Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Warga melintas diantara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Banten. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Warga melintas diantara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Banten. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Pembangunan PLTU Jawa 9-10 Kuatkan Ekonomi Banten

Sabtu, 12 September 2020 | 17:25 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Pemerintah Pusat menempatkan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Banten yang didominasi proyek infrastruktur. PSN ini diyakini dapat mendorong peningkatan ekonomi di Provinsi Banten karena melibatkan ribuan masyarakat lokal, salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 9 dan 10.

Pemerintah Provinsi Banten dan kalangan pengusaha optimistis pembangunan pembangkit ini bisa menjadi solusi atasi pengangguran dan perekonomian daerah yang terpuruk akibat pandemi yang berkepanjangan saat ini.

Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DPD Banten Syaiful Bahri mengatakan pembangunan PLTU baru ini juga membuka celah bagi pengusaha lokal untuk terjun dalam aneka ragam pekerjaan namun ia mengingatkan agar pengusaha daerah juga harus mengevaluasi diri dan menambah skill kompetensi.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan pemerintah daerah agar membuka investasi baru di Banten, investasi juga membutuhkan regulasi yang baik, salah satunya pajak untuk menambah pendapatan asli daerah serta pengetasan pengangguran di daerah.

Inisiasi Pemulihan Ekonomi Provinsi Banten sendiri tengah mengalami kesulitan keuangan, target pendapatan Pemerintah Provinsi Banten tahun 2020 turun atau defisit pendapatan sebesar Rp 1,796 triliun. Terhadap PSN ini, pemerintah Provinsi Banten menegaskan bahwa proyek strategis nasional memprioritaskan warga lokal sebagai pekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Al Hamidi mengatakan penyerapan warga lokal saat ini akan mendorong pendapatan per kapita dengan begitu secara langsung akan mendorong pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19.

“PSN tetap memprioritaskan tenaga lokal dan proyek PSN termasuk PLTU Jawa 9 dan 10 berdampak pada Pendapatan Asli Daerah Banten,” ujar dia dalam siaran persnya yang diterima Investor Daily di Jakarta, Sabtu (12/9).

Sebelumnya, Kelompok Usaha Grup Barito Pacific Tbk menyatakan komitmen mendukung pemulihan ekonomi dalam negeri, salah satunya adalah mendukung terciptanya lapangan pekerjaan di Indonesia ini dilakukan melalui PT Indo Raya Tenaga, konsorsium bersama anak usaha PLN yaitu PT Indonesia Power yang siap menyerap sampai 10 ribu tenaga kerja lokal dan nasional.

Presiden Direktur Barito Pacific Agus Salim Pangestu menyebutkan seluruh tenaga kerja itu akan diserap selama masa konstruksi perusahaan pembangkit listrik 2 x 1000 MW berteknologi maju.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN