Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Josephus K Triprakoso, direktur utama  Bank Mantap. (Investor Daily/Emral)

Josephus K Triprakoso, direktur utama Bank Mantap. (Investor Daily/Emral)

Belajar Ketekunan dari Mobil 'Remote Control'

Senin, 3 Februari 2020 | 12:29 WIB
Nasori

Johan Huizinga, seorang profesor, teoritisi budaya, dan sejarawan Belanda menulis sebuah buku Homo Ludens: A Study of Play Element in Culture pada 1938. Dari karya itulah awal mula istilah homo ludens muncul dan populer.

Melalui istilah itu dijelaskan bahwa salah satu sifat alami manusia adalah 'makhluk bermain', makhluk yang suka bermain atau menciptakan permainan.

Itu sebabnya, hobi-hobi permainan atau yang dekat dengan permainan tidak selalu menjadi dominasi anak-anak. Dan, Josephus Koernianto Triprakoso, direktur utama Bank Mantap, adalah figur yang memiliki hobi tersebut.

"Saat ada waktu kosong, biasanya saya isi untuk merakit dan mengutak-atik mobil remote control atau mobil-mobilan," tutur dia.

Bahkan, jika kondisi memungkinkan, Josephus tak segan ikut kompetisi mobil remote control. Ia bisa menghabiskan waktu berjam-jam bila tengah menjalani hobinya itu. "Kadang nggak terasa, bisa sampai pukul 03.00 dinihari," ucap akuntan lulusan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini.

Tak hanya sebagai kegiatan pengisi waktu luang, Josephus memperoleh sejumlah manfaat dan nilai dari hobinya itu, seperti belajar tentang ketekunan serta bisa berekspresi dan mengkreasikan sesuatu menjadi hal yang berbeda.

"Juga ada penghargaan terhadap proses, karena segala sesuatu memang by process. Jangan bicara result (hasil) dulu, tapi prosesnya harus bagus dan rapi dulu, sehingga result-nya baik," ujar dia. (ns)

 

Baca juga: https://investor.id/figure/ada-passion-ada-legacy

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN