Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo perusahaan konglomerasi industri Jerman, ThyssenKrupp.  (AFP / INA FASSBENDER)

Logo perusahaan konglomerasi industri Jerman, ThyssenKrupp. (AFP / INA FASSBENDER)

Thyssenkrupp Kehilangan Status Saham Blue-chip

Iwan Subarkah Nurdiawan, Jumat, 6 September 2019 | 08:54 WIB

FRANKFURT AM MAIN, investor.id – Konglomerasi industri Jerman Thyssenkrupp dipastikan terpental dari indeks 30 saham blue-chip Jerman atau DAX 30. Operator Bursa Saham Frankfurt, Deutsche Boerse, melaporkan hal ini Rabu (4/9) malam waktu setempat.

osisi raksasa asal kota Essen tersebut akan diisi mulai 23 September 2019 oleh MTU Aero Engines. Perusahaan ini adalah produsen komponen untuk mesin pesawat.

Thyssen sudah menjadi anggota DAX sejak indeks tersebut terbentuk pada 1987. Posisinya sebagai saham blue-chip makin kuat setelah merger dengan rivalnya, Krupp, pada 1999 dan menjadi Thyssenkrupp.

Namun harga sahamnya merosot lebih dari 60% sejak 2018. Keputusan Komisi Eropa pada Juni 2019, yang menolak merger Thyssenkrupp dengan Tata dari India memperparah kejatuhan harga sahamnya.

“Tentu saja kami kecewa harus keluar dari DAX. Kami sekarang menatap ke depan dan sangat penting untuk membenahi bisnis agar lebih menguntungkan, guna merebut kembali kepercayaan investor,” tutur CEO Thyssenkrupp Guido Kerkhoff, dalam pernyataan kepada AFP.

Analis Metzler Bank Pascal Spano menilai Thyssenkrupp sekarang tak lebih dari bayang-bayang masa lalunya.

Salah satu pertanda adalah karena divisi lift-nya memiliki kapitalisasi lebih tinggi dibandingkan grup usaha secara keseluruhan. Yakni mencapai 14 miliar euro atau setara US$ 15,4 miliar.

Unit usaha tersebut adalah salah satu dari jajaran bisnis Thyssenkrupp, dari kapal selam hingga bahan mentah konstruksi.

Walau Thyssenkrupp sudah merencanakan pecah dua, tapi tetap akan melistingkan unit usahanya yang sangat menguntungkan tersebut.

Sementara bagi MTU, kehadirannya di DAX 30 menegaskan pertumbuhan pesatnya. Kapitalisasi pasarnya naik 20 kali lipat sejak krisis finansial 2008-2009.

Pemasok suku cadang bagi para produsen pesawat penumpang dan militer, seperti Eurofighter dan A400M, ini memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 13 miliar euro. Sekitar dua kali lipatnya Thyssenkrupp dan juga lebih besar dari grup penerbangan nasional Jerman, Lufthansa.

MTU, yang lepas dari BMW sejak pasca-Perang Dunia II, sudah masuk bursa saham sejak 2005. (afp/sn)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN