Menu
Sign in
@ Contact
Search
Modalku

Modalku

Modalku Virtual Credit Bidik Akuisisi 10 Ribu Borrower

Kamis, 28 Okt 2021 | 23:20 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Penyelenggara fintech p2p lending Modalku meluncurkan produk paylater bernama bernama Modalku Virtual Credit untuk para pelaku UMKM. Produk itu ditargetkan bisa mengakuisisi 5-10 ribu peminjam (borrower) di tahun pertama.

Head of Growth and Partnership Modalku Arthur Adisusanto menyampaikan, fasilitas paylater yang ditawarkan diharapkan bisa memberikan keleluasaan kepada UMKM. Khususnya agar mendapatkan tempo yang lebih panjang dan membantu dalam mengontrol arus kas dengan baik.

Menurut dia, pemasukan atau piutang dari UMKM seringkali bersifat fluktuatif dari waktu ke waktu, terutama di masa-masa pandemi yang masih berkepanjangan dan tidak menentu. Pihaknya berharap fasilitas itu dapat digunakan secara optimal oleh UMKM sehingga lebih memudahkan untuk melakukan transaksi.

"Mungkin dari sisi target, kita selalu ambisius karena saat pandemi UMKM tidak memiliki akses ke virtual credit. Di tahun pertama kita mau bisa akuisisi 5-10 ribu. Jadi itu angka yang menurut kami achievable tapi juga ambisius," kata Arthur pada Virtual Press Conference Modalku, Kamis (28/10).

Dia pun mengungkapkan, strategi utamanya dalam melakukan penetrasi produk paylater bagi UMKM itu utamanya dilakukan melalui kanal digital. Selain itu, penetrasi juga bakal dilakukan secara offline melihat banyak dari UMKM yang dinilai belum lekat dengan pemanfaatan digital.

Sementara itu, Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk memajukan perkembangan bisnis UMKM yang memiliki keterbatasan dalam mendapatkan penawaran kredit usaha oleh institusi keuangan konvensional. Fasilitas Modalku Virtual Credit dapat digunakan oleh UMKM individual maupun berbadan usaha (PT/CV).

"Kami secara konsisten mengamati perkembangan industri pendanaan digital dan menemukan adanya kebutuhan konsumen terhadap produk finansial yang tersedia saat ini. Modalku Virtual Credit merupakan sebuah inovasi untuk mempermudah para pelaku UMKM dalam pemenuhan kebutuhan bisnisnya. Harapannya melalui Modalku Virtual Credit, pelaku UMKM dapat terbantu dalam meningkatkan volume penjualan, operasional, serta keuntungan bisnis," imbuh dia.

Modalku Virtual Credit merupakan fasilitas paylater bisnis berupa layanan pinjaman yang diberikan dalam bentuk limit kredit yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara digital di platform atau supplier online dan offline. Dengan proses persetujuan yang cepat, fasilitas ini dapat digunakan untuk menambah stok barang, mengembangkan usaha, serta kebutuhan mendesak para pelaku UMKM.

Adapun limit kredit yang ditawarkan disesuaikan dengan skala bisnisnya. Kategori UMKM individual bisa mendapatkan limit kredit hingga Rp 100 juta, sedangkan limit sebesar Rp 500 juta ditetapkan untuk UMKM berbadan usaha. Tentu fasilitas ini dapat diajukan UMKM tanpa perlu memiliki agunan.

Modalku melihat adanya kebutuhan dari segmen UMKM yang ditargetkan, misalnya pemilik usaha individu yang tidak memiliki akses untuk melakukan pembayaran dengan tempo dengan limit besar saat melakukan transaksi di platform marketplace/online. Sedangkan bisnis yang sudah berbadan usaha seringkali bergantung pada tempo pembayaran yang diberikan oleh supplier, namun supplier tidak dapat memberikan tempo lebih panjang sesuai dengan kebutuhan bisnis sehingga menimbulkan celah di dalam kelancaran arus kas UMKM.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura, Malaysia, dan Thailand dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 26,47 Triliun kepada lebih dari 4,8 juta transaksi pinjaman UMKM.   

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com