Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nasabah Prudential menuntut pertanggungjawaban di Gedung Wisma Mulia 2, Jakarta, Selasa (11/1/2022). Foto: IST

Nasabah Prudential menuntut pertanggungjawaban di Gedung Wisma Mulia 2, Jakarta, Selasa (11/1/2022). Foto: IST

Ketika Kantor AIA, AXA Mandiri, dan PrudentialDisambangi Nasabah Unit Link

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:31 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Hari ke-4 di Jakarta, kelompok nasabah korban unit link menyambangi kantor perusahaan asuransi penerbit polis yakni AIA, AXA Mandiri, dan Prudential Indonesia pada Jumat (14/1) . Pengembalian dana penuh masih menjadi tuntutan setelah gagal meminta penyelesaian ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ombudsman RI, dan DPR RI.

Koordinator Nasional Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati menyampaikan, pihaknya masih menuntut dana bisa dikembalikan utuh 100%, bukan sebesar 50% seperti opsi penyelesaian yang sempat ditawarkan perusahaan asuransi. Upaya terus dilakukan nasabah dengan mendatangi masing-masing kantor perusahaan asuransi penerbit polis.

"Hari ini komunitas korban asuransi mendatangi ketiga kantor pusat AIA, AXA Mandiri, dan Prudential Indonesia. Tujuannya hanya untuk menuntut pengembalian uang penuh sesuai dengan janji agen pada saat menawarkan. Mereka akan tetap bertahan di kantor sampai uang itu dikembalikan," kata Maria kepada Investor Daily, Jumat (14/1).

Namun demikian, Maria mengatakan, kunjungan ke masing-masing kantor perusahaan asuransi itu pun sampai saat ini tidak membuahkan hasil. Pihaknya hanya bisa bertemu dengan customer service (CS) yang tentu tidak bisa berbuat banyak.

Berdasarkan penuturan Maria sampai dengan pukul 19.30 WIB, para nasabah korban unit link yang berada di Kantor AIA terpaksa membubarkan diri. Sementara nasabah yang berada di Kantor AXA Mandiri dan Prudential Indonesia masih bertahan untuk menuntut haknya.

"Kami akan tetap bertahan sampai uang kami masuk. Karena disinilah uang kami terhisap, ditarik. Jadi kami tetap akan bertahan. Tidak ada alasan (besok) libur, atau apapun. Sebelum uang kami masuk utuh ke rekening, kami tidak akan pergi dari gedung ini," ucap Maria.

Sebelumnya, nasabah korban unit link dijadwalkan melakukan mediasi dengan tiga perusahaan asuransi tersebut. Mediasi difasilitasi OJK pada Selasa (11/1). Tapi karena situasi kurang kondusif, mediasi diselesaikan tanpa adanya kesempatan untuk perusahaan asuransi menyampaikan opsi penyelesaian.

Mediasi pun dilanjutkan pada Rabu (12/1), di Kantor OJK, Gedung Sumitro Djojohadikusumo, Jakarta. Ketika itu, opsi penyelesaian berupa pembayaran 50% dana ditawarkan ketiga perusahaan asuransi. Namun demikian, hal itu ditolak para nasabah karena sejumlah nasabah yang mengajukan pengembalian dana pada kesempatan sebelumnya telah dibayarkan penuh.

Upaya pun berlanjut untuk mengadukan permasalahan pada Ombudsman dan DPR pada Kamis (13/1). Sayangnya langkah itu pun tidak membuahkan hasil, sehingga pada Jumat (14/1), para nasabah memilih untuk menyambangi masing-masing kantor perusahaan asuransi penerbit polis mereka.

Maria sempat bilang, setidaknya ada sebanyak 350 polis dari nasabah korban asuransi unit link AIA, AXA Mandiri, dan Prudential yang berharap dananya bisa dikembalikan penuh. Semua polis itu disebut memiliki nilai sekitar Rp 15 miliar. (pri)

Advertisement

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN