Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi bursa saham eropa. Foto: AFP

Ilustrasi bursa saham eropa. Foto: AFP

Bergerak Fluktuatif, Saham Eropa Ditutup Melemah

Rabu, 24 Februari 2021 | 06:37 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Bergerak fluktuatif, saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Selasa (24/2/2021) waktu setempat. Saham teknologi mengikuti rekan-rekan global mereka kembali tertekan di tengah kekhawatiran atas kenaikan imbal hasil obligasi.

Pan-European Stoxx 600 mengakhiri sesi turun 0,4%. Sektor teknologi merosot 1,8%, memimpin kerugian sementara sektor pengecer naik tipis sekitar 0,9%. Penurunan saham teknologi terjadi di tengah kegelisahan atas suku bunga yang lebih tinggi dan rotasi ke saham yang lebih terkait dengan pemulihan ekonomi.

Di Wall Street, Nasdaq Composite tergelincir di bawah MA 50-hari, indikator teknis utama, untuk pertama kalinya sejak 3 November. Investor mencerna komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Selasa. Powell mengatakan dalam kesaksiannya kepada Kongres bahwa inflasi masih "lemah" dan prospek ekonomi masih "sangat tidak pasti.”

Pernyataan ini mengurangi kekhawatiran akan perubahan kebijakan oleh bank sentral. Imbal hasil obligasi merosot pada hari Selasa setelah komentar Powell yang meredakan kekhawatiran akan perubahan kebijakan dari bank sentral.

Pada hari Senin, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan dalam pidatonya bahwa bank sentral "memantau dengan cermat evolusi imbal hasil obligasi nominal jangka panjang." Imbal hasil obligasi negara Eropa bergerak lebih rendah sebagai tanggapan atas pernyataannya.

Dalam hal pendapatan, HSBC melaporkan pendapatan setahun penuh untuk tahun 2020 yang melampaui ekspektasi, dan mengumumkan pembayaran dividen untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Saham bank sedikit lebih rendah pada penutupan.

Sementara itu, inflasi zona euro naik 0,2% bulan ke bulan pada Januari, Eurostat mengkonfirmasi pada hari Selasa. Angka ini membalikkan tren penurunan harga selama berbulan-bulan.

Langkah pemerintah Inggris untuk keluar dari kebijakan penguncian memiliki pengaruh signifikan pada tindakan harga saham individu. Perusahaan TI perjalanan dan pariwisata Amadeus dan perusahaan perumahan siswa Unite, masing-masing naik 5,9% dan 5,8%.

Pemerintah Inggris mengajukan proposal pada hari Senin tentang bagaimana dan kapan mulai mencabut pembatasan virus korona. Pelonggaran akan bertahap, tetapi pemerintah berencana mencabut semua pembatasan pada 21 Juni.

Indeks blue chip Eropa, produsen alat memasak Jerman Rational turun 9,6% setelah mengeluarkan perkiraan yang lebih lemah dari perkiraan.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN