Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fungsional Perencana Madya Deputi Bidang Kesetaraan Gender KPPPA Wiyarso Suwarsono (tengah bawah), Presiden Director  Axa Finacial Indonesia Niharika Yadav (kiri atas), Presiden Komisaris PT Mandiri AXA General Insurance Julien Steimer (tengah atas), Head of Sales AXA Mandiri Galila Maharipah (kiri bawah), Inspirator Esra Manurung (kanan bawah), Influencer Ariana Octavia (kanan atas) dan presenter BeritaSatu TV Ellyza Hasan saat webinar Wanita Tangguh dan Mandiri Secara Finansial, Jumat (16/4/2021). Webinar yang membahas tentang pentingnya kesiapan finansial  wanita secara mandiri ini merupakan kerjasama antara BeritaSatu Media Holdings dengan AXA Mandiri dan AXA. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Fungsional Perencana Madya Deputi Bidang Kesetaraan Gender KPPPA Wiyarso Suwarsono (tengah bawah), Presiden Director Axa Finacial Indonesia Niharika Yadav (kiri atas), Presiden Komisaris PT Mandiri AXA General Insurance Julien Steimer (tengah atas), Head of Sales AXA Mandiri Galila Maharipah (kiri bawah), Inspirator Esra Manurung (kanan bawah), Influencer Ariana Octavia (kanan atas) dan presenter BeritaSatu TV Ellyza Hasan saat webinar Wanita Tangguh dan Mandiri Secara Finansial, Jumat (16/4/2021). Webinar yang membahas tentang pentingnya kesiapan finansial wanita secara mandiri ini merupakan kerjasama antara BeritaSatu Media Holdings dengan AXA Mandiri dan AXA. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Perempuan Harus Tingkatkan Literasi Keuangan agar Mandiri

Sabtu, 17 April 2021 | 22:09 WIB
Ester Nuky ,Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Perempuan harus meningkatkan literasi keuangan sehingga mempunyai penghasilan dan bisa mandiri finansial. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), akses untuk berinvestasi portofolio kini juga terbuka lebar di tengah pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas lebih banyak di rumah.

Berdasarkan catatan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) serta Komnas Perempuan yang dirilis belum lama ini, kasus kekerasan domestik terhadap perempuan meningkat sekitar 75% sejak pandemi Covid-19 merebak pertama kali awal Maret tahun lalu. Faktor utama penyebabnya antara lain adalah masalah ekonomi.

President Director of AXA Financial Indonesia, Global Sponsor D&I of AXA Indonesia Niharika Yadav mengatakan, literasi keuangan pada perempuan di Indonesia masih rendah sebesar 36%. Untuk itu, pihaknya mencoba untuk fokus mendukung perempuan untuk bisa mandiri secara finansial melalui peningkatan literasi.

Empoerment program 2021 AXA Mandiri
Empoerment program 2021 AXA Mandiri

Pasalnya, kemandirian finansial adalah langkah pertama bagi perempuan untuk memecahkan belenggu dan keluar dari kondisi saat ini yang masih dijumpai kekerasan domestik pada perempuan.

“Di luar sana sampai saat ini masih ada ketergantungan keuangan hanya pada suami atau laki-laki. Nah, financial independence perlu bagi wanita agar tidak tergantung pada pasangan. Hal ini juga untuk menghindari kekerasan domestik terhadap perempuan yang meningkat di masa pandemi. Itulah sebabnya, AXA meningkatkan literasi keuangan untuk membantu menjadi wa nita-wanita tangguh,” kata Niharika, dalam webinar “Wanita Tangguh dan Mandiri Secara Finansial”, Jumat 16 April 2021.

Webinar ini diselenggarakan oleh AXA Mandiri dan AXA, bekerja sama dengan BeritaSatu Media Holdings. Hadir pula dalam webinar tersebut adalah Country CEO AXA Indonesia, Komisaris PT AXA Mandiri Financial Services, dan Presiden Komisaris PT Mandiri AXA General Insurance Julien Steimer; Kepala Bidang Kesetaraan Gender dalam Politik Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Wiyarso Suwarsono; Head of Sales AXA Mandiri Galila Maharipah; influencer Ariana Octavia; serta survivor Esra Manurung. Niharika mengatakan lebih lanjut, dalam Empowerment Program 2021 yang kini dilaksanakan AXA, ada dua hal pokok yang dilakukan untuk membantu perempuan.

Industri Asuransi Jiwa menjaga dan melaksanakan komitmen kepada nasabah
Industri Asuransi Jiwa menjaga dan melaksanakan komitmen kepada nasabah

Pertama, meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Ini lewat perencanaan keuangan yang diajarkan lewat Webinar Mengatur Keuangan. Selain itu ada program keterampilan meliputi Do It Yourself (DIY), Webinar Kesehatan Mental, dan Webinar Pengembangan Keluarga.

“Yang kedua, membuka peluang bagi perempuan agar dapat mandiri secara finansial. Ini dilakukan lewat pelatihan profesi agen (asuransi) dan pelatihan UMKM,” ucap Niharika.

Sementara itu, Wiyarso Suwarsono membenarkan kekerasan domestic terhadap perempuan meningkat di masa pandemi. Faktor utama kekerasan ini terkait masalah kepribadian pasangan, ekonomi, pendidikan, pekerja dengan upah rendah, serta sosial budaya yang menempatkan perempuan sebagai pelayan laki-laki atau kedudukannya lebih rendah.

Overview perusahaan asuransi per Februari 2021: Aset asuransi
Overview perusahaan asuransi per Februari 2021: Aset asuransi

Program Aman untuk Semua

Julien memaparkan, pihaknya mencermati kenyataan masih ditemuinya kekerasan dalam rumah tangga yang meningkat secara global, tak terkecuali di Indonesia, khususnya Jakarta. Data statistik juga menunjukkan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga akibat masalah krisis keuangan, mayoritas korbannya adalah perempuan. Ada pula bukti bahwa krisis keuangan mengarah pada peningkatan perilaku kekerasan domestik.

Merespons hal tersebut, AXA Mandiri dan AXA Financial Indonesia mengambil peran aktif untuk bergandengan tangan dengan pemerintah dan lembaga nonpemerintah meluncurkan Program Aman untuk Semua, yang berarti semua orang berhak untuk merasa aman.

Literasi keuangan dan inkulsi perempuan Indonesia
Literasi keuangan dan inkulsi perempuan Indonesia

“Sebagai perusahaan asuransi, misi AXA di Indonesia adalah melindungi kesehatan masyarakat hingga melindungi korban kekerasan. Setiap orang punya kesempatan mencapai mimpi mereka, semangat ini diturunkan ke Program Aman untuk Semua, program yang melindungi korban kekerasan. Dan, kini, Program Aman untuk Semua di fase pemberdayaan perempuan,” kata Julien.

Sepanjang tahun 2020, tercatat sebanyak 67 ribu partisipan dari berbagai komunitas mendapat manfaat dalam webinar Aman untuk Semua yang diselenggarakan AXA. Ini mulai dari edukasi hingga pemberdayaan yang diberikan melalui webinar.

Overview perusahaan asuransi per Februari 2021: Pendapatan premi asuransi
Overview perusahaan asuransi per Februari 2021: Pendapatan premi asuransi

“Kami komitmen terus melindungi masyarakat Indonesia, memberikan edukasi dan meningkatkan kepercayaan diri dalam program ini. Saya percaya semua punya talenta dan kesempatan untuk bertumbuh dan jadi sukses,” ucap dia.

Pihaknya juga mengingatkan agar para perempuan lebih berani untuk mencapai cita-citanya, dan bisa lebih mengembangkan diri ke depan. Perempuan juga bisa mencari bantuan dari pihak yang kompeten.

It’s okay not to be okay, tapi kita harus berani melawan rasa takut dan harus berada di komunitas positif. Now you can, yakin kita bisa, bersama AXA you never walk alone,” imbuh Julien. (pri)

Baca juga

https://investor.id/finance/inklusi-keuangan-perempuan-indonesia-75

https://investor.id/finance/perempuan-harus-berpengetahuan-dasar-perencanaan-keuangan

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN