Menu
Sign in
@ Contact
Search

Presiden Hati-Hati Karena Menyangkut Proyek Gas Terbesar

Selasa, 1 Maret 2016 | 15:48 WIB
Oleh Novy Lumanauw dan Retno Ayuningtyas (redaksi@investor.id)

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kehati-hatian Presiden Jokowi beralasan karena menyangkut proyek gas terbesar di dunia. Presiden menegaskan, pengembangan Lapangan Abadi, Blok Masela harus memberikan manfaat bagi pembangunan daerah sekitarnya. Salah satunya yakni dengan menyisihkan petroleum fund guna mendanai pembangunan daerah.


“Kita harus mulai memikirkan petroleum fund, tidak hanya untuk ketahanan energi ke depan, tetapi juga dalam rangka pembangunan sekitar wilayah yang dieksploitasi. Jangan sampai uang semua dipakai sehingga tidak punya uang yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata dia.


Pertimbangan pengembangan regional Indonesia bagian timur disebutnya juga akan menjadi dasar penetapan skema Proyek Masela, apakah menggunakan kilang LNG darat atau laut. Jokowi tidak ingin migas dieksploitasi, tetapi rakyat tidak memperoleh manfaatnya.


Sementara itu, sumber Investor Daily di pemerintahan mengatakan, sebenarnya Presiden Jokowi sudah punya keputusan bahwa pemerintah Indonesia akan mengembangkan lapangan Abadi, Blok Masela dengan skenario pembangunan kilang LNG di darat (on shore).


Menurut sumber, keputusan Presiden itu setelah dilakukan pembahasan

secara menyeluruh dan hati‐hati, dengan memperhatikan masukan dari banyak pihak. Pemerintah sangat memperhatikan multiplier effects serta percepatan pembangunan ekonomi Maluku khususnya, dan Indonesia Timur pada umumnya. (bersambung)


Baca selanjutnya di

http://id.beritasatu.com/home/menteri-esdm-rancang-development-fund/140418

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com