Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
AXA Mandiri Syariah menyalurkan sebagian dana surplus underwriting atas penjualan produk asuransi syariah tahun 2020 sebesar Rp. 646.8 juta ke BAZNAS

AXA Mandiri Syariah menyalurkan sebagian dana surplus underwriting atas penjualan produk asuransi syariah tahun 2020 sebesar Rp. 646.8 juta ke BAZNAS

Bantu Penanggulangan Covid-19, AXA Mandiri Salurkan Dana Surplus Underwriting melalui BAZNAS

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:06 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Dalam rangka membantu pemerintah mencegah dan menanggulangi penyebaran virus Covid-19, PT AXA Mandiri Financial Services unit Syariah (AXA Mandiri Syariah), menyalurkan sebagian dana surplus underwriting atas penjualan produk asuransi syariah tahun 2020 sebesar Rp. 646.8 juta yang akan disalurkan sebagai dana sosial melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 

Dana tersebut akan disalurkan melalui program-program BAZNAS dalam penanggulangan Covid-19 agar masyarakat tetap dapat bertahan selama pandemi. 

Penyerahan simbolis sebagian dana surplus underwriting diserahkan oleh Direktur AXA Mandiri Uke Giri Utama kepada Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. Noor Achmad, MA., disaksikan oleh Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si, Saidah Sakwan, M.A, serta perwakilan mitra salur AXA Mandiri Syariah, yang diselenggarakan secara virtual dan live melalui kanal YouTube BAZNAS TV, Selasa (19/10/).

Dana surplus underwriting adalah selisih antara pendapatan dan pengeluaran Dana Tabarru’ untuk tahun berjalan sebagaimana ditetapkan dalam Polis.

Biasanya selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru ini didapatkan setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. 

Sejak tahun 2012, AXA Mandiri Syariah telah menyalurkan sebagian dana surplus underwriting kepada BAZNAS. Kerja sama ini telah memberikan dampak positif bagi pemenuhan kebutuhan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang dikelola BAZNAS. Program-program tersebut di antaranya adalah bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan,, dan kemanusiaan.

Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, menyampaikan apresiasi kepada AXA Mandiri Syariah yang telah mempercayakan dana sosialnya melalui BAZNAS. 

Alhamdulillah kami masih dapat terus bekerja sama dengan AXA Mandiri Syariah. Kami berterima kasih dan mendukung penuh upaya AXA Mandiri Syariah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran sebagian dana surplus underwriting ini, yang tentunya akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya demi kemaslahatan umat. Upaya AXA Mandiri Syariah yang terus-menerus menyebar kebaikan, terutama di situasi seperti ini akan berdampak langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Prof Noor mengatakan, dana sosial dari AXA Mandiri Syariah ini akan digunakan untuk program darurat BAZNAS dalam penanggulangan Covid 19 seperti program pemberian paket darurat, Kita Jaga Kyai, Kita Jaga Usaha, dan Kita Jaga Yatim. Program-program ini juga sebagai bentuk implementasi dukungan dana zakat, infak, dan sedekah dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanggulangan Covid-19. 

Sementara itu, Direktur AXA Mandiri Uke Giri Utama menyampaikan, penyerahan dana sosial ini menunjukkan komitmen bahwa perusahaan tidak hanya berbisnis, tetapi juga mengedepankan amanah dari para peserta asuransi syariah untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam kondisi seperti sekarang. 

“Kami berharap dapat berkontribusi dalam membantu para mustahik dalam menjaga dan memulihkan kondisi kesehatan fisik dan mental. Dengan demikian, mereka tidak hanya dapat bertahan hidup dalam kondisi seperti ini, melainkan terus dapat melanjutkan hidup dengan baik”

Pada tahun 2020, AXA Mandiri Syariah telah memberikan perlindungan asuransi syariah kepada lebih dari 45 ribu peserta. Sedangkan dari sisi pendapatan kontribusi, di tahun 2020 AXA Mandiri Syariah mencatatkan pendapatan kontribusi sebesar lebih dari Rp 434 miliar.

Pendapatan tersebut diperoleh melalui berbagai macam produk asuransi syariah, seperti Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah, Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah, dan lain-lain yang dipasarkan melalui ratusan cabang Bank Syariah Indonesia (BSI).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Distributions & Sales Bank Syariah Indonesia Anton Sukarna juga menyampaikan bahwa sinergi antara BSI, AXA Mandiri Syariah dan Baznas diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh pihak, sehingga dapat membantu pembangunan ekonomi negara dan menyejahterakan masyarakat.

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN