Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Best Bank 2020 Majalah Investor, live di Berita Satu TV, Selasa (25/8/2020). Sumber: BSTV

Best Bank 2020 Majalah Investor, live di Berita Satu TV, Selasa (25/8/2020). Sumber: BSTV

16 Bank Terbaik Raih Investor Awards

Rabu, 26 Agustus 2020 | 12:54 WIB
Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Sebanyak 16 bank umum nasional terpilih menjadi Bank Terbaik Tahun 2020 versi Majalah Investor. Bank-bank tersebut berhasil menjadi yang terbaik setelah lolos seleksi awal dan unggul dalam tahap pemeringkatan berdasarkan pengelompokan modal inti.Tiap kelompok ditetapkan tiga bank terbaik.

Selain 16 bank terbaik berdasarkan modal inti, diberikan juga tiga penghargaan khusus, sesuai kontribusi masing- masing bagi perekonomian maupun kemajuan industri perbankan nasional. Dua dari tiga penghargaan khusus ini diraih bank yang juga meraih penghargaan bank terbaik. Dengan demikian total ada 17 bank yang meraih penghargaan pada tahun ini.

Ketua Dewan Juri, Soebowo Musa menjelaskan, pada kelompok modal inti di atas Rp 30 triliun atau Bank Buku IV, tampil sebagai Bank Terbaik 2019 adalah PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Selanjutnya pada kelompok Bank Buku III (Modal Inti Rp 5 Triliun – Rp 30 triliun), predikat bank terbaik diraih tiga perusahaan yang meraih prestasi tahun lalu, masing- masing PT Bank Mega Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, serta PT Bank BTPN Tbk. Adapun PT Bank Amar IndonesiaTbk, Bank Mandiri Taspen, PT Bank Mestika Dharma Tbk menjadi yang terbaik untuk kelompok Bank Buku II (modal inti Rp 1 triliun – Rp 5 Triliun).

“Penghargaan untuk Bank Umum Buku I (modal inti di bawah Rp 1 triliun) ditiadakan, karena berbagai alasan, antara lain karena kelompok bank ini menghadapi risiko cukup tinggi,” kata dia.

Ketua Dewan Juri, Soebowo Musa mengatakan, bank yang jadi pemenang tahun ini layak mendapat apresiasi. “Bank-bank tersebut, selain punya resiliensi menghadapi tantangan industri beberapa tahun terakhir, juga sudah memperlihatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan saat ini menjadi peluang, terutama pada era digital,” ujar Subowo Musa saat pemberian penghargaan di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Bank Daerah

Daftar 50 Bank terbaik 2020 versi Majalah Investor
Daftar 50 Bank terbaik 2020 versi Majalah Investor

Masih dengan standar modal inti, penghargaan kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD) diberikan untuk tiga kategori. Pada kelompok BPD Buku III (modal inti Rp 5 triliun – Rp 30Triliun), penghargaan diberikanuntuk PT Bank Jawa Timur Tbk, PT Bank Jawa Tengah, dan PT Bank Jawa Barat dan Banten Tbk.

Selanjutnya PT BPD Sulawesi Tenggara, PT Bank Maluku Malut, dan PT Bank Kalimantan Tengah meraih penghargaan untuk BPD Buku II (modal inti Rp 1 triliun – Rp 5 Triliun. Sedangkan untuk kelompok BPD Buku I (modal < Rp 1 triliun), penghargaan hanya diberikan pada PT Bank Sulawesi Tengah.

“Bank-bank yang meraih penghargaan tahun 2020 sudah terseleksi pada kelas masing- masing, beberapa di antaranya mengulang prestasi yang diraih tahun lalu. Sesuai tahapan penjurian, penghargaan diberikan setelah bank-bank ini lolos seleksi awal dan menjadiyang terbaik pada tahap pemeringkatan yang mengacu pada 12 kriteria pemeringkatan yang dirumuskan Dewan Juri,” ujar Pemimpin Redaksi Majalah Investor Komang Darmawan.

Dua belas kriteria pemeringkatan yang digunakan meliputi: CAR 2019 (capital adequacy ratio), NPL 2019 (non performing loan), ROA 2018 (return on asset), ROE 2019 (return on equity), NIM 2019 (net interest margin), BOPO 2019 (rasio beban operasional dengan pendapatan operasional), LDR 2019 (loan to deposit ratio), pertumbuhan pendapatan bunga bersih, pertumbuhan pendapatan operasional selain bunga, pertumbuhan laba operasional, pertumbuhan kredit, dan rasio cost to asset.

Soebowo Musa mengatakan, Dewan Juri memberi apresiasi bagi bank yang memberi perhatian penting bagi penyaluran kredit UMKM serta berpartisipasi aktif mendukung perkembangan digital banking demi peningkatan kualitas dalam melayani nasabah. Tujuannya agar makin banyak pengusaha baru sektor UMKM serta terus mendorong perkembangan teknologi perbankan di Indonesia.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi Bank BUMN yang meraih penghargaan khusus karena konsisten mendukung UMKM dibuktikan dengan terus meningkatnya porsi dan nilai kredit untuk pengusaha mikro. Dari kelompok BPD, peraih penghargaan karena pangsa kredit UMKM terbesar adalah PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara. Sedangkan PT Bank Central Asia Raya Tbk meraih penghargaan khusus sebagai Bank Publik Terbaik 2020 karena kemampuan memberi return yang tinggi pada investor pasar modal.

Seleksi Awal

Highlight bank terbaik 2020
Highlight bank terbaik 2020

Tak semua bank ikut diperingkat. Ada tahapan seleksi awal yang disepakati Dewan Juri sebelum bank-bank ini dinyatakan layak ikut pemeringkatan. Poin-poin penting seleksi awal meliputi CAR minimum 10%, tidak mendapat opini disclaimer pada laporan keuangan tahun buku 2019, Giro Wajib Minimum (GWM) tidak kurang dari 8% (±insentif LDR), laba operasional dan laba bersih 2019 positif, aset 2019 untuk bank umum nasional dan BPD minimal Rp 1 triliun, dan tidak terkena sanksi dari otoritas.

Dari 110 bank yang beroperasi sampai dengan April 2020, hanya 74 bank lolos seleksi awal untuk diperingkat. Dengan demikian, ada 14 bank harus rela tidak diikutkan dalam pemeringkatan. Bank syariah (14 bank) dan bank asing (8 bank) tidak diikutsertakan dalam pemeringkatan.

Kelompok bank syariah sengaja dipisahkan karena memiliki karakteristik khusus.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN