Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance

Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance

Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance

Sukses adalah Menyebarkan Kebaikan kepada Banyak Orang

Senin, 6 September 2021 | 10:00 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

Jangan pernah merasa sukses! Jangan pula menganggap puncak karier sebagai bukti kesuksesan. Sebab kesuksesan sejati adalah kemampuan untuk mendatangkan kebaikan bagi banyak orang dan memberi manfaat sebesar-besarnya kepada orang-orang sekitar.

Itulah nilai-nilai yang menyertai Ristiawan Suherman selama dua dekade lebih menekuni karier di sektor finansial. Bagi Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) ini, kesuksesan seseorang tidak bisa diukur berdasarkan materi, posisi, jabatan, atau pencapaian kariernya.

“Saya tidak pernah merasa sukses, karena kesuksesan dalam berkarier bukanlah tujuan saya. Tujuan hidup dan karier saya adalah dapat memberikan nilai-nilai positif kepada banyak orang,” ujar pria yang akrab disapa Aris itu kepada wartawan Investor Daily, Prisma Ardianto di Jakarta, baru-baru ini.

Aris selalu menekankan proses, bukan hasil akhir. Ia juga tak pernah mengenal kata gagal dalam hidupnya. Yang ada hanya keberhasilan dan pembelajaran. Artinya, setiap hal yang tidak sesuai harapan akan dijadikan proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil lebih baik di kemudian hari. “Selalu ada nilai positif dari setiap proses yang dilalui,” tegas dia.

Selaras dengan nilai dan prinsip-prinsip tersebut, pria kelahiran Bandung, 21 Maret 1976, ini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi motivator dalam beberapa tahun ke depan. Alasannya sederhana, yakni ingin memastikan dirinya bisa terus menyiarkan nilai-nilai positif kepada banyak orang. "Cita-cita ini mudah-mudahan bisa diwujudkan dalam beberapa tahun ke depan," tutur dia.

Masih seputar nilai-nilai kebaikan, Ristiawan Suherman berupaya agar CNAF, perusahaan pembiayaan (multifinance) yang sudah lima tahun dinakhodainya, berkontribusi lebih signifikan terhadap perekonomian nasional dan berdampak positif bagi masyarakat luas.

"Sebagai salah satu bagian dari ekosistem bisnis otomotif, CNAF dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan bisnis otomotif dan seluruh ekosistemnya di Indonesia," kata dia.

Ristiawan percaya bahwa keberhasilan hanya bisa dicapai dengan kerja keras dan kesungguhan. “Man jadda wa jadda, siapa yang bersungguh-sungguh maka dia pasti akan berhasil. Dalam kehidupan profesional saya, filosofi ini saya wujudkan dengan selalu berdoa, bekerja dengan jujur, bekerja keras, konsisten dan penuh komitmen, serta berpikiran positif terhadap apa pun,” papar dia.

Upaya Aris tidak sia-sia. Di tengah tekanan pandemi Covid-19, CNAF tetap eksis. Anak perusahaan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) ini mampu membukukan pertumbuhan bisnis, baik dari sisi aset, pendapatan, maupun laba bersih.

Bagaimana perjalanan karier Ristiawan Suherman hingga ia memimpin CNAF? Apa strategi yang diterapkannya agar CNAF tetap tumbuh di tengah pandemi? Apa obsesinya? Bagaimana ia memimpin? Berikut penuturan lengkapnya:

Apa yang mendorong Anda bergabung dengan CNAF?

Industri pembiayaan adalah industri yang cukup besar. Industri pembiayaan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional dan memberikan dampak positif kepada masyarakat pada umumnya.

Sebagai salah satu bagian dari ekosistem bisnis otomotif, CIMB Niaga Auto Finance atau CIMB Niaga Finance (CNAF) dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis otomotif dan seluruh ekosistemnya di Indonesia.

Sebagai perusahaan pembiayaan, CNAF juga dapat berkontribusi langsung terhadap perekonomian masyarakat, khususnya bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui berbagai produk dan layanan, salah satunya produk multiguna.

Mengacu pada besarnya potensi untuk membantu perekonomian nasional dan masyarakat, ditambah pengalaman saya selama kurang lebih 17 tahun di bidang keuangan atau perbankan, itu menambah keyakinan saya untuk bergabung dan mengemban tanggung jawab sebagai pimpinan di CNAF.

Nilai tambah yang Anda hadirkan untuk CNAF?

Kecepatan dan simplifikasi atau speed and simplicity yang diintegrasikan dengan digitalisasi adalah value proposition yang saya dorong sejak bergabung di CNAF pada 2016. Terbukti ini berdampak sangat positif terhadap pertumbuhan CNAF dari tahun ke tahun, baik dari sisi aset kelolaan, kesehatan portfolio, maupun kesehatan postur keuangan.

Bahkan, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal 2020 sampai saat ini, strategi perusahaan untuk terus memperkuat value proposition berupa speed and simplicity melalui digitalisasi, terbukti mampu mempertahankan performa perusahaan dengan sangat baik.

Ini dibuktikan oleh berbagai penghargaan yang diraih CNAF pada 2020 dan 2021, antara lain ranking 1 Perusahaan Pembiayaan Berpredikat 'Sangat Baik' kategori aset Rp 1-5 triliun (2021), The Most Innovative Company for The Customer Oriented Digital Service Platform (2021), dan Excellent in Electric Car Financing (2021).

Selain itu, CNAF meraih penghargaan dengan predikat Perusahaan Pembiayaan 'Sangat Baik' kategori aset Rp 2,5-5 triliun (2020), Top 2 Outstanding Financial Performance kategori aset Rp 2-5 triliun (2020), serta Indonesia Best Multifinance Award 2020 for Its Innovation on Digital Finance through Mobile Application (2020). Strategi itu juga telah membawa saya mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia the Most Admire CEO.

Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance
Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance

Obsesi Anda?

Obsesi saya dapat menjadikan CNAF sebagai perusahaan yang paling menguntungkan di industri pembiayaan untuk kategori aset di atas Rp 5 triliun (elite club) pada 2024.

Upaya yang kami lakukan adalah terus mendorong transformasi digitalisasi yang sedang berjalan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan (customer experience), transparansi, kecepatan, dan simplifikasi dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Anda pernah gagal atau merasa gagal?

Tidak ada kata gagal dalam hidup saya, yang ada hanya keberhasilan dan pembelajaran. Maksudnya, setiap hal yang dilakukan namun tidak sesuai harapan akan dijadikan proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di kemudian hari. Selalu ada nilai positif dari setiap proses yang dilalui.

Gaya kepemimpinan Anda?

Gaya kepemimpinan saya adalah informal dalam hubungan komunikasi dua arah dengan seluruh tim untuk memastikan seluruh tim di perusahaan dapat memberikan kinerja dan komitmen. Juga kerja sama di atas rata-rata untuk mendukung perusahaan mencapai visi dan misinya, namun dengan tetap mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas.

Anda juga berani mengambil keputusan-keputusan sulit dalam situasi kritis?

Dalam perjalanan karier profesional, dari pertama sampai memimpin CIMB Niaga Finance, saya selalu menangani produk atau bisnis yang sedang mengalami tantangan berat.

Saya berani memutuskan untuk mengambil risiko dalam menghadapi tantangan tersebut karena saya mempunyai prinsip bahwa dalam tantangan di setiap pekerjaan pasti terdapat kesempatan atau opportunity yang akan berdampak positif terhadap diri saya dan perusahaan. Hasilnya pun terbukti dalam perjalanan karier saya sampai saat ini.

Salah satu bukti nyata dalam pengambilan keputusan yang menantang saat ini adalah memutuskan CNAF untuk tetap tumbuh dari sisi realisasi pembiayaan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Saya lebih melihat pandemi ini sebagai opportunity daripada sebagai hambatan.

Tahun lalu, CNAF mencatatkan total aset kelolaan Rp 5,52 triliun, meliputi on book Rp 2,95 triliun dan off book Rp 2,57 triliun, naik 12,45% dibandingkan 2019 sebesar Rp 4,90 triliun.

Di sisi laba, CNAF membukukan laba bersih Rp 224,81 miliar pada 2020, naik 2,63% dibandingkan 2019 yang mencapai Rp 219,04 miliar. Adapun pendapatan pada 2020 tercatat Rp 854,97 miliar, naik 16,30% dibandingkan 2019 sebesar Rp 735,16 miliar.

Per akhir Juni 2021, total aset CNAF mencapai Rp 4,2 triliun, meningkat 9% secara tahunan (year on year/yoy). Sedangkan aset kelolaan tumbuh 17%, dari Rp 4,99 triliun menjadi Rp 5,85 triliun.

Anda sudah merasa sukses?

Saya tidak pernah merasa sukses, karena kesuksesan (jabatan atau materi) bukanlah tujuan saya dalam berkarier. Tujuan dalam hidup dan karier saya adalah dapat memberikan nilai-nilai positif kepada banyak orang.

Kiat keberhasilan Anda?

Dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari, saya selalu berpedoman pada lima prinsip utama yang selalu saya bawa ke mana pun saya bekerja. Pertama adalah integritas, dengan kata lain bekerja dengan jujur. Kedua yaitu edukasi. Saya senang mengembangkan kemampuan karyawan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ketiga adalah eksekusi, selalu memastikan eksekusi yang maksimal dari setiap karyawan untuk mencapai hasil sesuai rencana kerja yang telah dirumuskan. Keempat yaitu konsistensi. Saya selalu memastikan setiap pencapaian yang baik dari seluruh tim di perusahaan dapat dipertahankan dan berulang.

Terakhir adalah never give-up. Saya selalu berupaya memotivasi seluruh tim di perusahaan agar tidak mudah menyerah terhadap setiap tantangan yang dihadapi untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Lima rumusan prinsip tersebut selalu saya implementasikan di mana pun saya bekerja, baik untuk diri sendiri maupun untuk seluruh tim.

Filosofi hidup Anda?

Filosofi hidup saya adalah man jadda wa jadda. Siapa yang bersungguh-sungguh maka dia pasti akan berhasil. Dalam kehidupan profesional saya, filosofi hidup saya tersebut dapat digambarkan dengan selalu berdoa, bekerja dengan jujur, bekerja keras, konsisten dan penuh komitmen, serta berpikiran positif terhadap apa pun.

Bagaimana Anda menyeimbangkan waktu untuk keluarga dan pekerjaan?

Keseimbangan adalah kunci kebahagiaan seseorang. Setiap malam hari setelah pulang kantor atau di pagi hari sebelum berangkat kantor, selalu ada waktu yang berkualitas yang saya pergunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga.

Pada akhir pekan, saya pergunakan waktu untuk beraktivitas full bersama keluarga, seperti main gim, nonton bareng di rumah, atau sekadar makan siang bersama bila tidak ada aktivitas bersama komunitas motor besar saya.

Peran keluarga dalam mendukung karier Anda?

Saya percaya bahwa keberhasilan seseorang dalam karier tidak terlepas dari dukungan dan doa dari keluarga. Maka dari itu, keluarga berperan sangat penting dalam mendukung karier saya sampai saat ini.

Siapa yang menjadi sumber inspirasi Anda?

Inspirasi saya adalah kedua orang tua saya. Dari merekalah saya belajar bagaimana cara berkarier dengan baik di dunia profesional. Hal yang selalu mereka ajarkan adalah berdoa, bekerja dengan jujur, bekerja keras, dan selalu berpikiran positif dalam kondisi apa pun.***

 

Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance
Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance

 

Antara Motor Besar dan Bulu Tangkis

Di samping memimpin CIMB Niaga Finance, Ristiawan Suherman mendapat kepercayaan memimpin salah satu komunitas motor besar di Indonesia, yaitu Hogers Indonesia.

Pria yang kerap disapa Aris itu dipercaya menjadi Wakil Ketua Hogers Indonesia selama dua periode ( 2018-2020 dan 2020-2022).

Hogers Indonesia memiliki tiga aktivitas utama. Pertama adalah touring ke seluruh tempat pariwisata di Indonesia untuk mendukung perkembangan pariwisata nasional. Kedua yaitu charity, yaitu kegiatan untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap masyarakat sekitar.

Aktivitas ketiga Hogers Indonesia adalah gathering guna memperbesar rasa kebersamaan dan persaudaraan di antara seluruh anggota komunitas.

Namun demikian, selama masa pandemi Covid-19, aktivitas touring dan gathering terpaksa ditunda. Hal itu dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Tetapi perkumpulan Hogers Indonesia tetap mengadakan aktivitas pilar-2, yakni charity. Kami beberapa kali melakukan donasi terhadap garda terdepan penanganan Covid-19, seperti tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit berupa APD (alat pelindung diri) dan peralatan kesehatan lainnya," papar Aris.

Belakangan ini, Aris juga sedang menggandrungi hobi yang sudah lama ditinggalkannya, yakni olahraga badminton, tentu dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Hobi lama ini saya lakukan tiga kali dalam seminggu. Di samping hobi, olahraga badminton dapat meningkatkan imunitas tubuh yang sekarang sangat dibutuhkan agar tidak terpapar Covid-19," ujar Aris. (pri)

Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance
Ristiawan Suherman, Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance

 

Biodata

Nama lengkap: Ristiawan Suherman.

Tempat/tanggal lahir: Bandung, 21 Maret 1976.

Pendidikan: Diploma Manajemen Proyek, STIA LAN (1997).

Karier:

• Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance (2016-sekarang).

• Auto & Personal Loan Business Head dan Mortgage Sales Head PT Bank CIMB Niaga Tbk (2012-2016).

• Head of Credit Card & Personal Loan Sales and Acquisition Management PT Bank Permata Tbk (2010-2012).

• Consumer Finance Sales Head Citibank Indonesia (2006-2010).

• Senior Manager - Branch Manager PT GE Finance Indonesia (1999- 2006).

 

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN