Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
David Wibowo (ist)

David Wibowo (ist)

David Wibowo, Presiden Direktur Nava+ Group

Memimpin adalah Melayani

Senin, 13 September 2021 | 13:17 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

Kesuksesan tak selalu tegak lurus dengan latar belakang pendidikan, sejalan dengan cita-cita, atau sesuai rencana. Banyak orang sukses karena kebetulan. Tak sedikit pula akibat 'kecelakaan'.

David Wibowo adalah salah satunya. Ia menekuni industri komunikasi karena 'kecelakaan'. Menimba ilmu di luar negeri hingga meraih gelar sarjana dan master teknik elektrik dan elektro, David malah kepincut industri komunikasi yang dianggapnya lebih dinamis, lebih menantang, dan lebih punya gairah (passion).

Ketertarikan David Wibowo pada industri komunikasi berawal dari hal  sepele. “Suatu hari, saya melihat papan reklame di pinggir jalan. Sejak itu, saya menganggap karier di bidang periklanan lebih menarik daripada bidang teknik,” tutur Presiden Direktur Nava+ Group itu kepada wartawan Investor Daily, Imam Suhartadi di Jakarta, baru-baru ini.

Meski terjun ke industri komunikasi akibat 'kecelakaan', David Wibowo tak setengah-setengah menekuni bidang tersebut. Ia masuk secara total. Berkat kerja keras, keuletan, dan dukungan timnya, David berhasil membawa Nava+ Group menjadi salah satu perusahaan komunikasi terintegrasi yang diperhitungkan di Tanah Air.

Kesuksesan Nava+ Group tak lepas dari gaya kepemimpinan David Wibowo. Lewat pendekatan dari hati ke hati dan bersifat melayani, ia berhasil membangun tim yang solid.

Bagi David, melayani dan menjalin hubungan secara personal dengan para karyawan adalah salah satu unsur yang paling menentukan dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan. Sebab teamwork yang kuat hanya bisa dibangun jika pemimpin dan bawahan bisa saling memahami dan saling percaya.

“Saya memiliki kemampuan untuk hal-hal detail dan pendekatan secara langsung. Saya juga mempraktikkan open door policy. Saya punya prinsip bahwa memimpin itu harus melayani,” ujar dia.

David Wibowo memang pemimpin yang mengutamakan kebersamaan. Itu sebabnya, ia selalu menekankan nilai-nilai kolektivitas di perusahaan yang dinakhodainya. “Saya benar-benar percaya bahwa kami kuat dan akan lebih kuat jika bersama. NAVA+ Group harus kuat sebagai satu kesatuan,” tegas dia.

Di luar itu semua, kekuatan David Wibowo sesungguhnya terletak pada kemampuannya dalam memantapkan tekad dan tetap fokus pada satu tujuan. Inilah yang antara lain membuat David tidak setengah-setengah dalam menekuni karier, meski bidang yang digelutinya tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. “Saya selalu berupaya memantapkan tekad dan memegang teguh komitmen untuk fokus pada tujuan,” kata David.

David Wibowo adalah eksekutif yang mengutamakan keseimbangan antara kehidupan keluarga, karier, dan kehiduan bermasyarakat. Ia menganggap ketiganya saling berkaitan dan tak bisa dipisahkan.

“Saya seorang pria yang berorientasi kepada keluarga, namun karier saya juga merupakan hal yang penting untuk kesejahteraan keluarga. Keluarga adalah tempat saya menemukan keseimbangan,” papar dia.

Apa lagi strategi yang diterapkan David Wibowo untuk memajukan NAVA+ Group, termasuk di tengah pandemi? Bagaimana ia melihat peran dan posisi karyawan di perusahaan? Apa mimpi yang ingin ia wujudkan? Berikut petikan lengkapnya:

Bisa dijelaskan apa itu NAVA+ Group?

NAVA+ Group adalah a house of brands, a house of specialists. Dimulai sebagai agensi tunggal pada 1991 yang berkembang seiring waktu, kami membentuk NAVA+ Group. Proposisi nilai kami adalah konversi konsumen di semua channel, melalui berbagai brand di NAVA+ Group yang bekerja sendiri-sendiri atau secara bersama-sama.

Iris sebagai agency peraih penghargaan adalah merek unggulan kami untuk ranah brand communication, di mana kreativitas adalah kekuatan pendorong dalam apa pun yang kami lakukan. Iris Jakarta adalah bagian dari Iris network yang saat ini terdapat di 17 negara di seluruh dunia.

Activation merupakan salah satu layanan kuat dari Iris, bersama Advis sebagai brand trade marketing yang mencakup end to end commercial activation, mulai dari event, sampling, sales support, dan customer service, termasuk CRM, community marketing, digital, dan PR. Semuanya didukung oleh cara kerja dengan teknologi dan berbasis data yang memungkinkan NAVA+ Group tetap relevan untuk jangka panjang.

Bagaimana ceritanya sampai Anda berkarier di industri komunikasi?

Saya memiliki gelar insinyur dan masuk ke industri komunikasi adalah sebuah accident saat memulainya. Pada suatu hari saya melihat papan reklame di pinggir jalan. Saya melihat bahwa industri periklanan adalah karier yang lebih menarik daripada di teknik. Sejak itu, saya terus melangkah maju.

Saya telah menghabiskan tiga dekade di industri ini dan pekerjaan ini membuat saya sangat bahagia. Tentunya ada berbagai tantangan yang dihadapi, tetapi pengusaha mana yang tidak mengalami masa-masa sulit?

Untungnya, saya diberi kesempatan untuk mulai membangun agensi lokal kecil, yang lama-lama berkembang dengan cara bermitra bersama tiga jaringan global, Nava+ Group menjadi salah satu grup komunikasi terkemuka di Indonesia. Saat ini, NAVA+ Group menawarkan komunikasi pemasaran dan layanan dukungan lengkap untuk konsumen atau klien kami.

David Wibowo (ist)
David Wibowo (ist)

Kiat Anda mencapai kesuksesan?

Saya selalu berupaya memantapkan tekad dan komitmen untuk fokus pada tujuan. Juga memiliki tim yang tepat dengan nilai dan visi yang sama untuk mendukung bisnis di berbagai tahap pengembangan. Hal itu juga berarti mengidentifikasi bakat yang tepat dan mendapatkan yang terbaik dari mereka.

Setelah tim dan infrastruktur siap, kami perlu memiliki konsistensi dan stabilitas untuk mencapai pertumbuhan. Kemampuan untuk mengelola keuangan di kalangan top management sangatlah penting dalam sebuah kesuksesan bisnis dan memiliki kemampuan untuk turut mengelola dan menghitung numbers merupakan nilai tambah dari mereka.

Sekali lagi, saya memiliki gelar insinyur, dan masuk ke industri komunikasi adalah sebuah accident saat memulainya. Namun sekarang menjadi sebuah hal yang tidak bisa ditinggalkan dan semoga nanti bisa menjadi sebuah peninggalan yang baik.

Gaya kepemimpinan yang Anda terapkan?

Saya memiliki kemampuan untuk hal-hal detail dan pendekatan secara langsung. Saya mencoba mempraktikkan kepemimpinan yang bersifat melayani dan percaya bahwa saya perlu membangun hubungan dengan karyawan dan mengenal mereka secara individu atau personal. Saya juga mempraktikkan open door policy. Menurut saya, pemimpin itu harus melayani.

Arti karyawan bagi Anda?

Kami berada dalam bisnis yang melibatkan orang dan mereka adalah alasan dari keberhasilan perusahaan. Terlepas dari mobilitas tinggi yang ada di industri ini, saya sangat berterima kasih kepada tim kami, yang telah bersama kami dalam jangka waktu panjang terus memberikan stabilitas dan konsistensi bagi perusahaan.

Strategi yang Anda terapkan agar Nava+ terus bertumbuh, termasuk di tengah pandemi Covid-19?

Kami memiliki generalist dan specialist untuk memberikan solusi bagi klien kami. Memiliki orang-orang yang berasal dari latar belakang dan industri berbeda, juga memiliki naluri bisnis, sehingga dapat memberikan perspektif dan cara kerja yang baru dan segar.

Pandemi membuat kami rendah hati dan beradaptasi dengan perubahan sebagai hal yang terus terjadi.  Kami perlu memiliki kerja sama tim yang kuat dan gesit untuk merespons perubahan.

Klien mencari cara baru dalam menjalankan bisnis mereka selama pandemi dan kami memberikan inisiatif melalui kekuatan internal dan ketangkasan kami. Dengan situasi kerja dari rumah, tim kami telah memberikan lebih banyak akuntabilitas dan produktivitas.

Nilai-nilai yang Anda tanamkan di perusahaan?

Saya benar-benar percaya bahwa kami kuat dan akan lebih kuat jika bersama. NAVA+ Group juga kuat sebagai satu kesatuan. Tim kepemimpinan kami memiliki semangat kewirausahaan yang kuat. Hal itu kami terus berdayakan untuk mengelola unit bisnis atau brand, mendukung tujuan, dan rencana tahunan direksi.

Filosofi hidup Anda?

Saya pikir kita harus walk the talk dan berkomitmen pada apa yang kita katakan. Bagi saya, memiliki keseimbangan dalam kehidupan dan kerja adalah ketika kita menikmati dan menemukan kepuasan dalam apa yang kita lakukan, di tempat kerja atau di rumah.

Mimpi yang masih ingin Anda wujudkan?

Saya ingin mewariskan sebuah peninggalan yang bermakna melalui perusahaan yang telah saya bangun. Menjadikan perusahaan yang paling berpengaruh bagi industri dan klien.

Bagaimana Anda menyeimbangkan waktu antara pekerjaan, keluarga, dan bermasyarakat?

Saya pikir mereka semuanya saling berkaitan dan hal yang terbaik untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah memberikan dampak baik secara langsung maupun tidak langsung. Saya seorang pria yang berorientasi kepada keluarga, namun karier saya juga merupakan hal yang penting untuk kesejahteraan keluarga.

Keluarga adalah tempat saya menemukan keseimbangan, melihat anak-anak saya tumbuh menjadi individu yang produktif saat mereka dewasa. Istri sebagai co-pilot saya dan dia adalah salah satu alasan saya menemukan keseimbangan. ***

David Wibowo (ist)
David Wibowo (ist)

Membangun Karakter lewat Golf

David Wibowo menggandrungi olahraga golf. Tak mengherankan jika sebelum pandemi Covid-19 merebak, ia hampir selalu mengisi akhir pekan dengan bermain golf. Ia juga menjadikan olahraga golf sebagai ajang untuk bersosialisasi.

“Bermain golf tidak sekadar olahraga dan menyalurkan hobi belaka,” kata David yang kini tak bisa menyalurkan hobinya akibat pandemi.

Menurut David, golf membantu membangun karakter dirinya untuk berjuang dan berhasil dalam hidup. Kesabaran dan konsentrasi menjadi poin utama yang harus dimiliki pegolf.

“Golf adalah hiburan saya di akhir pekan ataupun saat melakukan me-time. Selain untuk kesehatan, golf membangun karakter dan tekad saya untuk dapat berhasil dalam hidup,” ujar dia.

Yang pasti, olahraga golf sangat bermanfaat dari sisi kesehatan. Berolahraga golf membuat tubuh lebih bugar karena paru-paru mendapat udara segar dan pikiran menjadi lebih rileks. Dengan demikian, tubuh menjadi sehat, imunitas terjaga, dan terhindar dari serangan penyakit.

“Karena ada di luar ruangan, seorang pemain golf mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dengan menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari, ia mendapat asupan vitamin D. Pemain golf juga bisa menikmati pemandangan indah lapangan golf,” papar dia. (is)

 

Biodata

Nama Lengkap: David Wibowo.

Karier:

- Presiden Direktur Nava+ Group (April 1991 – sekarang).

Pendidikan

- Sarjana Teknik Elektrik dan Elektro University of California, Sandiego, AS.

- Master Teknik Elektrik dan Elektro University of Michigan, Ann Arbor, AS.

 

 

 

 


 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN