Menu
Sign in
@ Contact
Search
Bendungan Asahan yang dikelola INALUM Grup adalah salah satu kelompok MIND ID dari BUMN Indonesia yang telah mengaktifkan keberlanjutan lingkungan dengan pendekatan konsep sirkular ekonomi.

Bendungan Asahan yang dikelola INALUM Grup adalah salah satu kelompok MIND ID dari BUMN Indonesia yang telah mengaktifkan keberlanjutan lingkungan dengan pendekatan konsep sirkular ekonomi.

Strategi Hendi Prio Santoso Bawa MIND ID Jadi Pelopor Dekarbonisasi Di Indonesia

Minggu, 4 Des 2022 | 21:42 WIB
Freddy Wally (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Pemanasan global dan perubahan iklim menjadi fokus dari perserikatan negara-negara di dunia untuk mulai mengambil tindakan nyata. Diperlukan adanya kesepakatan bersama demi menjaga bumi ini dari efek gas rumah kaca (GRK). Hasil kesepakatan ini sendiri telah tertulis dalam Perjanjian Paris, di mana antar negara sepakat untuk membatasi pemanasan global hingga cukup di bawah 2,0 derajat Celsius sampai dengan tahun 2030.

Indonesia menjadi salah satu negara yang turut berkomitmen untuk mencapai upaya dalam membatasi perubahan temperatur hingga setidaknya 1,5 derajat Celsius, karena memahami bahwa pembatasan ini akan secara signifikan mengurangi risiko dan dampak dari perubahan iklim. 

Selain itu, perlu juga ditingkatkan kemampuan beradaptasi terhadap dampak dari perubahan iklim, meningkatkan ketahanan iklim, dan melaksanakan pembangunan yang bersifat rendah emisi gas rumah kaca tanpa mengancam produksi pangan.

Tidak kalah penting, diperlukan juga membuat suplai finansial yang konsisten demi tercapainya pembangunan yang bersifat rendah emisi gas rumah kaca dan tahan terhadap perubahan iklim.

Salah satu Industri yang cukup mengambil peran penting dalam perwujudan ini ialah di sektor Energi dan Pertambangan. Kedua industri tersebut cukup berperan krusial sebagai pemain kunci menjawab kesuksesan target tersebut. 

MIND ID sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan di Indonesia turut mengambil peran untuk menjadi pemain kunci mewujudkan peran Indonesia atas komitmen tersebut. Dibawah Kementerian BUMN dan kepemimpinan Hendi Prio Santoso selaku Direktur Utama MIND ID, strategi keberlanjutan tersebut dengan pelaksanaan program dekarbonisasi diterapkan ke seluruh anggotanya, mulai dari PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), hingga PT Timah Tbk.

“Strategi keberlanjutan disusun sejalan dengan noble purpose dari perusahaan yaitu explore natural resources for civilization, prosperity and a brighter future. Grup MIND ID sendiri bertekad untuk menjadi perusahaan sumber daya alam terintegrasi berkelas dunia yang memiliki komitmen kuat terhadap masyarakat dan lingkungan,” ujar Hendi.

Hendi menambahkan bahwa Corporate Responsibility Framework MIND ID dikembangkan berdasarkan ISO 26000 sebagai prinsip panduan, 10 prinsip pertambangan ICMM sebagai standar kinerja dan SDGs sebagai struktur pengungkapan informasi kepada para pemangku kepentingan.

MIND ID sendiri menyusun strategi keberlanjutan yang terdiri dari 6 pilar, yaitu: Lingkungan dan Perubahan Iklim; Smart Operations; Sumber Daya Manusia; Masyarakat; Pertumbuhan Ekonomi, serta Tata Kelola.

Melalui Pilar Lingkungan, Grup MIND ID juga memastikan bahwa kegiatan operasional Grup MIND ID dilakukan dengan mengutamakan prinsip-prinsip keberlanjutan serta mengedepankan good mining practices saat melakukan aktivitas pertambangan. Hal tersebut dilakukan demi meminimalisir dampak operasional terhadap lingkungan alam baik fauna maupun flora di sekitar wilayah operasional.

“MIND ID selalu memastikan upaya dalam menjalankan penambangan yang bertanggung jawab, dengan berkomitmen pada prinsip-prinsip keberlanjutan serta menggunakan ESG Framework karena hal ini merupakan kunci bagi langkah peradaban dan masa depan bangsa,” tambah Hendi.

Selain itu, MIND ID juga telah menetapkan target penurunan emisi sebesar 1 persen pada 2022. MIND ID tercatat berhasil mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 71 ribu ton CO2e pada tahun 2021.

Komitmen tersebut merupakan representasi dari upaya perusahaan dalam menurunkan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15,8 persen pada tahun 2030 untuk mendukung aspirasi net zero dari pemerintah Indonesia tahun 2060.

"MIND ID menginisiasi keberlanjutan dengan pendekatan konsep sirkular ekonomi, yang diterjemahkan menjadi tiga pilar dekarbonisasi yakni Avoid (menghindari), Reduce (mengurangi), dan Mitigate (memitigasi)," ujar Hendi.

Pilar Avoid merupakan komitmen dari kelompok MIND ID untuk menyediakan, berinvestasi, dan meningkatkan solusi energi rendah karbon di seluruh rantai nilai. Sedangkan pilar Reduce menegaskan perusahaan untuk membatasi emisi sebanyak mungkin, dan Mitigate menegaskan langkah capturing dan offsetting emisi.

“Melalui program keberlanjutan dan strategi dekarbonisasi, MIND ID bersama seluruh anggotanya berkomitmen untuk terus mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Hal ini akhirnya menjadikan kelmpok MIND ID sebagai BUMN Holding Industry Pertambangan di Indonesia sekaligus pelopor program Dekarbonisasi di Indonesia", pungkas Hendi.

Editor : Freddy Wally (freddy.wally@gmail.com)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com