Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi. Foto: Gerd Altmann (Pixabay)

Ilustrasi investasi. Foto: Gerd Altmann (Pixabay)

Belajar Investasi Lewat Platform Aplikasi Kian Diminati Milineal

Jumat, 6 November 2020 | 15:20 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Jumlah investor dipasar modal kian hari kian bertambah, seiring dengan cara yang lebih simple karena dilakukan dengan teknologi.

Hal ini terungkap dari data kongkret yang dikeluarkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 16 Oktober 2020 mencatat, jumlah investor di pasar modal naik 34,7% secara year to date (ytd) menjadi 3.348.396.

Kenaikan ini sejalan dengan keadaan masa pandemic Covid-19 saat ini yang membuat banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya dan adanya anjuran work from home dari pemerintah. Hingga banyak kaum muda yang kemudian mencoba untuk melakukan bisnis  trading saham.

Di saat meningkatnya para investor saham yang berusia muda dan munculnya asumsi dan pemikiran cepat kaya melalui saham, maka banyak bermunculan grup rekomendasi saham yang bertujuan hanya untuk menciptakan volume perdagangan.

Hal ini dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk mengambil keuntungan dari investor saham pemula melalui day trading atau trading harian.

Investor baru yang tanpa berbekal pengalaman dan edukasi pengetahuan yang mumpuni, dimana mereka trader pemula cenderung berspekulasi menggunakan feeling, analisa terbatas ataupun mengandalkan berlangganan rekomendasi hingga harus membayar jutaan per bulan.

Hal seperti diatas yang membuat Emiten.com mulai muncul sebagai platform yang mempertemukan investor, analis independen maupun sekuritas dan perusahaan publik yang akan membantu para investor pasar modal agar lebih cerdas dalam berinvestasi saham.

Emiten.com sendiri resmi rilis di Google playstore. Platform ini menghadirkan promo akhir tahun berlangganan Rp 199.000 untuk akses 12 bulan. Berbagai analisa baik fundamental dan teknikal dihadirkan dalam aplikasi emiten.com.

“Hingga saat ini kami hanya menerima analis yang memang bersertifikasi namun juga berpengalaman dan sisi positifnya lagi adalah analis saham yang memang berniat kontribusi di pasar modal Indonesia” ujar Denny Huang, CEO Emiten.com dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jum’at (6/11).

Startup ini hanya sebatas platform aplikasi yang menyediakan idea pandangan dari berbagai analis berpengalaman tersertifikasi tentang perusahaan publik yang bergerak uptrend dan emiten.com tidak ada fitur transaksi jual beli saham maupun fitur transaksi investasi dalam bentuk apapun. 

Denny menambahkan, emiten.com tidak membutuhkan tools ribet karena pada umumnya sekuritas telah menyediakan fitur tersebut dan indikator sudah banyak beredar. Namun platform ini hadir dengan fitur unggulan yaitu kumpulan insight pandangan dari analis analis tanpa bias untuk jual beli hold.

 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN