Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Shinichi Matsumoto, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia  (foto: ist)

Shinichi Matsumoto, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia (foto: ist)

Shinichi Matsumoto, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto)

Tekun untuk Menang

Kamis, 14 April 2022 | 12:34 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Persevere to win alias tekun untuk menang! Itulah filosofi yang dijalankan Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto), Shinichi Matsumoto dalam kehidupan sehari-harinya. Persevere to win digambarkan sebagai ketabahan dalam melakukan sesuatu demi mencapai kesuksesan.

Filosofi ini mengajarkan Matsumoto untuk terus-menerus berusaha keras mencapai sukses meskipun dihadapkan pada kesulitan atau kegagalan. Ketekunan itu juga diwujudkan pria kelahiran 6 Maret 1968 ini lewat komitmen Ajinomoto untuk mendampingi masyarakat Indonesia dalam memberikan yang terbaik walaupun berada di tengah pandemi Covid-19.

“Kami tetap berkontribusi pada perpanjangan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dengan menyediakan produk dan layanan kesehatan serta gizi, juga berkontribusi kepada masyarakat Indonesia dengan memperhatikan lingkungan,” ujar dia.

Mau tahu langkah-langkah apa saja yang diambil Matsumoto dalam kontribusi Ajinomoto di masyarakat Indonesia? Berikut penuturan lengkap Shinichi Matsumoto kepada wartawati Investor Daily, Happy Amanda Amalia di Jakarta, belum lama ini.

Sudah berapa lama Anda tinggal di Indonesia?

Saya telah bekerja di Indonesia selama tiga tahun, dari 2014 hingga 2017. Lalu saya sempat pulang ke Jepang, dan kembali lagi ke Jakarta pada April tahun lalu. Saya senang bisa kembali ke Indonesia lagi.

Kesan pertama Anda tentang Indonesia?

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia dan Jepang telah menjalin hubungan baik sejak lama. Saya juga merasa orang Indonesia memiliki kepribadian yang sangat hangat dengan senyumnya yang manis.

Sejak kapan Anda memimpin Ajinomoto Indonesia?

Sudah hampir 10 bulan. Itu menjadi bulan-bulan yang mengesankan bagi saya. Saya senang dapat bekerja sama sebagai tim Ajinomoto Indonesia Group yang terdiri atas 3.600 lebih karyawan.

Bagaimana perjalanan sejarah Ajinomoto di Indonesia?

Ajinomoto Indonesia Group – merupakan bagian dari perusahaan global Ajinomoto Group – telah hadir di Indonesia sejak 1969. Saat ini Ajinomoto Indonesia Group terdiri atas PT Ajinomoto Indonesia, PT Ajinomoto Sales Indonesia dengan tiga kantor cabang penjualan di Jakarta, Surabaya, dan Medan; PT Ajinex Internasional, serta PT Ajinomoto Bakery Indonesia (ABI). Saat ini Ajinomoto juga memiliki tiga pabrik di Mojokerto, Karawang (KIIC), dan Karawang Timur (ABI).

Lebih dari 50 tahun mendampingi keluarga Indonesia, kami berkomitmen untuk berkontribusi pada kebahagiaan seluruh pemangku kepentingan melalui solusi-solusi kami yang berfokus pada kelezatan, kesehatan, dan kualitas tinggi dengan dasar keberlanjutan. Hal ini sejalan dengan tujuan pendiri Ajinomoto, Dr. Kikunae Ikeda yang menemukan rasa umami.

Beliau menemukan bahwa komponen utama umami adalah asam glutamat, salah satu dari asam amino. Menciptakan bumbu lezat dengan harga terjangkau dan mengubah makanan sederhana namun bergizi menjadi makanan lezat. Kami terus berkembang menjadi perusahaan makanan nomor satu di Indonesia yang ramah lingkungan global, memberikan kesehatan dan senyum melalui produk-produk, serta pelayanan yang melampaui harapan para pelanggan.

Menjalani usianya yang lebih dari setengah abad, PT Ajinomoto Indonesia semakin memperkuat komitmennya mendampingi masyarakat Indonesia dalam memberikan yang terbaik walaupun berada di tengah pandemi.

Visi dan misi Ajinomoto Indonesia?

Hadir di Indonesia sejak 1969, Ajinomoto Indonesia Group berpegang pada Ajinomoto Share Value (ASV) yang berfokus pada pilar kesehatan dan kesejahteraan, sumber daya pangan, dan keberlanjutan global.

Ajinomoto terus berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia, dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan kebiasaan makanan (dietary habits) dan penuaan (aging) melalui kontribusi untuk perbaikan dalam makanan, kesehatan, dan kehidupan yang bermanfaat.

Kemudian lewat slogan globalnya Eat Well, Live Well, Ajinomoto ingin terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan bisnis ramah lingkungan?

Tak hanya produk makanan, Ajinomoto juga berkomitmen menjaga lingkungan. Pada salah satu pabriknya di Mojokerto, Ajinomoto berhasil mengurangi penggunaan air hingga 35% yang kemudian mengembangkan inisiasi pemeliharaan lingkungan melalui peningkatan pengelolaan air limbah (waste water management improvement). Pabrik yang berada di Jawa Timur itu juga selalu menerapkan kegiatan reduce, reuse, recovery, dan recycle untuk sebagian besar aktivitas pabrik.

Untuk udara yang lebih baik, Ajinomoto berpartisipasi dalam menurunkan tingkat emisi karbon di Indonesia dengan mengurangi 38.500 ton CO2 (emisi karbon) dengan mengurangi konsumsi bahan bakar seluruh transportasi di tempat kerja, memangkas penggunaan tenaga listrik, dan mengatasi kebocoran uap pada peralatan produksi. Seperti yang kita tahu, emisi karbon merupakan salah satu penyumbang pencemaran udara yang berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan.

Kesehatan lingkungan sekitar ikut menjadi hal terpenting dari tahun ke tahun, karena kualitas hidup manusia sangat bergantung dari seberapa bersihnya ekosistem di sekitar. Jumlah sampah plastik yang dari tahun ke tahun terus menumpuk menjadi masalah yang harus dituntaskan berbagai pihak.

Menyoroti masalah ini, Ajinomoto juga turut mengambil langkah konkret. Merek Aji-No-Moto, yang lekat dengan keseharian keluarga Indonesia, ikut berkontribusi mengatasi permasalahan penumpukan sampah plastik dengan mengurangi hingga 30% penggunaan material plastik di kemasannya. Pengurangan penggunaan material plastik juga diikuti merek Masako secara bertahap mulai Oktober 2021.

Tantangan Anda selama berkarier di Ajinomoto?

Kami memiliki karyawan yang sangat berbakat. Jadi, saya pikir tidak ada masalah di internal. Di sisi lain, ada pesaing besar di negara ini. Jadi, kami perlu membuat strategi kompetitif.

Ada target jangka pendek dan jangka panjang untuk Ajinomoto Indonesia?

Tidak ada jangka pendek maupun jangka panjang. Tetapi kami berkontribusi pada perpanjangan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dengan menyediakan produk dan layanan kesehatan serta gizi, juga berkontribusi pada masyarakat Indonesia dengan memperhatikan lingkungan.

Itu sejalan dengan visi Ajinomoto global, di mana kami berkomitmen membantu memperpanjang harapan hidup sehat 1 miliar orang di seluruh dunia pada 2030. Ajinomoto juga terus memperkuat langkahnya dalam melestarikan lingkungan, dengan berkomitmen mengurangi dampak lingkungan hingga 50%, sekaligus meningkatkan kinerja bisnis. Kami percaya bahwa tindakan kolektif dan kerja sama tim yang baik adalah penting untuk mewujudkannya.

Strategi Anda untuk mewujudkan itu semua?

Secara menyeluruh, kami secara konsisten menjalankan aktivitas dasar dan tetap disiplin. Merek kami, Masako, sebagai bumbu penyedap rasa, telah laris di pasaran, sehingga kami memiliki kemungkinan ekspansi investasi.

Dampak Covid-19 terhadap kinerja bisnis Ajinomoto Indonesia?

Era pandemi telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah skala prioritas kesehatan. Di masa pandemi, masyarakat tinggal di rumah dengan mengolah makanannya sendiri. Orang-orang juga mengurangi waktunya untuk makan di luar. Itu sebabnya, jumlah pembelian kebutuhan dapur rumah meningkat selama pandemi, termasuk bahan masakan dan bumbu.

Di beberapa marketplace, jumlah penjualan produk kami juga meningkat. Aktivitas memasak di rumah sudah menjadi kebiasaan baru. Karena itulah terjadi peningkatan jumlah penjualan produk retail Ajinomoto. Di sisi lain, pasar katering dan restoran mengalami penurunan. Semua karyawan melakukan banyak upaya di bawah protokol Covid-19. Karena itu, kami tidak terpengaruh apa pun dalam produksi saat ini.

Anda tipe pemimpin seperti apa?

Memang tidak ditentukan khusus, tetapi saya mencoba menerapkan manajemen “satu tim”, di mana semua karyawan dapat berbicara secara terbuka, tanpa ragu-ragu dan “tersenyum”.

Obsesi pribadi Anda?

Saya memang memiliki tujuan karier yang jelas. Tetapi maaf, saya tidak dapat membagikan detailnya saat ini. Terima kasih atas pengertiannya. Untuk menjalani setiap hari sepenuhnya adalah tujuan saya sehari-hari.

Siapakah tokoh yang menginspirasi perjalanan hidup Anda?

Salah satu hobi saya adalah membaca novel sejarawan Jepang. Dari situ ada tokoh yang sangat saya hormati, yaitu leyasu Tokugawa. Dia adalah toko bersejarah sebagai pendiri Keshogunan Edo.

Hubungan Anda dengan keluarga dan pekerjaan?

Saya mencoba untuk menerapkan pola tidur yang teratur. Selama WFH (work from home), saya selalu jogging selama 30 menit setiap hari dan meluangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan keluarga saya.

Hobi Anda?

Hobi saya adalah bermain golf dan biasanya membaca buku untuk menghilangkan stres.

Apa filosofi hidup Anda?

Persevere to win alias tekun untuk menang. Filosofi ini mengajarkan untuk terus-menerus berupaya melakukan atau mencapai sesuatu meskipun dihadapkan pada kesulitan atau kegagalan.

Cara Anda bangkit dari kegagalan?

Ada kalanya saya mengalami kegagalan. Namun, seperti filosofi yang saya sebutkan sebelumnya, Tekunlah atau bersabarlah untuk menang. Karena itu, bila gagal, saya akan berusaha lebih dari yang lain.

Bagaimana Anda melihat hidup yang sedang Anda jalani?

Saat ini, situasinya parah di bawah Covid-19. Tapi pertengahan tahun ini, mudah-mudahan sudah lebih baik. Saya kira, para pelanggan akan lebih tertarik pada masalah kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, kita perlu mengubah ide tetap dan beradaptasi dengan cepat untuk mendapatkan solusi terbaik, dan saya ingin memimpin dalam menangani dua masalah ini. ***


Mengagumi Bhinneka Tunggal Ika

Tidak berlebihan rasanya jika Shinichi Matsumoto Matsumoto mengaku bahagia dapat kembali menginjakkan kakinya di Indonesia. Sekitar 10 bulan pertama memimpin Ajinomoto Indonesia merupakan bulan-bulan paling mengesankan bagi dirinya.

“Orang Indonesia sangat sopan dan santun. Menurut saya, orang-orang Indonesia yang saya kenal adalah orang yang paling baik dan ramah yang pernah saya temui. Karenanya, saya senang berada di sini,” ujar dia.

Matsumoto juga mengagumi keberagaman masyarakat Indonesia yang diwujudkan dalam Bhinneka Tunggal Ika. Bagi dia, itu adalah semboyan yang luar biasa.

“Masyarakat Indonesia tersebar di sekitar 16.000 pulau dan mereka berbicara kepada kami, orang Jepang, dengan membawa nilai budayanya masing-masing. Bahkan, saya merasakan energi dan semangat yang tinggi ketika berjumpa dan berbicara dengan mereka di banyak kota yang saya kunjungi,” tutur dia. (pya)

Shinichi Matsumoto, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia  (foto: ist)
Shinichi Matsumoto, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia (foto: ist)

Biodata

Nama lengkap : Shinichi Matsumoto.

Tempat, tanggal lahir : Jepang, 6 Maret 1968

Pendidikan:

1990 : Menyandang gelar B.A. of Law dari Waseda University, Tokyo

Karier:

Juni 2021 – sekarang : Corporate Executive Ajinomoto Co., Ltd

April 2021 – sekarang : President Director PT Ajinomoto Indonesia.

Juli 2017 : Deputy General Manager, Sauce & Seasoning dept. Food Products Division in HQ

Juli 2014 : Vice President Director, PT. AJINOMOTO INDONESIA

Juli 2014 : President Director, PT AJINOMOTO SALES INDONESIA

Juli 2012 : General Manager, Marketing Affairs, Overseas Foods and Seasoning Business dept. Food Products Division in HQ

Juli 2006 : Associate General Manager, Planning Affairs, Consumer Processed Foods and Seasoning Business dept. Food Products Division in HQ

Juli 2001 : Brand manager, “Amino Vital” (amino acids supplement) Marketing dept. in HQ

Juli 1996 : Dipindahkan ke kantor pusat Ajinomoto (HQ/headquarter), belonged Advertising dept. in HQ

April 1990 : Bergabung dengan AJINOMOTO Co., Ltd, pada Departemen Penjualan (Sales) di kantor cabang Nagoya, Jepang.


 


 


 


 


 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN