Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi PT Bussan Auto Finance. (ist)

Ilustrasi PT Bussan Auto Finance. (ist)

2021 Tahun Pemulihan Bussan Auto Finance

Selasa, 2 Maret 2021 | 07:19 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – PT Bussan Auto Finance (BAF) meyakini, 2021 akan menjadi tahun pemulihan bagi perusahaan ini sekaligus industri pembiayaan nasional. Alasannya, program vaksinasi Covid-19 telah dimulai, sehingga ekonomi nasional diharapkan berangsur pulih dan dapat berdampak terhadap kebangkitan transaksi perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya di industri pembiayaan.

“Berdasaran pencapaian kuartal IV-2020, 2021 akan menjadi tahun recovery bagi BAF dan industri pembiayaan, terutama di sektor otomotif. Kami optimistis kenaikan pembiayaan dapat dicapai tahun ini, walaupun cukup menantang,” kata Lynn Ramli, presiden direktur BAF, Senin (1/3/2021).

Dia menuturkan, berbagai langkah strategis mulai dilakukan BAF sejak awal 2021 guna mendorong pemulihan bisnis BAF yang turun saat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan simplifikasi struktur perusahaan untuk fokus pada kegiatan akuisisi, operasional, dan diversifikasi portofolio bisnis.

Simplifikasi struktur perusahaan, kata dia, telah dilakukan dengan menerapkan konsep regional center dan area office yang membawahi beberapa kantor jaringan BAF. Dengan adanya perubahanini, diharapkan BAF dapat menjadi lebih dekat dengan konsumen dan mitra usaha, serta dapat melayani para pemangku kepentingan dengan lebih cepat dan fokus.

Selama pandemi berlangsung, dia menuturkan, BAF menyadari, diversifikasi portofolio bisnis menjadi strategi pertahanan utama yang harus dilakukan dalam menjaga kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, BAF telah menetapkan langkah strategis dan beragam inovasi untuk mencapai target 2021.

Di segmen pembiayaan motor baru Yamaha, dia menuturkan, BAF akan fokus pada proses penanganan aplikasi yang cepat dan peningkatan penjualan secara online. Sementara itu, untuk pembiayaan dana syariah, BAF akan fokus pada peningkatan cross sell dari konsumen dan peningkatan new booking dengan memaksimalkan produktivitas agen Xtra BAF.

Selain itu, demikian Lynn, BAF akan membuka sekitar 50 titik baru Griya BAF Dana Syariah di seluruh Indonesia. Pembukaan titik baru Griya BAF Dana Syariah di lokasi strategis diharapkan mampu mendorong pertumbuhan penyaluran pembiayaan dana syariah untuk pangsa pasar yang dituju.

Perluasan area pelayanan, kata dia, juga akan dilakukan untuk produk pembiayaan mobil baru, motor bekas berkualitas, dan mesin pertanian. Untuk menunjang perbaikan proses akuisisi konsumen yang lebih cepat dan lebih kompetitif, BAF akan menerapkan fully digitalization pada pembiayaan elektronik, gadget dan furnitur. Salah satunya dengan meningkatkan kerja sama dengan e-commerce dan penerapan E-KYC (electronic-know your customer) dan e-signature pada aplikasi BAF Mobile, serta memaksimalkan penggunaan omnichannel BAF.

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN