Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi beragam ukuran emas batangan. ( Foto: Thomas Samson/AFP/Getty Images )

Ilustrasi beragam ukuran emas batangan. ( Foto: Thomas Samson/AFP/Getty Images )

4 Alasan Memilih UBS Gold sebagai Pilihan Investasi Anda

Jumat, 28 Januari 2022 | 18:14 WIB

JAKARTA, investor.id - Berinvestasi menjadi tren yang mulai menanjak popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Generasi milenial dan setelahnya sudah banyak yang mengubah pola pikirnya dan lebih memilih berinvestasi dibanding menabung untuk mengembangkan dana yang mereka miliki demi kebutuhan masa depan mereka.

 Salah satu pilihan investasi yang dipilih adalah dengan membeli logam mulia atau emas batangan. Tidak sedikit alasan memilih emas batangan sebagai investasi paling menguntungkan dan juga proses untuk memulai berinvestasi bisa dikatakan minim prosedur dan sangat mudah jika dibandingkan dengan jenis dan produk investasi lainnya. Di Indonesia, para investor emas memiliki dua pilihan mendapatkan emas batangan, yaitu produk emas PT Aneka Tambang atau yang biasa dikenal sebagai Emas Antam, dan produk emas batangan dari PT Untung Bersama Sejahtera atau yang lebih dikenal sebagai UBS Gold atau Emas UBS.

Terlepas dari apakah itu emas Antam atau emas UBS, memilih emas batangan sebagai pilihan investasi dinilai sebagai pilihan yang pintar bagi investor pemula karena jenis investasi ini paling aman dibanding jenis investasi lainnya.

Selain karena nilainya yang terus naik, keuntungan lain dari jenis investasi ini adalah kemampuan emas batangan yang bertahan terhadap inflasi ekonomi maupun politik dunia. Tidak hanya itu saja, emas batangan juga lebih mudah dicairkan ketika Anda membutuhkan dana darurat. Bandingkan dengan produk investasi lain, seperti properti, saham atau reksadana, yang memiliki kecenderungan masa pencairan yang relatif lama. Karena itulah, jika ingin berinvestasi jangka panjang, emas batangan bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda.

Dengan dua produk emas batangan yang beredar di Indonesia, tidak sedikit yang kemudian bingung menentukan emas batangan terbaik yang bisa dipilih, apakah emas Antam atau emas UBS. Kedua produk tersebut tentunya memiliki karakternya masing-masing, yang pada akhirnya memunculkan perbedaannya sendiri-sendiri yang kemudian menjadi keunggulan tersendiri dari setiap produk.

 Sesuai namanya, emas UBS atau UBS Gold adalah emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Perusahaan ini merupakan perusahaan swasta yang berada di Surabaya dan sudah berdiri sejak tahun 1981, bergerak tidak hanya diproduksi emas batangan, tapi juga memproduksi berbagai macam perhiasan emas yang banyak beredar di pasaran saat ini.

 Lalu, apakah emas UBS layak untuk dipilih sebagai produk investasi Anda? Mari kita lihat sejumlah alasannya di bawah ini!

Produk Memiliki Ukuran Lebih Besar

Bagaimanapun juga, sensasi memiliki emas dengan dimensi yang lebih besar memberikan kepuasan tersendiri. UBS Gold memenuhi keinginan tersebut. Jika dibandingkan dengan produk emas batangan yang dikeluarkan PT Antam, dimensi emas UBS bisa dikatakan lebih besar meski beratnya dalam kategori ukuran yang sama.

 Karena alasan dimensi yang lebih besar itu juga yang menjadikan emas UBS sangat menarik untuk bisa dijadikan koleksi. Selain itu, secara keseluruhan, memiliki emas UBS juga memenuhi hasrat dan rasa puas memiliki emas batangan dalam bentuk yang lebih "melegakan".

 Dapat Dipesan Dalam Waktu Singkat 

Memiliki uang yang ingin langsung dibelikan emas batangan? Anda bisa langsung menjatuhkan pilihan pada emas UBS. Pasalnya, Anda bisa melakukan pemesanan dan pencetakan dalam waktu yang jauh lebih singkat dibanding kompetitornya, tentunya dengan kualitas yang sama.

Membandingkan dengan proses pemesanan dan pencetakan emas Antam, Anda setidaknya membutuhkan waktu yang relatif panjang, kurang lebih 30 hari, untuk bisa mendapatkan emas batangan yang Anda inginkan. Sementara untuk emas batangan dari UBS, Anda bisa melakukan pemesanan dan mendapatkan cetakan emas batangan dalam kurun waktu yang jauh lebih singkat.

 Harga Emas UBS Relatif Lebih Murah

Meski memiliki gramasi yang sama dengan emas Antam, harga emas UBS bisa dikatakan jauh lebih murah. Bahkan, jika Anda berniat untuk memiliki dan mendapatkan emas dengan besaran gram yang lebih berat, harganya bisa jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan emas Antam.

 Dalam setiap pembelian emas batangan, pembeli akan mendapatkan sertifikat. PT UBS sendiri menjual dan mengeluarkan emas batangan dengan sertifikat nasional dari pihak mereka sendiri. Selain itu, ada perbedaan bentuk sertifikat yang akan Anda dapatkan, tergantung pada pecahan gram emas batangan yang Anda dapatkan. 

Ambil contoh, jika Anda membeli emas batangan dengan berat maksimal 4 gram, maka Anda akan mendapatkan sertifikat emas dalam bentuk cetakan kertas yang dilaminasi, mirip dengan kartu seluler perdana yang baru dibeli. Sementara untuk emas dengan berat di atas 5 gram, sertifikat yang dikeluarkan PT UBS lebih berkelas bentuknya, yaitu berbentuk hologram, terpisah dari fisik emas, bisa dikeluarkan dan dipegang langsung oleh pemilik emas batangan dari produk UBS ini.

 Pembelian Dapat Dilakukan di Mana Saja

PT UBS tidak memiliki gerai atau galeri khusus untuk menjajakan produknya. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena Anda bisa melakukan pembelian dengan mudah karena bisa menemukan banyak tempat yang menjualnya, termasuk di toko-toko perhiasan dan marketplace, seperti Blibli.

 Untuk ukuran gramasi emas cetak UBS, perusahaan ini merilis jumlah yang lebih terbatas. Anda hanya bisa membeli emas dengan pecahan 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram.

 Jika tertarik memilih UBS Gold sebagai pilihan investasi, Anda harus memastikan bisa mendapatkan dan membelinya di tempat yang bisa dipercaya dan terverifikasi, jika harus membelinya secara daring. Selain itu, Anda juga harus memastikan setiap pembelian emas batangan yang Anda lakukan harus dibarengi dengan mendapatkan sertifikat emas tersebut. Hal ini sangat penting, karena sertifikat tersebut bukan hanya menjadi bukti keaslian emas yang Anda miliki, tetapi juga untuk memastikan nilai emas batangan yang Anda miliki memiliki nilai yang baik dan juga gampang untuk dijual atau dipindahtangankan ke pihak lain.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

BAGIKAN