Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Listrik PLN. Foto ilustrasi: IST

Listrik PLN. Foto ilustrasi: IST

PLN Tingkatkan Pelayanan 123 Lebih Humanis

Rangga Prakoso, Minggu, 8 September 2019 | 17:03 WIB

JAKARTA, investor.id  - PT PLN (persero) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Bukan hanya mengenai keandalan pasokan namun juga memberikan informasi, serta menangani pengaduan pelanggan melalui contact center 123.

Layanan 123 ini menjadi garda terdepan dalam melayani pelanggan. Masyarakat kini tak perlu lagi datang ke kantor PLN untuk pasang listrik baru, tambah daya listrik, informasi tagihan maupun menyampaikan keluhan.

"Kita create contact center semuanya lewat sini. Membuat PLN semakin dekat dengan pelanggan melalui 123," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Ikhsan Asaad di sela kunjungan 50 perwakilan Contact Center Asia Pacific dan  Pengurus Indonesia Contact Center Association di kantor PLN UID Jakarta, Minggu (8/9).

Ikhsan menuturkan sekitar 1.200 petugas call center siap melayani 72 juta pelanggan PLN. Call center itu tersebar di 9 kota besar yakni Medan, Makassar, Palembang, Surabaya, Jakarta, Denpasar, Balikpapan, Bandung, dan Semarang.

Dia mengungkapkan call center PLN bisa diakses melalui telepon maupun ponsel dengan menekan angka 123. Layanan 123 ini beroperasi selama 24 jam. Petugas call center bekerja secara bergantian (shift). Puluhan ribu panggilan setiap harinya diterima layanan 123. Setiap panggilan ditangani rata-rata kurang dari 3 menit oleh para petugas tersebut.

"Ada kesan contact center seperti robot. Ini kita perbaiki agar lebih humanis. Kami terus berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik," ujarnya.

Dikatakannya layanan 123 pada umumnya menerima pengaduan terkait padamnya listrik. Oleh sebab itu dia menyebut ada peningkatan pelayanan dengan memberikan kepastian bagi pelanggan terkait padamnya listrik tersebut. Kepastian itu berupa informasi mengenai penyebab maupun durasi padamnya listrik tersebut. Selain itu kepastian infomasi tersebut juga bisa diakses melalui media resmi PLN.

Contact center 123 dikelola oleh PT Indonesia  Comnet Plus (Icon+) sejak 2010 silam. Icon+ merupakan anak perusahaan PLN.

General Manager SSU Ketenagalistrikan Icon+ Hermawan Asmoko menuturkan petugas call center 123 terlebih dahulu dibekali pelatihan dalam melayani pelanggan.

Dia mengungkapkan pelanggan di Jakarta bisa saja dilayani petugas 123 yang berada di Bandung atau wilayah lainnya. Hal ini lantaran sistem otomatis mengarahkan panggilan kepada call center daerah lain bila di Jakarta sedang banyak menangani panggilan.

Dia menegaskan pelayanan 123 terus ditingkatkan untuk memuaskan pelanggan.

"Kami terus membuka diri demi perbaikan kualitas pelayanan yang berkelanjutan," ujarnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA