penghentian jabatan di lingkungan ESDM.

Selanjutnya, Djoko Siswanto ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). Djoko menggantikan Saleh Abdurahman yang kini diangkat sebagai staf ahli Kementerian ESDM.

Meski demikian, menurut Jonan, Djoko masih akan merangkap sebagai Dirjen Migas sampai penggantinya diputuskan. Nantinya, jabatan dirjen migas ini akan dilelang secara terbuka.

"Saya sudah mengatakan pada Pak Sekjen (Sekretaris Jenderal ESDM Ego Syahrial) mulai besok memulai lelang jabatan dirjen migas. Sementara ini Pak Djoko masih merangkap sebagai dirjen migas," kata dia di Jakarta, Jumat (12/7).

Pada jabatan barunya sebagai Sekjen DEN, Jonan mengarahkan Djoko untuk memperkuat fungsi DEN. Pasalnya, meski mendapat anggaran sekitar Rp 35 miliar per tahun, DEN seolah tidak menghasilkan apapun. Padahal, DEN dibentuk lantaran memiliki fungsinya. Jonan mengaku juga akan menanyakan ke Presiden Joko Widodo arah fungsi DEN ini.

"Ini (DEN) fungsinya harus jalan. Saya akan tanya ke Presiden ini DEN arahnya kemana. Pak Djoko biasanya keras, ya keras saja supaya DEN ini jalan," pesan Jonan.

Djoko dilantik sebagai Dirjen Migas Kementerian ESDM pada Maret 2018 lalu. Sebelum, Djoko pernah menempati berbagai posisi strategis di berbagai lembaga seperti Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan juga Badan Pengatur Hilir dan Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Djoko sempat menjabat sebagai Direktur BBM BPH Migtas pada 2011-2013. Setelahnya, ia bertugas sebagai Sekretaris BPH Migas pada 2013-2015 dan Direktur Gas Bumi BPH Migas pada 2014-2015. Kemudian Djoko juga pernah menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM pada 2015-2016, serta sebagau Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas pada 2018.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA