Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Keju Pecorino produksi Rocca Toscana Formaggi diperlihatkan dalam pameran makanan dan minuman internasional

Keju Pecorino produksi Rocca Toscana Formaggi diperlihatkan dalam pameran makanan dan minuman internasional "TUTTOFOOD" di Milan, Italia, pada 7 Mei 2019. Amerika Serikat (AS) telah merilis daftar produk impor Eropa yang dikenakan tarif dalam perang dagang AS dan Uni Eropa (UE) terkait subsidi pesawat. Daftar perwakilan dagang AS memasukkan 150 produk asal negara di Eropa, khususnya dari Jerman, Prancis, Spanyol, dan Inggris, yang akan dikenakan tarof 25% mulai 18 Oktober 2019. ( Foto: AFP / Miguel MEDINA )

UE-Tiongkok Sepakat Lindungi 200 Produk Ikonik Kawasan

Happy Amanda Amalia, Kamis, 7 November 2019 | 07:54 WIB

BRUSSELS, investor.id – Uni Eropa (UE) dan Tiongkok pada Selasa (5/11) membuat kesepakatan untuk melindungi asal-usul geografis dari 200 produk regional, seperti keju Roquefort atau teh Pu'er. Dengan demikian, mulai saat ini dalam perdagangan antara raksasa global, para konsumen harus percaya bahwa minuman keras berlabel wiski Scotch berasal dari Skotlandia, dan minuman keras Moutai berasal dari Kweichow.

Kesepakatan pemberian label makanan tersebut akhirnya tercapai mengingat kedua belah pihak telah berjuang selama bertahun-tahun untuk membuka jalan atas kesepakatan investasi UE-Tiongkok, yang tertunda lama, menyusul keprihatinan Uni Eropa terhadap kurangnya akses pasar di Tiongkok untuk perusahaan asing dan meratanya subsidi negara.

Kesepakatan yang dicapai itu, artinya kedua belah pihak telah memenuhi janji yang dibuat pada pertemuan puncak Uni Eropa-Tiongkok pada April. Kesepakatan ini pun berhasil diselesaikan selama lawatan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan pejabat Eropa ke Tiongkok.

Komisioner pertanian Uni Eropa Phil Hogan menggambarkan kesepakatan itu sebagai sebuah kemenangan bagi kedua pihak yang akan memperkuat ikatan perdagangan dan melindungi para petani dan konsumen.

“Para konsumen bersedia membayar harga yang lebih tinggi, karena mempercayai asal-usul dan keaslian produk-produk ini, sementara selanjutnya hadiah akan diberikan kepada para petani,” katanya.

Tiongkok adalah pasar terbesar kedua UE untuk ekspor pertanian dan mewakili 12,8 miliar euro antara September 2018 dan Agustus 2019. Kini barang-barang dengan indikator geografis yang dilindungi itu, mewakili 9% dari total tersebut.

Ada pun daftar 100 spesialisasi regional Eropa, kebanyakan mencakup keju, seperti manchego Spanyol dan danablu Denmark, serta minuman anggur dari beberapa daerah Prancis.

Sedangkan dalam daftar 100 kekuatan Tiongkok, minuman anggur beras Shaoxing masuk daftar yang dilindungi, bersama dengan acar pao cai Sichuan dan buah-buahan seperti pomelo madu Tai Po.

Menurut laporan, kesepakatan itu akan mulai berlaku sebelum akhir tahun depan setelah diratifikasi terlebih dahulu oleh para pemimpin negara anggota Uni Eropa dan anggota parlemen. Selain itu, terhitung empat tahun kemudian daftar akan diperluas dengan mencakup 175 produk lainnya dari masing-masing pihak. (afp/pya)


 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA