Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi BPR

Ilustrasi BPR

Sambut Hari BPR-BPRS, Perbarindo Umumkan Pemenang Lomba

Selasa, 23 Juni 2020 | 15:35 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, akhirnya Panitia Lomba Kreativitas BPR-BPRS mengumumkan sejumlah pemenang dari empat kategori lomba (Foto, Poster, Video, dan TikTok). Lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari BPR-BPRS Nasional ini digagas oleh DPP Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia) sebagai induk organisasi BPR-BPRS se-Indonesia.

Di tahun-tahun sebelumnya, Perbarindo kerap menggelar acara besar yang melibatkan puluhan ribu masyarakat di setiap Hari BPR-BPRS Nasional yang dirayakan setiap 21 Mei. Di momen perayaan itu selain melakukan aksi sosial, Perbarindo juga menggelar edukasi tentang BPR-BPRS adalah bank. Sama halnya seperti bank umum yang juga dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Tahun ini, Perbarindo tak bisa melaksanaan perayaan Hari BPR-BPRS Nasional karena adanya wabah Covid-19. Oleh karenanya DPP Perbarindo menggelar ajang kreativitas khusus bagi insan BPR-BPRS se-Indonesia dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya berhubungan dengan bank seperti BPR-BPRS.

Menurut Ketua Pelaksana Lomba Kreativitas BPR-BPRS Tedy Alamsyah, dengan terselenggaranya lomba kreativitas ini pihaknya membuktikan bahwa di tengah masa pandemik, brand awareness industri BPR-BPRS tetap terbangun.

"Kami sadar bahwa di era digitalisasi, kegiatan membangun branding industri BPR melalui sarana teknologi dan media sosial tetap bisa berjalan dan tak terhambat oleh situasi pandemik. Inilah yang kami lombakan dan sosialisasikan secara digital," ujar Tedy dalam keterangan tertulis, Selasa (23/6).

Adapun pemenang tiga terbaik lomba TikTok masing-masing diraih oleh Violenanjeli (BPR Dana Mitra Sukses), Krispianus (BPR Pancur Banua Katulistiwa), dan Chelseania (BPR Rifi Maligi). Selanjutnya untuk tiga Video Terbaik diraih oleh Cerist Prangwardani (BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi), Panji (BPR Bank Daerah Gunungkidul), dan Deta Stephanie (BPR Sejahtera Batam).

Lalu untuk tiga Video Terbaik Kompilasi Kenangan dimenangkan oleh Erllyn Faulinda (BPR Kotabaru), Jepon Mokodomis (BPR Bank Kumapan), dan Robin Kardo (BPR Harta Mandiri).

Sementara untuk tiga terbaik lomba foto diraih oleh Nurhikmanggraini (BPR Kharisma), Feri Wijayanto (BPR Melati Pundi Artha), dan Lolyta Grace (BPR Lestari Jabar). Dan terakhir adalah tiga terbaik pemenang lomba poster masing-masing diraih oleh Fiki Fifdiantoro (BPR Surya Yudha), Komang Bajra Adnyana (BPR Nusamba Kubutambahan), dan Ivan Adrianto (BPR Danaputra Sakti).

Gencarnya Perbarindo memaksimalkan digitalisasi BPR-BPRS, menurut Tedy hal itu merupakan salah satu cara untuk memastikan sustainability (keberlangsungan) bisnis BPR-BPRS akan terus ada sampai kapan pun.

"Kalau kita bicara market bahwa saat ini kami sudah melakukan shifting (pergeseran). Dan yang namanya shifting itu bertahap dan tidak bisa 100%. Yang paling penting adalah memulai untuk mengenalkan industri ini ke kaum milenial. Kami berpikir sustainability bisnis dan berpikir tentang who’s the next market dari industri ini," terang Tedy.

Eksistensi Industri BPR-BPRS

Saat ini, Perbarindo memiliki 24 Dewan Pengurus Daerah (DPD) di tingkat Propinsi dan 48 Dewan Pengurus Komisariat (DPK) di tingkat Kabupaten dan Kota, dengan jumlah anggota sebanyak 1.558 BPR-BPRS. Industri BPR-BPRS merupakan Bank Milik Anak Negeri dan kepemilikan 100% dari masyarakat Indonesia dengan dukungan kantor terdiri dari 6.093 unit yang tersebar dari Aceh sampai dengan Papua (seluruh Indonesia).

Sedangkan jumlah karyawan yang berperan aktif membesarkan Industri BPR-BPRS mencapai 90.000 orang dan seluruhnya adalah putra-putri Indonesia. Industri BPR-BPRS telah melayani masyarakat Indonesia sebanyak 18,3 juta nasabah yang terdiri dari debitur sebanyak 4 juta rekening dengan rata-rata pinjaman Rp 27 juta, deposan sebanyak 707.000 rekening dengan rata-rata deposito sebesar Rp 106 juta dan penabung sebanyak 13,4 juta rekening dengan rata-rata tabungan sebesar Rp 2 juta.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN