Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu kantor cabang Bank Mandiri. Foto: IST

Salah satu kantor cabang Bank Mandiri. Foto: IST

Oktober, Bank Mandiri Mulai Turunkan Bunga Kredit

Senin, 5 Agustus 2019 | 07:25 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mempunyai peluang menurunkan suku bunga pada Oktober 2019 atau tiga bulan setelah Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate (BI7DRRR) pada Juli lalu. Besaran penurunan bunga kredit juga akan sama dengan bank sentral, yakni 25 basis poin (bps).

"Transmisi untuk adjust suku bunga kredit itu tiga bulan, besarannya linier dengan penurunan suku bunga BI 7DRRR yang 25 bps," jelas Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas ditemui di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, Bank Mandiri akan melihat rekam jejak atau track record dari debitur untuk memberikan penyesuaian suku bunga kredit. Apabila debitur memiliki track record selalu lancar membayar tagihan maka akan didahulukan untuk diberi keringanan bunga kredit.

"Kami tidak lihat dari sektornya, tapi lebih ke nasabahnya, yang rekam jejaknya paling tokcer dapat keringanan lebih baik," ujar Rohan.

Rohan mengungkapkan, kredit pemilikan rumah (KPR) diperkirakan akan lebih lama dilakukan penurunan suku bunganya. Hal tersebut disebabkan pada KPR biasanya terdapat promo suku bunga tetap (fix) dalam tenor tertentu, sehingga perlu waktu lebih lama untuk menyesuaikan penurunannya.

"KPR itu lebih belakangan turunnya karena biasanya ada kontrak suku bunga fix selama tiga tahun," lanjut dia.

Berdasarkan suku bunga dasar kredit (SBDK) Bank Mandiri per akhir Mei 2019, tercatat suku bunga kredit korporasi sebesar 9,95% per tahun, kredit ritel juga 9,95%. Untuk bunga kredit mikro tercatat 17,75% per tahun, suku bunga KPR di posisi 10,25%, dan bunga kredit non KPR sebesar 12% per tahun.

baca selengkapnya di https://subscribe.investor.id

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN