Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Utama PT UOB Asset Management Indonesia Ari Adil

Direktur Utama PT UOB Asset Management Indonesia Ari Adil

Mungki Ariwibowo Adil, Direktur Utama PT UOB Asset Management Indonesia (UOBAMI)

Kejujuran Awal dari Perilaku Positif

Selasa, 20 September 2022 | 10:57 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

Dengan selalu berusaha jujur, hidup kita akan lebih tenang dan memberikan pengaruh positif dalam kehidupan kita”

Berkat kejujuran Mungki Ariwibowo Adil atau disapa Ari Adil sukses menggapai posisi sebagai direktur utama PT UOB Asset Management Indonesia (UOBAMI). Bagi dirinya, kejujuran merupakan awal dari berbagai perilaku positif lainnya, sehingga kejujuran hendaknya dimulai dari diri sendiri.

Dia mengatakan, dengan memiliki prinsip ini, hidup bisa dioptimalisasi. Kejujuran juga bisa membuat kita lebih semangat dan membuat terus berpikir secara visioner, berani mengambil resiko untuk mencapai kesuksesan, dan belajar beradaptasi terhadap segala keadaan yang berubah dengan cepat.

“Dengan selalu berusaha, kita dapat mengoptimalkan apa yang kita punya untuk mencapai tujuan. Walaupun hasil akhir dari usaha kita bergantung terhadap izin Tuhan. Yang terpenting adalah kita sudah berusaha,” ujarnya.

Ari Adil yang menerapkan kepemimpinan terbuka dengan memfokuskan manusia (people) guna menciptakan kerja tim yang kuat tersebut telah memiliki segudang pengalaman di berbagai perusahaan manajer investasi. Pria bergelar Master of Commerce dari The University of Sydney ini juga telah berkarir di berbagai negara, seperti Australia, Singapura, dan terakhir di Indonesia.

Seperti apa perjalanan hidup Ari Adil? Hal apa yang memotivasinya? Bagaimana ia menjalankan visi dan misi di UOBAMI? Berikut penuturan lengkapnya, di Jakarta, baru-baru ini:

Bisa Anda ceritakan perjalanan karir?

Setelah lulus dengan gelar Master of Commerce dari The University of Sydney tahun 2001, saya mulai berkarir di perusahaan jasa keuangan milik Westpac Group di Sydney, Australia. Selanjutnya tahun 2003, saya kembali ke Jakarta dan bekerja di PT Danareksa Investment Management sampai dengan tahun 2007 sebagai structured product manager. Kemudian, saya pindah ke Singapura dan bekerja di Bank Julius Baer pada 2007 sebelum akhirnya saya kembali ke Jakarta sebagai Direktur di PT Julius Baer Advisors Indonesia, anak perusahaan Bank Julius Baer sampai dengan tahun 2010. Saya kemudian melanjutkan karir di Citibank Indonesia pada tahun 2010-2013. Karir saya berlanjut ke PT Mandiri Manajemen Investasi tahun 2013-2017 dengan posisi Senior Executive Vice President, Head of Product & Business Development.

Setelah malang melintang di perusahaan investasi, saya memberanikan diri mendirikan PT Jagartha Penasihat Investasi, yaitu perusahaan yang mendapatkan izin sebagai penasihat investasi dari regulator. Kemudian, pada tahun yang sama saya berperan dalam mendirikan Asosiasi Penasehat Investasi Indonesia (APII), asosiasi bagi seluruh perusahaan dengan izin penasihat investasi di Indonesia sekaligus menjadi ketua APII sampai saat ini. Kemudian, sejak pertengahan tahun 2020, saya diangkat sebagai Direktur Utama UOBAMI, perusahaan manajer investasi yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh UOB Asset Management Ltd.

Apa alasan Anda memilih profesi saat ini?

Pada saat kuliah, beberapa kali saya menonton film mengenai dunia investasi dan juga membaca buku-buku tentang investasi, sehingga akhirnya saya memutuskan untuk berkarir di dunia investasi sejak selesai kuliah. Semakin saya mendalami dunia investasi, saya semakin merasakan kegunaan berinvestasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berkarir di dunia investasi, saya memiliki kesempatan untuk dapat memanfaatkan ilmu investasi, baik secara teori maupun praktek untuk mencapai tujuan kehidupan di masa depan. Tidak hanya untuk pribadi dan keluarga, saya juga berharap dapat turut membantu untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui edukasi investasi yang saya dan tim berikan.

Kiat apa yang Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam meniti karir dan mengelola perusahaan?

Saya memiliki tiga poin penting yang diimplementasikan dalam berkarir dan memimpin perusahaan, yaitu selalu berinovasi dan mencari pengalaman baru, terus belajar untuk terus meningkatkan kompetensi, serta terakhir memperluas jaringan (network).

Apa kiat kepemimpinan Anda (cara menyelesaikan persoalan di kantor, gaya kepemimpinan,cara menjalin komunikasi dengan bawahan, dan lain-lain)?

Fokus terhadap manusia (people). Manusia merupakan modal terpenting bagi perusahaan. Kepemimpinan yang mengedepankan people adalah kepemimpinan yang terbuka, sehingga dapat mendorong terciptanya kerja tim yang lebih kuat. Kepemimpinan yang terbuka akan memberikan kesempatan bagi setiap anggota tim untuk berani memberikan pendapat, termasuk pendapat yang mungkin berbeda dengan mayoritas. Dengan selalu mendengar dan memberikan kesempatan bagi setiap anggota tim, semua pihak dapat belajar hal baru yang konstruktif untuk mengambil keputusan akhir dan dapat menganalisis potensial problem yang mungkin terjadi. Melalui komunikasi terbuka, kita juga dapat terus mendorong tim untuk selalu berinovasi melakukan hal yang lebih baik setiap saat. Kita perlu mengerti setiap orang memiliki gaya dan pandangan berbeda satu sama lain, sehingga perbedaan tersebut dapat dijadikan aset untuk kinerja tim yang lebih baik.

Apa strategi Anda untuk memajukan perusahaan (upaya meningkatkan kinerja, meningkatkan jumlah produk reksa dana hingga AUM, termasuk menambah jumlah investor)?

Saya selalu berinovasi. Sebagai perusahaan manajer investasi yang baru hadir di Indonesia akhir tahun 2019, saya menilai pentingnya menyediakan produk dan solusi yang “standout” untuk menjawab kebutuhan pasar. Untuk mencapainya, diperlukan semangat untuk berinovasi dalam rangka menjawab kebutuhan investor. Salah satunya, mengedepankan strategi investasi yang berkelanjutan (sustainability investment) yang tidak hanya bisa memberikan profit jangka panjang kepada investor, namun sekaligus berkontribusi untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Sustainability Investment menyeimbangkan investasi fundamental tradisional dengan mengintegrasikan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) untuk meningkatkan kinerja jangka panjang. CFA Institute menyebutkan bahwa Sustainability Investment juga memastikan bahwa perusahaan tidak hanya dinilai berdasarkan keuntungan finansial jangka pendek tetapi pada gambaran yang lebih luas tentang apa dan bagaimana mereka berkontribusi pada masyarakat.

UOB Asset Management Ltd adalah salah satu perusahaan manajer investasi pertama di Singapura yang bergabung dalam Principles for Responsible Investment (PRI). UOB Asset Management Ltd menyediakan panduan bagi semua anak perusahaannya di berbagai negara untuk terus mengimplementasikan prinsip ESG dalam aktivitas bisnis.

Saya merasa sustainability investment dapat memberikan keberlanjutan investasi yang lebih baik dan kuat. Perusahaan dengan skor ESG tinggi berarti mereka memiliki manajemen risiko yang lebih baik. Perusahaan seperti ini tentu memiliki biaya modal yang rendah dan valuasi yang tinggi. Dengan fundamental yang kuat, valuasi yang tinggi dapat membukukan investasi yang lebih tinggi lagi.

Saya optimistis melihat perkembangan pasar saat ini, saya berharap sustainability investment akan terus tumbuh, karena kesadaran untuk mempertimbangkan aspek keberlanjutan akan mempengaruhi kinerja investasi. Saya juga percaya bahwa sustainability investment memiliki prospek yang menjanjikan untuk masa depan, karena adanya dukungan dari pemerintah. Salah satunya adalah dukungan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan memfasilitasi investasi berbasis ESG ini dengan mewajibkan perusahaan untuk mengungkapkan laporan keuangan keberlanjutan, menerapkan penilaian ESG, dan menerbitkan produk ramah lingkungan.

UOBAMI juga ikut mendukung prinsip Sustainability Development Goals (SDGs) dengan melibatkan semua anggota tim dalam kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak positif bagi sosial dan lingkungan. Misalnya, menerapkan ‘green office’ dengan menempatkan beberapa tanaman hijau agar kondisi kantor terlihat lebih asri dan sejuk, lalu menyediakan training secara teratur tentang Sustainability Investment dan prinsip SDGs bagi para anggota tim hingga membuat produk investasi yang memiliki fitur filantropi. Salah satu produk kami, yaitu Reksa Dana Saham UOBAM Sustainable Equity Indonesia (“USEIN”) yang memiliki empat kelas unit, di mana dua kelas di antaranya dapat memfasilitasi investor untuk berdonasi mendukung program yang sesuai dengan prinsip SDGs. Untuk penyalurannya, kami bekerjasama dengan beberapa yayasan di Indonesia.

Apa target Anda selama memimpin di UOBAMI?

Saya dan tim menargetkan UOBAMI menjadi manajer investasi yang dapat menyediakan produk dan jasa yang unggul. Kami juga ingin menjadi manajer investasi berskala global dengan menyediakan produk berbasis Indonesia kepada investor luar negeri melalui network Group UOB Asset Management yang memiliki cabang di 9 negara Asia

CEO PT UOB Asset Management Indonesia Ari Adil

Apa Filosofi atau nilai-nilai kehidupan yang Anda pegang?

Kejujuran. Kejujuran merupakan landasan penting dalam hidup. Kejujuran merupakan awal dari berbagai perilaku positif lainnya. Kejujuran pun hendaknya dimulai dari diri sendiri. Dengan selalu berusaha untuk jujur, hidup kita akan lebih tenang dan memberikan pengaruh positif dalam kehidupan kita.

Selalu berusaha dengan memiliki prinsip ini, kita dapat mengoptimalkan hidup kita. Pemikiran ini dapat membuat kita lebih semangat dan membuat kita terus berpikir secara visioner, berani mengambil resiko untuk mencapai kesuksesan, dan belajar beradaptasi terhadap segala keadaan yang berubah dengan cepat. Dengan selalu berusaha, kita dapat mengoptimalkan apa yang dimiliki untuk mencapai tujuan. Walaupun, hasil akhir usaha kita bergantung terhadap izin Tuhan. Yang terpenting adalah kita sudah berusaha.

Bagaimana cara Anda menyeimbangkan hidup (berkarir, berkeluarga, dan bermasyarakat)?

Saya berusaha untuk membagi waktu dengan baik terhadap semua aspek, seperti waktu untuk bekerja, waktu untuk keluarga dan diri sendiri, serta bersosialisasi. Pembagian waktu yang baik akan menghasilkan quality of life yang baik juga.

Hal yang memotivasi Anda sampai saat ini?

Sedianya saya berharap agar saya dapat menjadi sosok yang bermanfaat. Tidak hanya bagi anak saya, keluarga atau orang terdekat saya, melainkan bisa memberikan manfaat kepada banyak orang. Harapan inilah yang kemudian memotivasi saya untuk selalu memberikan usaha terbaik saya dalam melakukan segala hal. Kelak saya berharap saya bisa meninggalkan legacy yang baik dan berdampak (baik) untuk orang disekitar saya.

Bagaimana pandangan dan peran keluarga Anda dalam karir (dukungan suami/istri, anak-anak, orangtua)?

Tentunya mereka sangat mendukung. Mereka memberikan saya kebebasan untuk berkarya. Saya sampai di kondisi saat ini juga berkat doa terus menerus dari orang tua, istri, dan anak serta seluruh keluarga.

Apa hobi Anda dan bagaimana Anda menyalurkannya di tengah posisi Anda sebagai pemimpin perusahaan dan keluarga?

Bagi saya, waktu bersama keluarga merupakan momen yang sangat penting. Banyak kegiatan weekend yang biasanya sudah diatur oleh istri saya, karena dia sangat kreatif untuk hal-hal seperti ini. Mulai dari hal simple, seperti berolahraga bersama-sama, menonton film dengan anak atau membaca buku bersama di rumah, sampai dengan beraktivitas di luar rumah, seperti mengunjungi taman atau tempat bermain anak di Jakarta, eksplorasi kuliner atau sekedar naik mobil berkendara keliling Jakarta.

Di sisi lain, saya menyisihkan waktu untuk diri sendiri juga menjadi penyeimbang untuk mencapai hidup yang berkualitas. Saya secara teratur meluangkan waktu berolahraga sendiri maupun bersama teman-teman. Tidak hanya untuk menyehatkan badan, momen itu juga saya gunakan untuk bersosialisasi dengan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu.

Satu kesenangan yang baru-baru ini sedang saya alami adalah mengoleksi lukisan. Awalnya, saya membeli lukisan sekedar untuk mengisi rumah sebagai ‘pajangan’ yang dapat dinikmati. Namun, saya belajar bahwa lukisan yang tepat dapat juga memberikan value yang tinggi sejalan dengan waktu. Oleh karena itu, saya mulai menambahkan kesan bahwa lukisan juga merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat saya koleksi. Melalui hobi baru ini, saya juga berkesempatan untuk mengenal lingkungan dan orang-orang baru serta memahami proses atau makna dari karya seni tersebut baik melalui pelukisnya langsung, pemilik galeri, ataupun peminat karya seni lainnya yang lebih berpengalaman dari saya.

Biodata

Nama: Mungki Ariwibowo Adil

Lahir 27 Agustus 1975

Pendikan

- Sarjana Teknik, Universitas Indonesia lulus tahun 1998

- Master of Commerce The University of Sydney, Australia, lulus tahun 2002

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com