Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Head of Consumer Product, Preferred & Personalization PT Bank CIMB Niaga Tbk Noviady Wahyudi pada acara Diskusi Bersama CIMB Niaga, Kamis (23/9). Foto: Ist

Head of Consumer Product, Preferred & Personalization PT Bank CIMB Niaga Tbk Noviady Wahyudi pada acara Diskusi Bersama CIMB Niaga, Kamis (23/9). Foto: Ist

Agustus, Tabungan CIMB Niaga Tumbuh Double Digit

Kamis, 23 September 2021 | 18:52 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatat dana murah berupa giro dan tabungan (current account saving account/CASA) masih di rasio yang baik, di antaranya didorong pertumbuhan double digit dari dana tabungan pada Agustus 2021. Perseroan terus berupaya mempertahankan pertumbuhan tersebut dengan serangkaian inovasi seperti menghadirkan tabungan digital.

Head of Consumer Product, Preferred & Personalization CIMB Niaga Noviady Wahyudi menyampaikan, pencapaian CASA menjadi salah satu indikator yang disorot perusahaan untuk dibandingkan dengan bank lain. Hal itu menjadi komponen penting agar biaya dana (cost of fund/CoF) dapat ditekan dan menghasilkan tingkat bunga yang kompetitif.

Oleh karena itu, saat ini perusahaan terus berupaya menjaga rasio CASA tetap tinggi, berikut menjaga pertumbuhan dana tabungan.

"Jadi memang tabungan itu salah satu backbone semua bank di Indonesia. Kami senang sekali sampai dengan Agustus 2021 kami bisa tumbuh double digit. Jadi kita bisa continue tumbuh lebih dari 10% secara year on year sampai dengan Agustus 2021," kata Noviady pada acara Diskusi Bersama CIMB Niaga, Kamis (23/9).

Dia menerangkan, pertumbuhan tabungan yang menjadi bagian dari dana pihak ketiga (DPK) mesti tetap dijaga jika nasabah secara aktif memakai rekeningnya. Dalam hal ini, studi internal perseroan menemukan adanya korelasi antara intensitas transaksi nasabah dengan pertumbuhan tabungan.

"Kita terus mencoba agar nasabah tetap memiliki banyak pilihan sehingga melakukan transaksi. Analoginya, semakin sering transaksi di OCTO Mobile, semakin mengenal, maka akan sering dipakai sehingga dananya bertambah dan bisa mengambil produk keuangan lainnya," jelas Noviady.

Menurut dia, kualitas layanan memang bisa terus ditingkatkan, tapi masyarakat juga perlu mengenal dan memahami isi dari layanan tersebut. Sehingga upaya inovasi akan berjalan beriringan dengan penetrasi literasi layanan kepada masyarakat agar hasil yang diharapkan bisa optimal. Termasuk juga memastikan inovasi yang dihadirkan telah sesuai dengan preferensi masyarakat.

"Kita juga terus menghadirkan layanan berbasis personal. Hal itu dilakukan melalui kepemilikan data analisis untuk dapat memahami perilaku nasabah. Kalau digali lebih dalam lagi, memang perilaku tidak bisa disamaratakan. Tapi ketika nantinya nasabah masuk ke OCTO Mobile, nasabah bisa merasa telah sesuai dengan preferensinya," beber Noviady.

Tabungan Digital

Pekerja sedang membersihkan logo Bank CIMB Niaga di Jakarta. Foto ilustrasi:  Beritasatu Photo/Uthan AR
Pekerja sedang membersihkan logo Bank CIMB Niaga di Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR


Pada saat sama, serangkaian transformasi produk dan layanan perbankan dalam rangka merespon berbagai perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat dibuktikan oleh CIMB Niaga. Pada lembaran pertama transformasi, perusahaan memperkenalkan pembukaan rekening tabungan secara digital melalui Super App OCTO MObile, dengan produk unggulan OCTO Savers dan OCTO Savers-iB.

Melalui OCTO Mobile, nasabah bisa membuka tabungan digital OCTO Savers baik konvensional maupun Syariah (OCTO Savers-iB) dengan praktis, langsung dari ponsel di genggaman tangan, tanpa perlu datang ke kantor cabang. Hal ini sekaligus mendukung gaya hidup yang sehat dan aman, karena seluruh proses mulai dari pengisian data hingga verifikasi dilakukan lewat aplikasi tanpa perlu keluar rumah.

"OCTO Savers merupakan transformasi dari tabungan 'ON Account' dengan manfaat lebih besar. Setiap bulan, nasabah bisa memperoleh total 60 kali transaksi tanpa biaya apabila saldo tabungan pada akhir bulan sebelumnya mencapai minimal Rp 2 juta, dan tanpa biaya administrasi bulanan. Nasabah juga tidak dikenakan biaya di bawah saldo minimum apabila saldo rata-rata tabungan mencapai minimal Rp 2 juta," kata Noviady.

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam mengakses OCTO Savers, CIMB Niaga telah menyiapkan beragam program yang menarik. Di antaranya, cashback hingga Rp 500 ribu dan e-ticket bidding berhadiah iPhone 12. Program tersebut berlaku hingga 30 September 2021.

Selain program tersebut, CIMB Niaga juga memberikan benefit lainnya bagi para karyawan yang perusahaan tempatnya bekerja menggunakan OCTO Savers payroll untuk pembayaran gaji. Di samping lebih lancar dan efisien bagi perusahaan, karyawan yang menjadi nasabah OCTO Savers payroll juga bisa menikmati fitur free banking, serta tidak dikenakan biaya di bawah saldo minimum tanpa syarat.

Noviady menambahkan, pengenalan tabungan digital OCTO Savers merupakan bagian dari rangkaian Bulan Ulang Tahun ke-66 CIMB Niaga. Inisiatif ini sejalan dengan strategi transformasi digital CIMB Niaga untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan menjadi langkah simplifikasi produk tabungan di CIMB Niaga, sehingga bisa melayani kebutuhan nasabah dengan lebih tepat.

"Dengan seluruh proses yang terintegrasi dari satu aplikasi OCTO Mobile, nasabah hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk membuka tabungan OCTO Savers. Kepraktisan pembukaan tabungan melalui platform digital tersebut, diharapkan makin meningkatkan minat masyarakat untuk mengakses produk dan layanan jasa perbankan," tutur Noviady.

Dia menambahkan, transformasi yang dilakukan bukan hanya dilakukan para produk tabungan, tapi juga pada produk kartu kredit, pinjaman, sampai KPR. Adopsi digital menjadi keharusan guna menghadapi masa mendatang, sehingga nasabah punya pilihan alternatif untuk melakukan berbagai kebutuhan finansial.

"Produk yang diperkenalkan saat ini adalah lembaran pertama dari transformasi produk tabungan digital, nanti akan ada lanjutan. Produk yang banyak digunakan itu diantaranya adalah tabungan, kartu kredit dan KTA. Tiga produk itu yang dalam tahap pertama ditransformasi. Nanti juga akan ada kartu kredit digital atau tanpa plastik, serta produk pinjaman digital langsung dari CIMB Niaga," tandas Novialdy.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN