Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Punya Banyak Keunikan, Ringan Optimistis Bisa Bersaing di Industri P2P Lending

Kamis, 27 Januari 2022 | 16:44 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Ringan Teknologi Indonesia optimistis bisa berkompetisi di industri peer to peer (P2P) lending tanah air. Pasalnya, Ringan memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

Chief Executive Officer Ringan Yudhono Rawis menjelaskan, pihaknya ingin menjadi pemain di sektor pembiayaan untuk pelaku UMKM dengan plafom pembiayaan yang lebih besar dari Rp 50 juta. Ketika pasar untuk pembiayaan ke sektor UMKM ini sudah siap, Ringan ingin menyalurkannya dengan skema Kredit Tanpa Agunan (KTA).

"Kami memang ingin solve masalah dari perusahaan UMKM yang biasanya memiliki dokumen keuangan tidak standar," jelas dia dalam acara Media Visit dengan Berita Satu Media Holdings, Kamis (27/1).

Baca juga: Perlindungan Konsumen Peer to Peer Lending

Sementara untuk pembiayaan ke sektor individu dengan ticket size yang lebih kecil, Ringan akan memberikan fasilitas pembiayaan melalui skema paylater. Ringan juga akan masuk ke ekosistem yang bisa mendukung penyaluran pembiayaannya.

Selain menerapkan plafon pembiayaan yang berbeda dari platform lainnya, Ringan juga akan menyediakan fasilitas pembiayaan dengan tingkat bunga rendah. Hal tersebut, menurut Yudhono hanya bisa dilakukan melalui penerapan manajemen risiko yang baik.

"Penerapan manajemen risiko yang baik agar bisa serve pricing rendah ini membutuhkan penggunaan teknologi," kata dia.

Baca juga: Seksinya Investasi di Peer to Peer Lending

Karenanya, Ringan akan menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk membantu proses pengajuan pinjaman. Kecerdasan buatan ini sebelumnya digunakan untuk penerapan credit scoring. Sementara tahun ini, Ringan ingin menggunakan AI untuk smart interview terhadap calon peminjam. Smart interview ini bisa dilakukan melalui kerjasama dengan One Connect Financial Technology yang masih berada dalam satu grup dengan Ringan.

"Kami juga akan menggunakan AI untuk follow up telpon dalam pemprosesan peminjaman. AI juga akan digunakan untuk collection," tearng dia.

Adapun Ringan adalah bagian dari Lufax Holdings, anak usaha dari Ping An Insurance (Group) Company of China Ltd. Perusahaan mendapatkan izin peer to peer lending dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Agustus 2021.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN