Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
EO & Co-Founder DANA Vince Iswara di acara konferensi pers virtual Kampanye #XiapCuan, Selasa (9/2)

EO & Co-Founder DANA Vince Iswara di acara konferensi pers virtual Kampanye #XiapCuan, Selasa (9/2)

Pengguna Dompet Digital DANA Capai 79 Juta

Rabu, 4 Agustus 2021 | 19:46 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Penyelenggara dompet digital (e-wallet) DANA mengungkapkan telah memiliki lebih dari 79 juta pengguna sampai Juli 2021. Seiring dengan capaian tersebut, DANA menjadi aplikasi finansial Indonesia dan Asia Tenggara yang paling banyak diunduh.

CEO & Co-Founder DANA Vince Iswara menyampaikan, pertumbuhan signifikan dirasakan sejak awal kemunculan DANA di tanah air. Merujuk pada data yang terhimpun dalam perusahaan penyedia analisis aplikasi dan data pasar aplikasi yakni App Annie, lonjakan tertinggi berlangsung 32 bulan setelah diluncurkannya dompet digital DANA ke publik. Dalam peluncuran perdananya saat itu, jumlah pengguna melesat hingga mencapai 40 juta.

"Merujuk pada data pertumbuhan yang DANA miliki, pertumbuhan jumlah pengguna masih konstan terjadi di mana DANA kini menyentuh angka lebih dari 79 juta pengguna pada akhir bulan Juli tahun 2021," kata Vince melalui siaran pers, dikutip Investor Daily (4/8).

Selaras dengan jumlah penggunanya yang kian menanjak, dia menerangkan, DANA juga menguatkan peringkatnya sebagai aplikasi finansial di Indonesia dan Asia Tenggara yang paling banyak diunduh pada ponsel pintar berbasis iOS dan Android pada kuartal II-2021 berdasarkan App Annie. Peringkat pertama itu umumnya diraih perusahaan secara berkelanjutan.

Vince mengungkapkan, pertumbuhan terjadi seiring dengan semakin matangnya kapabilitas teknologi dan fitur yang dimiliki. Usia muda memberikan banyak ruang untuk perusahaan bereksplorasi dan berinovasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Pihaknya menyadari akan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi digital #BebasDrama dengan kriteria serba praktis, aman, dan terlindungi.

"Bergerak dari aspirasi ini, DANA senantiasa melahirkan segudang inisiatif baru yang tepat guna dan menghasilkan peningkatan jumlah pengguna sampai penguatan jumlah unduhan aplikasi DANA yang terekam di iOS dan Android. DANA percaya pencapaian ini tak lain bertujuan untuk mengejar akselerasi adopsi transaksi digital dan teknologi finansial yang inklusif," jelas dia.

Guna menopang tingginya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap teknologi finansial digital yang tercermin melalui pertumbuhan DANA, edukasi berkelanjutan pun tetap digencarkan. Hal itu dilakukan lewat kampanye baru bertajuk 'Pakai DANA #BebasDrama' yang telah dikomunikasikan melalui pelbagai kanal yang perusahaan miliki.

Pada kampanye teranyar itu, DANA menanamkan ulang beragam manfaat dompet digital yang terangkum dalam tiga prinsip utama, yaitu keamanan bertransaksi, solusi keuangan yang terintegrasi, serta teknologi pintar yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Jaminan keamanan yang diberikan kepada pengguna ini ditopang oleh beragam perlindungan DANA yang berlapis, termasuk salah satunya kebijakan DANA Protection yang memberikan jaminan proteksi 100%.

Selanjutnya, DANA tak lupa memastikan kemudahan (seamless) bertransaksi digital pengguna. Kemudahan tersebut dimaksudkan agar pengguna dapat merasakan langsung integrasi solusi keuangan yang ditawarkan perusahaan. Perusahaan merefleksikan kemampuannya melalui berbagai fitur yang relevan dengan kehidupan pengguna sehari-hari, mulai dari pengiriman uang, pembayaran tagihan, hingga pembelanjaan daring.

Guna mendukung keamanan dan kemudahan yang ditawarkan, DANA memperkuat layanannya dengan membenamkan teknologi pintar. Selaku perusahaan teknologi finansial yang mengedepankan teknologi di garda terdepan, pengembangan teknologi-teknologi pintar menjadi sebuah tanggung jawab besar yang diemban DANA.

Oleh karena itu, DANA menyematkan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) teknologi baru yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran atas sebuah transaksi. Hingga menggunakan risk engine/fraud detection engine berbasis kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) untuk mengantisipasi kejahatan siber.

"Ketiga prinsip utama ini diharapkan mampu merepresentasikan manfaat DANA baik secara fungsional maupun emosional. Secara fungsional yakni menjadikan DANA sebagai sebuah solusi terintegrasi yang memudahkan pembayaran dan pengelolaan finansial, sementara secara emosional yaitu menggiring pengguna agar mampu mengandalkan DANA dalam berbagai kebutuhannya," tutup Vince.

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN