Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Rencana Pembelian Saham Newmont Sejak Pertengahan 2015

Jumat, 27 November 2015 | 15:32 WIB
Investor

JAKARTA- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan rencana pembelian saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) sudah ada sejak pertengahan tahun ini. Namun hingga kini belum ada kepastian terkait kesepakatan pengambil alihan saham tersebut.

"Newmont maupun pemegang saham baru sudah berkomunikasi dengan ESDM sekitar 3-4 bulan lalu," kata Menteri ESDM Sudirman Said di Jakarta, Jumat (27/11).

Sudirman enggan membeberkan pemegang saham baru yang dimaksud. Dia pun tidak mau menjelaskan pemegang saham baru itu ialah pengusaha nasional Arifin Panigoro. Pasalnya rencana akuisisi saham NNT itu masih berlangsung.



"Saya enggak tahu apakah pak Arifin atau bukan (pemegang saham baru NNT)," ujarnya.



Dikatakannya akuisisi saham NNT merupakan kesepakatan business to business. ESDM tidak ikut campur dalam pengambil alihan saham itu. Namun dia menegaskan setelah ada kesepakatan maka harus disampaikan kepada Kementerian ESDM. "Setelah formal, kami kaji kembali. Itu kan belum closed betul masih proses," jelasnya.

Rencana Panigoro membeli saham NNT itu disampaikan kepada Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli pada 25 November kemarin. Panigoro mau mengambil alih 76% saham NNT.



Selain itu Panigoro pun sudah menyiapkan sejumlah rencana pengembangan. Salah satunya adalah komitmennya untuk membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter). Pembangunan smelter langsung digarap begitu proses akusisi tuntas. Diharapkan semua soal teknis akuisisi bisa tuntas pada akhir Desember. Dengan demikian, pembangunan smelter bisa dikerjakan pada awal tahun depan. (rap)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN