Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jajaran Pejabat Eksekutif PT Asuransi BRI Life pada acara Media Gathering di Jakarta, Selasa (26/10). Foto: Investor Daily/Prisma Ardianto

Jajaran Pejabat Eksekutif PT Asuransi BRI Life pada acara Media Gathering di Jakarta, Selasa (26/10). Foto: Investor Daily/Prisma Ardianto

Kuartal III, BRI Life Raup Laba Rp 120 Miliar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:34 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Asuransi BRI Life (BRI Life) meraup laba bersih Rp 120 miliar, tumbuh positif 149% year on year (yoy) sampai kuartal III-2021. Laba disokong perbaikan hasil investasi dan pertumbuhan pendapatan premi.

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila menyampaikan, pendapatan premi sampai dengan kuartal III-2021 melampaui ekspektasi perusahaan. Sedangkan realisasi hasil investasi diharapkan setidaknya bisa bertahan positif sampai akhir tahun. Tantangan lain adalah terus menyederhanakan proses bisnis agar lebih efisien.

"Tahun lalu di September kita rugi Rp 90 miliar, sekarang laba Rp 120 miliar atau tumbuh 149% year on year. Sampai akhir tahun diproyeksi masih positif, harapan kita bisa di atas itu," kata Iwan di Jakarta, Selasa (26/10).

Dia menerangkan, total pendapatan usaha mencapai BRI Life mencapai Rp 5,25 triliun atau meningkat sebesar 22,29% (yoy) hingga kuartal III-2021. Kepercayaan nasabah yang kian meningkat pun dinilai mendongkrak pendapatan premi menjadi Rp 4,45 triliun atau meningkat 9,85% (yoy).

Premi unit link tumbuh 20-30%, pertumbuhan juga dicatatkan asuransi mikro, sedangkan asuransi jiwa kredit (AJK) relatif menurun sebagai dampak sepinya penyaluran kredit BRI. Meski begitu, target pertumbuhan premi 10% tetap diupayakan di akhir tahun. Portofolio premi berdasarkan annual premium equivalent (APE) masih akan diperoleh 35% dari unit link, AJK 30%, dan asuransi mikro sekitar 30%.

Selain itu, kata dia, hasil investasi tercatat mencapai Rp 520,76 miliar di kuartal III-2021, meningkat signifikan dibandingkan perolehan Rp 14,80 miliar pada periode sama tahun lalu. Saat ini, portofolio investasi mulai banyak ditempatkan pada SUN dan obligasi korporasi. Sedangkan instrumen saham relatif sedikit karena memang produk yang dipasarkan cenderung kurang cocok dengan aset investasi tersebut.

Adapun klaim dan manfaat bruto sampai dengan kuartal III-2021 tumbuh 44,10% (yoy) menjadi Rp 4,01 triliun. Iwan mengungkapkan, peningkatan klaim yang cukup agresif itu banyak terjadi pada bulan Juli, Agustus, dan September 2021 untuk polis AJK. Tren tersebut mulai melandai pada bulan Oktober 2021.

Sementara itu, total Aset BRI Life tumbuh sebesar 43,36% dari Rp 12,09 triliun di tahun 2020 meningkat menjadi Rp17,33 triliun pada periode tahun ini. Rasio risk based capital (RBC) pun naik lebih dari dua kali lipat, naik dari 205% pada 2020 menjadi 471% pada September 2021. Kinerja tersebut tentu tidak lepas dari masuknya FWD sebagai salah satu pemegang saham BRI Life.

"Per Maret 2021 BRI Life mengeluarkan saham baru kepada FWD setara 30%. Dalam hal ini pemegang saham lain termasuk BRI tidak berkurang. Kami akan mengeluarkan saham baru lagi pada dua tahun mendatang, sehingga nantinya FWD bisa pegang 44% dan BRI sebesar 51%, sisanya YKP (Yayasan Kesejahteraan Pegawai)," beber dia.

Iwan juga menyampaikan jumlah pemegang polis BRI Life terus tumbuh hingga mencapai 15,02 juta nasabah di kuartal III-2021 atau meningkat sebesar 34,81% (yoy).

"Harapan kita bisa capai 25 juta pemegang polis, mungkin pada tahun 2025. Jadi mesti ada strategi, BRI mendorong penggunaan digital dan FWD dinilai cocok untuk terlibat penetrasi asuransi mikro," kata dia.

Aplikasi Mobile

BRI Life. Foto logo: aaji.or.id
BRI Life. Foto logo: aaji.or.id


Sementara itu, Direktur Operasional BRI Life Yosie William Iroth memaparkan, salah satu upaya pemanfaatan teknologi digital oleh perusahaan yakni meluncurkan aplikasi mobile customers apps dalam waktu dekat. Aplikasi untuk keperluan layanan nasabah/pemegang polis itu yang akan memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan transaksi bagi nasabah.

“Salah satu terobosan bisnis BRI Life adalah memberikan pengalaman yang terbaik bagi nasabah asuransi, melalui pendekatan pelanggan dengan menawarkan produk yang inovatif, mudah dipahami dan relevan bagi para nasabah, serta meningkatkan kualitas layanan yang prima," jelas dia.

Yosie menuturkan, perusahaan juga akan terus mengoptimalkan lima jalur pemasaran saat ini seperti distribusi, in branch sales, alternatif, corporate dan agency. Khusus kanal distribusi, pihaknya telah memanfaatkan kemampuan teknologi sehingga layanan bisa sesuai kebutuhan nasabah (needs-based- selling).

"Asuransi BRI Life akan terus berusaha untuk tetap menjaga kepercayaan nasabah dan masyarakat, dengan menawarkan produk asuransi yang dapat diterima oleh masyarakat, serta merekrut tenaga pemasaran berlisensi yang handal dan berkualitas, guna memberikan pelayanan terbaik" kata Yosie.

Adapun menyambut hari jadi yang ke-34, Dia menambahkan, BRI Life menyediakan berbagai rangkaian kegiatan yang digelar selama satu bulan penuh untuk masyarakat. Kegiatan yang dimaksud antara lain fun walk, fun bike, fun run, lomba photography, literasi dan edukasi keuangan masyarakat, serta kegiatan corporate social responsibility (CSR) di enam tempat di Jakarta. Puncak acara digelar secara virtual dan offline (hybrid) pada 28 Oktober 2021

"Bertepatan dengan hari jadinya, BRI Life akan melakukan inisiatif positif dalam hal meningkatkan penetrasi pemasaran produk asuransi Pijar, salah satu produk asuransi mikro yang akan dijual melalui tenaga pemasar Bank BRI, diharapkan sampai tahun 2022 produk ini akan memberikan kontribusi dari kanal distribusi," imbuh Yosie.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN