Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia. Foto: IST

Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia. Foto: IST

Prudential Luncurkan Asuransi untuk UMKM

Rabu, 19 Juni 2019 | 21:29 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan PRUWorks, produk asuransi kumpulan yang dirancang untuk mendukung perkembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Langkah strategis tersebut merupakan inisiatif perseroan melihat potensi sektor UMKM sebagai target pasar yang menjanjikan.

Presiden Direktur Prudential Indonesia Jens Reisch mengatakan, sebagai bentuk upaya mendengarkan dan memahami kebutuhan para pelaku UMKM, Prudential Indonesia mewujudkan solusi perlindungan asuransi untuk bagi para pemilik bisnis UMKM dan karyawannya, sehingga mereka siap menghadapi risiko yang tidak terduga dan fokus membangun bisnis.

"Untuk Prudential ini adalah kali pertama kami masuk ke pasar UMKM. Tapi kalau saya melihat data, permintaan dari pemilik usaha yang sudah bergabung dengan kami juga konsultan keuangan dan bank lumayan besar potensinya," kata Reisch di Jakarta, Rabu, (19/6).

Dia menambahkan, pihaknya memang tidak terburu-buru menentukan target. Yang paling penting adalah penetrasi Prudential Indonesia membuat UMKM menjadi pangsa pasar besar. "Hari ini (kemarin) kami mulai (segmen UMKM) dari nol, namun saya optimistis," ungkap dia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) untuk perkembangan UMKM tahun 2017, terdapat 62,92 juta unit UMKM di Indonesia dengan kontribusi mencapai Rp 7.704 triliun atau 60% dari produk domestik bruto (PDB). Pertumbuhan jumlah badan UMKM di Indonesia tersebut mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 116 juta jiwa.

Menurut Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Muhammad Ikhsan Ingratubun, dengan adanya proteksi terhadap karyawan maka loyalitas juga semakin meningkat. "Ini yang kami butuhkan," ujar dia.

Ikhsan juga mengatakan, ketatnya persaingan menuntut UMKM untuk terus berinovasi, sehingga seringkali melewatkan pentingnya perlindungan bagi karyawan yang memiliki peranan penting terhadap kemajuan bisnis perusahaan. Dengan demikian, jaminan perlindungan yang diberikan perusahaan kepada karyawan perlu diperhatikan.

PRUWorks memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM sejak pengajuan polis dengan manfaat yang dapat disesuaikan berdasarkan jumlah karyawan, kebutuhan, dan anggaran keuangan. Produk tersebut diharapkan menjadi salah satu solusi bagi pelaku industri UMKM yang turut menyanggah perekonomian bangsa.

PRUWorks menawarkan lima kemudahan bagi pelaku UMKM. Pertama, dalam aspek persyaratan, asuransi kumpulan yang komprehensif cukup dengan lima karyawan. Kedua, beragam pilihan plan dan uang pertanggungan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ketiga, pengajuan polis dilakukan secara elektronik melalui PURWork Sales Force atau aplikasi yang bisa diunduh di Playstore atau Appstore.

Keempat, yakni akses informasi polis, manfaat, dan klaim serta proses kepesertaan dapat diakses melalui aplikasi. Kelima, pengobatan secara cashless di lebih dari 1.000 rumah sakit dan klinik serta pengajuan klaim elektronik (e-claim submission) hanya melalui aplikasi.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN