Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tomoaki Watanabe, Direktur Omron Healthcare Indonesia (Investor Daily/Emral)

Tomoaki Watanabe, Direktur Omron Healthcare Indonesia (Investor Daily/Emral)

TOMOAKI WATANABE, DIREKTUR OMRON HEALTHCARE INDONESIA

Jangan Melihat Terlalu Jauh ke Depan

Senin, 15 Februari 2021 | 10:00 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

Fokus dan berkonsentrasi saja pada apa yang ada di hadapan. Jangan melihat terlalu jauh ke depan. Jika terus memikirkan hal yang masih jauh di depan sana, bisa-bisa kita tidak bisa memecahkan masalah di depan mata.

Prinsip dan nilai-nilai inilah yang selalu dipegang teguh Tomoaki Watanabe dalam menakhodai Omron Healthcare Indonesia, cabang Omron Healthcare Co, produsen alat-alat kesehatan yang berpusat di Kyoto, Jepang.

Berkat kerja keras selama bertahun-tahun, Omron Healthcare Indonesia mengembangkan dan memperkenalkan berbagai macam produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, termasuk alat pengukur tekanan darah, termometer, nebulizer, alat penimbang badan, dan alat pengukur komposisi tubuh.

Per akhir Maret 2020, nilai penjualan Omron Group mencapai 678 juta yen dan bisnis healthcare berkontribusi sekitar 17% terhadap total penjualan global. Untuk jaringan distribusi, Omron Healthcare Indonesia memiliki jaringan 8.000 lebih outlet peritel di seluruh negara.

“Kami senang bisa memimpin pasar untuk alat pengukur tekanan darah digital serta nebulizer,” kata Tomoaki Watanabe kepada wartawan Investor Daily, Imam Suhartadi di Jakarta, baru-baru ini.

Orang nomor satu di Omron Healthcare Indonesia ini menilai karyawan berperan sangat besar bagi kemajuan sebuah perusahaan. Bahkan, dalam pandangannya, sebuah perusahaan adalah karyawannya itu sendiri.

Alhasil, kesuksesan atau kegagalan sebuah perusahaan bergantung pada seperti apa sebagian besar karyawan yang dipekerjakannya.

"Karena itu, mempercayai kekuatan teamwork dan menilai tinggi semua kontribusi dari setiap anggota tim saya adalah bagian penting proses di Omron Healthcare Indonesia," tutur Tomoaki Watanabe. Berikut penuturan lengkapnya:

Bisa cerita perjalanan karier Anda hingga memimpin Omron Healthcare Indonesia?

Sebagai Direktur PT Omron Healthcare Indonesia, saya bertugas untuk membuat keputusan strategis dan operasional perusahaan. Saya telah bekerja di Omron selama 10 tahun. Sebelum menjabat posisi ini di Indonesia sejak Mei 2020, saya bekerja di Omron Healthcare Business Product Planning Department di Jepang pada 2018 dan di Global Sales and Marketing Department pada 2019.

Mengingat saya ditunjuk sebagai Direktur di masa pandemi, saya berusaha untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pemeriksaan tekanan darah di rumah bagi masyarakat Indonesia. Hal ini saya wujudkan dengan memanfaatkan kepakaran teknologi kami dan misi untuk memperbaiki kehidupan serta berkontribusi terhadap masyarakat yang lebih baik, bersama tim saya.

Apa kiat sukses Anda dan mengapa Anda memilih bekerja di perusahaan alat kesehatan?

Saya tidak memiliki tips sukses khusus, tapi saya selalu memikirkan bagaimana caranya bisa berkontribusi untuk masyarakat melalui produk-produk, teknologi, dan layanan Omron. Saya merasa, berkontribusi untuk masyarakat dan penduduk Indonesia adalah cara terbaik untuk meraih kesuksesan.

Kepemimpinan seperti apa yang Anda terapkan?

Saya selalu mencari cara agar tim memberikan performa terbaik mereka. Saya menerapkan hal ini, memimpin tim, dan menyemangati mereka dengan menunjukkan arah dan tujuan, serta alasan mengapa saya ingin mereka mengerjakan tugas tertentu tanpa ada salah pengertian.

Sebuah perusahaan adalah karyawannya itu sendiri! Kesuksesan atau kegagalan sebuah perusahaan bergantung pada seperti apa sebagian besar karyawan yang mereka pekerjakan. Saya mempercayai kekuatan teamwork dan menilai tinggi semua kontribusi dari setiap anggota tim saya.

Filosofi hidup Anda?

Saya menganut lima prinsip dalam kehidupan dan karier. Pertama, nikmati saat-saat ketika Anda bekerja dan menjalani kehidupan sehari-hari. Jika sedang dalam situasi sulit, pemikiran negatif tidak akan menghasilkan hal yang baik karena kita tidak bisa mengubah situasi. Jadi, saya berusaha untuk selalu berpikir positif dan mencari cara untuk menikmati apa yang saya lakukan.

Kedua adalah membenahi performa tim. Seperti Anda ketahui, saya tidak akan bisa bekerja sendirian. Saya akan selalu membutuhkan dukungan dari rekan-rekan kerja. Dengan demikian, saya selalu berusaha untuk tetap terhubung dengan tim dan membantu mereka, sehingga kami semua bisa mencapai tujuan bersama.

Ketiga, saya selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik. Saya selalu mengingat untuk terus menunjukkan yang terbaik dari diri saya, di mana saja dan kapan saja.

Keempat, berkonsentrasi pada apa yang ada di hadapan saya. Jika terus memikirkan hal yang masih jauh di depan, belum tentu nanti kita bisa memecahkan apa yang sudah ada di depan mata. Jadi, saya selalu mengingat untuk memikirkan masalah yang ada di depan saya terlebih dahulu.

Kelima adalah disiplin. Untuk mempertahankan performa dan kredibilitas perusahaan, disiplin merupakan hal yang amat penting.

Mimpi Anda dalam karier dan kehidupan?

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, impian saya adalah berkontribusi untuk masyarakat Indonesia melalui produk-produk dan layanan Omron. Kami yakin bisa ikut membantu memperbaiki kualitas hidup dan kesehatan warga Indonesia melalui solusi-solusi Omron.

Bagaimana Anda menyeimbangkan kehidupan pribadi, pekerjaan, dan kegiatan sosial?

Saya biasanya berusaha tidak memikirkan pekerjaan saat sedang libur, karena saya percaya bahwa kita harus bisa menyeimbangkan antara kehidupan dan pekerjaan.

Arti keluarga dalam karier Anda?

Keluarga, khususnya istri, selalu mendukung jalan karier yang saya tempuh. Dia menghormati apa yang menjadi impian saya. Dukungan itu amat saya hargai.

Bisa Anda jelaskan bisnis Omron di Indonesia?

Komitmen kami untuk Indonesia bermula dari berdirinya PT Omron Healthcare Indonesia, di mana pada 2021 kami membuka pusat layanan pelanggan pertama. Misi kami adalah membantu penduduk Indonesia menggapai kehidupan yang sehat. Kami berkontribusi kepada masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan penyakit dengan menyediakan alat-alat untuk memantau kesehatan dan terapi di rumah.

Selama bertahun-tahun, Omron Healthcare Indonesia mengembangkan dan memperkenalkan berbagai macam produk kesehatan, termasuk alat pengukur tekanan darah, termometer, nebulizer, alat penimbang badan, alat pengukur komposisi tubuh, semuanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Kami senang bisa memimpin pasar untuk alat pengukur tekanan darah digital serta nebulizer.

Per akhir Maret 2020, nilai penjualan Omron Group mencapai 678 juta yen dan bisnis healthcare berkontribusi sekitar 17% terhadap total penjualan global. Untuk jaringan distribusi, Omron Healthcare Indonesia memiliki jaringan 8.000 lebih outlet peritel di seluruh negara.

Pendapat Anda mengenai pasar Indonesia?

Menurut statistik Organisasi Kesehatan Dunia/WHO (2018), penyakit kardiovaskular yang terkait hipertensi adalah penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Dan dari 1,5 juta orang yang didiagnosis dengan hipertensi, hanya 3% yang memiliki alat pengukur tekanan darah digital.

Statistik ini mengindikasikan perlunya peningkatan kewaspadaan seputar mengelola hipertensi dan memiliki alat pengukur tekanan darah digital di rumah.

Tak hanya hipertensi, meningkatnya polusi udara dan gaya hidup buruk, seperti merokok, juga menjadi sorotan terkait pentingnya mengatasi penyakit pernapasan di negara ini.

Omron Healthcare Indonesia terus mengupayakan kontribusi terhadap hal-hal tersebut dengan meningkatkan jangkauan kami untuk alat pengukur tekanan darah dan nebulizer melalui jaringan ritel offline dan online di Indonesia.

Kami juga terus mengupayakan koordinasi dengan para dokter untuk mempromosikan kewaspadaan yang tepat terhadap pengelolaan penyakit-penyakit ini.

Strategi yang Anda terapkan untuk menumbuhkan perusahaan, terutama di masa pandemi?

Kami konsisten untuk terus bekerja dengan mitra channel dan asosiasi dokter, seperti Perhimpunan Hipertensi Indonesia (Indonesia Society of Hypertension/InaSH) dan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) guna meningkatkan kewaspadaan terhadap hipertensi dan masalah pernapasan.

Terkait komunikasinya, kami memanfaatkan media komunikasi digital untuk membuat masyarakat lebih waspada terhadap pentingnya hidup sehat dan melakukan pemantauan di rumah, mengubah kebiasaan gaya hidup, menggunakan produk terapi rumah yang termutakhir, tentunya dalam pengawasan dokter mereka. Dengan begitu, para dokter bisa membuat keputusan berdasarkan informasi yang baik.

Target Omron Indonesia dalam lima tahun ke depan?

Indonesia adalah negara berkembang dan ada banyak penekanan terhadap pentingnya menjaga kesehatan. Jadi, kami ingin ikut mendorong warga untuk lebih proaktif dalam menjaga kesehatan mereka dan mencegah hipertensi.

Ini adalah upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan masyarakat yang tidak pernah berhenti dan hal ini berawal dari rumah.

Omron mendorong masyarakat Indonesia untuk tetap sehat dengan melakukan pemantauan dari rumah, mengubah kebiasaan gaya hidup, dan memahami alat-alat untuk mengelola kesehatan pernapasan, seperti nebulizer.

Kami juga ingin meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap gaya hidup sehat dan hipertensi melalui penguatan kolaborasi strategis bersama InaSH dan menyediakan akses pada teknologi tercanggih untuk masyarakat dengan meluncurkan produk-produk terbaru dan meningkatkan jumlah outlet distribusi di seluruh penjuru negeri.***

 

Tomoaki Watanabe, Direktur Omron Healthcare Indonesia (Investor Daily/Emral)
Tomoaki Watanabe, Direktur Omron Healthcare Indonesia (Investor Daily/Emral)


Kagum pada Keramahan Bangsa Indonesia

Tomoaki Watanabe merasa betah bekerja di Indonesia. Dia mengagumi sifat orang Indonesia yang ramah dan terbuka kepada orang asing, seperti dirinya, sehingga membuat nyaman untuk tinggal di negara ini.

"Keramahtamahan orang Indonesia dapat membuat orang asing merasa seperti tinggal di negara sendiri," tutur dia.

Dia juga menilai Orang Indonesia hangat dan bersahabat serta mudah sekali tersenyum baik kepada orang yang dikenal atau orang asing sekalipun. Di mana pun dan kapan pun, mereka akan dengan senang hati melemparkan senyuman kepada siapa saja.

Selain itu, orang Indonesia suka berinteraksi dan bercerita. Apalagi terhadap orang asing, mereka akan dengan senang hati menjelaskan tentang Indonesia. Bahkan ketika orang asing tidak bertanya sekalipun, orang Indonesia tidak sungkan untuk menegurnya terlebih dahulu.

“Saya juga menyukai makanan Indonesia yang sangat lezat,” ujar pria yang punya hobi sepak bola dan membaca buku itu.(is)


 

Biodata

Nama: Tomoaki Watanabe

Jabatan: Direktur Omron Healthcare Indonesia

Karier:

- Direktur PT Omron Healthcare Indonesia (Mei 2020 - sekarang)

- Global Sales and Marketing Department (2019)

- Omron Healthcare Business Product Planning Department di Jepang (2018)


 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN