Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nasabah UMKM BRI

Nasabah UMKM BRI

1,1 Juta Nasabah UMKM BRI Naik Kelas

Nida Sahara, Selasa, 13 Agustus 2019 | 20:53 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mencatat hingga 31 Juli 2019 terdapat 10,5 juta lebih nasabah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mendapatkan pembiayaan BRI. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,1 juta pelaku UMKM sukses naik kelas atau meningkat 22,22% secara tahunan (year on year/yoy).

Direktur Mikro dan Kecil BRI Priyastomo menjelaskan, perseroan berkomitmen untuk mendorong pengembangan UMKM di Indonesia agar naik kelas melalui berbagai program pembiayaan yang diberikan. Menurut dia, dari jumlah tersebut didominasi oleh masyarakat yang mengajukan pembiayaan mikro dengan plafon pinjaman hingga Rp 25 juta sebanyak 65%. Selebihnya adalah nasabah dengan plafon pembiayaan di atas Rp 25 juta.

"Tahun lalu kalau tidak salah satu tahun yang naik kelas 1,7 juta nasabah, berarti tujuh bulan (per Juli 2018) sekitar 900 ribu debitur," kata Priyastomo ketika dihubungi Investor Daily, Selasa (13/8/2019).

Pihaknya mengaku telah mengkalkulasi nasabah yang mengajukan penambahan atau suplesi plafon serta naik segmen pinjaman, di antaranya dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke kredit komersial sejak awal tahun hingga Juli 2019.

"Mereka telah memenuhi kualifikasi untuk diberikan tambahan modal dalam rangka meningkatkan skala usahanya. Pada akhir tahun kami menargetkan jumlah nasabah naik kelas dapat meningkat menjadi lebih dari 2 juta nasabah," ungkap Priyastomo.

Selain mengucurkan kredit kepada pelaku UMKM, perseroan melakukan pendampingan agar pelaku usaha update terhadap informasi bisnis terkini. BRI hingga saat ini telah menyelenggarakan sebanyak 3.260 pelatihan di berbagai daerah di Indonesia. Sebanyak 318.093 UMKM binaan telah mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut.

Bahkan melalui program BRIncubator, nasabah bisa mengikuti workshop dan bootcamp yang fokus kepada peningkatan kapabilitas UMKM untuk Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, dan Go Global. Dengan menggandeng para pakar UMKM, baik yang bertaraf lokal maupun nasional para pelaku UMKM bisa mendapatkan nilai tambah yang signifikan.

"Langkah yang akan ditempuh (untuk mencapai target 2 juta nasabah naik kelas) itu pertama melakukan pendampingan dan coaching kepada pelaku UMKM baik yang ada di BRI maupun yang ada di RKB. Kedua adalah program BRIncubator," terang Priyastomo.

Dia mengungkapkan, BRI fokus memberdayakan UMKM melalui pemberian ruang dan pendampingan yang dapat mendorong kemajuan usaha dan berdampak pada ekonomi lokal maupun nasional. "Nantinya UMKM diharapkan terus menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di Tanah Air," imbuh dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN